Pentingnya Virtual Account dalam Bisnis Online

Atia Nadira
|
May 3, 2021

Salah satu dampak positif dari kemajuan teknologi adalah kemudahan dalam melakukan banyak hal yang dapat dirasakan oleh masyarakat, termasuk kemudahan dalam bertransaksi. Kegiatan transaksi yang awalnya harus dilakukan dengan uang tunai kini bisa dilakukan secara cashless atau non tunai, contohnya melalui metode pembayaran Virtual Account.

Semakin hari, penggunaan Virtual Account semakin banyak dipilih oleh masyarakat, khususnya untuk kebutuhan bisnis. Virtual Account menawarkan layanan perbankan layaknya sistem rekening bank biasa kepada perusahaan bisnis, hanya saja Virtual Account berkonsep virtual. 

Transaksi melalui Virtual Account memiliki keunggulan tersendiri yang membuat metode pembayaran ini penting dalam pengelolaan bisnis online. Mengapa penggunaan Virtual Account penting dalam bisnis online?

Sebelumnya, mari kenal lebih jauh tentang Virtual Account.

Kenal Lebih Jauh tentang Virtual Account

Kenal Lebih Jauh tentang Virtual Account

Virtual Account (VA) adalah salah satu metode pembayaran virtual yang bekerja secara otomatis melalui akun yang dibuat khusus untuk setiap pelanggan. Metode pembayaran ini dapat digunakan melalui berbagai fitur dari ATM, internet banking, mobile banking, atau aplikasi financial technology (fintech).

Pada setiap transaksi, pelanggan Virtual Account akan mendapatkan nomor rekening VA atau VA number. Selanjutnya, masing-masing pelanggan akan diberikan Virtual Account yang unik dan berbeda.

Ketahui lebih jauh mengenai Virtual Account di sini.

Metode pembayaran Virtual Account dianggap sangat membantu pengelolaan pembayaran bisnis online. Telusuri lebih lanjut alasan mengapa Virtual Account penting dalam bisnis online.

Mengapa Virtual Account Penting dalam Bisnis Online?

Mengapa Virtual Account Penting dalam Bisnis Online?

Bagi Anda yang memiliki bisnis online, Anda perlu tahu pentingnya Virtual Account bagi bisnis online Anda agar penggunaan metode pembayaran ini bisa dipertimbangkan. Lantas, mengapa Virtual Account penting dalam bisnis online?

Ketatnya persaingan bisnis online di era digital tentu akan memicu Anda sebagai pebisnis online untuk memberikan layanan terbaik kepada konsumen. Layanan transaksi dan metode pembayaran bisnis yang optimal bersifat sangat krusial untuk meraih citra bisnis yang baik.

Saat ini, banyak pebisnis online yang berlomba-lomba dalam memudahkan para konsumennya ketika hendak membayar atau melakukan transaksi. Dari sekian banyak metode pembayaran yang tersedia, Virtual Account bisa dijadikan sebagai alternatif yang tepat bagi bisnis online Anda. Mengapa demikian?

1. Identifikasi dengan Nomor Rekening Unik

Alasan pertama yang mendukung pentingnya metode Virtual Account bagi bisnis online Anda adalah penggunaan nomor rekening unik. Nomor tersebut mampu mengidentifikasi setiap pembelian, tagihan, dan transaksi lainnya yang sudah dibayar oleh pembeli secara otomatis.

Nomor rekening yang berbeda akan dimunculkan oleh Virtual Account untuk setiap transaksi pelanggan. Hal ini dimaksudkan agar transaksi yang masuk dapat teridentifikasi secara otomatis melalui nomor rekening. Alhasil, metode pembayaran ini akan meminimalisasi terjadinya human error atau kelalaian manusia selama proses transaksi berlangsung.

2. Efisiensi yang Tinggi

Penggunaan Virtual Account mampu membantu pengelolaan pembayaran bisnis online karena sistem transaksi dengan metode pembayaran ini sangat efisien. Semua proses transaksi melalui Virtual Account dilakukan melalui gadget dengan penyediaan layanan yang sama dengan bank pada umumnya. 

Hal ini menguntungkan bagi konsumen yang tidak sempat pergi ke bank atau ATM setiap kali perlu melakukan transaksi. Konsumen hanya perlu mengakses Virtual Account secara daring untuk melakukan transaksi.

3. Sistem Transaksi Cashless

Virtual Account mampu mengoptimalkan proses pembayaran bisnis online. Seperti namanya, semua pembayaran dilakukan secara virtual dengan sistem transaksi cashless atau non tunai. Uang yang diterima akan tersimpan dalam Virtual Account Anda secara aman dan teratur. 

Di samping itu, semua catatan transaksi akan tertera di aplikasi Virtual Account Anda. Jadi, Anda mampu melihat track record atau rekam jejak transaksi bisnis online Anda secara praktis.

4. Konfirmasi Transaksi Otomatis

Dengan menggunakan Virtual Account, konsumen tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran setelah melakukan transaksi. Konsumen hanya perlu menginput nomor Virtual Account yang telah didapatkan dari Anda sebagai pebisnis kemudian sistem perbankan akan langsung mengonfirmasi pembayaran secara otomatis.

Apakah Anda tertarik menggunakan Virtual Account untuk bisnis online Anda setelah mengetahui pentingnya VA? Kami ingin merekomendasikan Virtual Account terbaik bagi bisnis Anda, yakni Virtual Account dari OY! Bisnis.

Virtual Account dari OY! Bisnis untuk Bisnis Online Anda 

Virtual Account dari OY! Bisnis untuk Bisnis Online Anda

Penggunaan Virtual Account yang dihadirkan oleh OY! Bisnis dapat meningkatkan efisiensi pembayaran bisnis online Anda. Anda dapat membuat dan menerima pembayaran melalui Virtual Account (VA) dengan mudah melalui OY! Bisnis.

OY! Bisnis adalah salah satu payment gateway terlengkap di Indonesia yang menghadirkan kemudahan dengan memberikan berbagai layanan pembayaran terbaik bagi bisnis Anda. Dengan menggunakan layanan dari OY! Bisnis seperti Virtual Account, efisiensi penerimaan hasil penjualan dari bisnis Anda akan lebih optimal. 

Pelajari cara penggunaan Virtual Account dari OY! Bisnis di sini.

Mari daftarkan bisnis Anda di OY! Bisnis sekarang untuk mendapatkan berbagai keuntungan dan kemudahan dalam mengelola pembayaran bisnis online Anda.

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023