5 Ide Usaha UMKM Terbaik untuk Pasar Global

Atia Tobing
|
November 22, 2021

5 Ide Usaha UMKM Terbaik untuk Pasar Global - Memiliki suatu bisnis yang mampu menembus pasar global merupakan impian dari semua pemilik bisnis. Bukan hanya bisnis ternama saja, UMKM pun memiliki potensi untuk masuk pasar global. 

Siapa sangka usaha UMKM kini juga memiliki peluang untuk bersaing dengan bisnis dari luar negeri? Nah, jika kamu ingin memiliki suatu bisnis yang unggul di dalam dan luar negeri, hal pertama yang harus kamu pertimbangkan adalah jenis usaha yang akan dibangun.

Pastinya tidak semua bisnis UMKM mampu go international. Oleh karena itu, kamu harus tahu ide-ide usaha yang berpeluang besar. Lantas, apa saja ide usaha UMKM terbaik untuk pasar global? 

Tenang, kami telah merangkum 5 ide usaha terbaik untuk kamu pada artikel OY! berikut ini!

Peluang Usaha UMKM Masuk Pasar Global

UMKM masuk pasar global? Tentu bisa!

Seiring berjalannya waktu, UMKM di Indonesia kian berkembang dengan pesat. Kehadiran teknologi telah membantu para pelaku usaha UMKM dalam memajukan bisnis hingga memiliki peluang masuk pasar global.

Saat ini, perkembangan UMKM didukung oleh pemerintah dari segi dana dan strategi. Presiden Joko Widodo menganjurkan pemerintah untuk membantu para pelaku UMKM dalam mengelola bisnis mereka secara maksimal. Dengan bantuan pemerintah, harapannya adalah banyak UMKM yang dapat bersaing secara global dan membawa nama negara Indonesia.

Di samping kontribusi dari pemerintah, kamu juga perlu menerapkan strategi usaha UMKM terbaik agar bisa masuk ke pasar global. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan jenis UMKM yang tepat dan mampu berkompetisi dengan berbagai bisnis di seluruh dunia.

Untuk itu, mari kita bahas 5 ide usaha UMKM terbaik untuk pasar global!

Ide Usaha UMKM Terbaik untuk Pasar Global

Jika kamu ingin menjadi seorang pengusaha yang mampu memasuki pasar global, kamu perlu mempertimbangkan berbagai hal terlebih dahulu, termasuk ide usaha yang akan dipilih. Agar tidak bingung, berikut 5 ide usaha UMKM terbaik untuk pasar global yang dapat kamu coba!

Kerajinan Tangan

usaha umkm

Seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan salah satu negara yang menjunjung tinggi bisnis ekonomi kreatif. Kreativitas para pemilik usaha UMKM dalam menciptakan dan menjual produk dari daerah masing-masing dapat dijadikan celah untuk masuk ke pasar global, loh. Jadi, ide usaha pertama yang bisa kamu pertimbangkan adalah kerajinan tangan.

Produk yang unik dan memiliki nilai jual yang tinggi umumnya akan dilirik oleh pengusaha-pengusaha mancanegara. Mereka cenderung akan tertarik dengan produk yang belum pernah mereka lihat sebelumnya. Oleh karena itu, usaha kerajinan tangan bisa kamu coba! 

Kuliner Tradisional

usaha umkm


Ide usaha UMKM berikutnya yang bisa kamu pilih adalah kuliner tradisional. Indonesia telah dipandang sebagai negara yang memiliki cita rasa kuliner yang sangat bervariasi, khususnya masakan tradisional yang dipenuhi dengan rempah-rempah lokal.

Sebagai contoh, rendang yang berasal dari Sumatera Barat pernah dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia. Bumbu rendang yang kaya akan rempah dan cara memasaknya yang dilakukan selama berjam-jam telah membuat para pecinta kuliner dari seluruh dunia menyukai hidangan ini.

Nah, kamu juga bisa membangun usaha kuliner tradisional dari daerah asal kamu atau daerah lainnya karena peluangnya cukup menjanjikan! Selain itu, kamu juga otomatis akan mempromosikan budaya Indonesia melalui bidang kuliner.

Fashion Nusantara

usaha umkm

Tak hanya kuliner tradisional, fashion nusantara pun bisa kamu jadikan sebagai ide usaha agar bisa bersaing di pasar global, misalnya batik. Setiap daerah di Indonesia mempunyai ciri khas motif kain batik yang berbeda-beda.

Ciri khas dari berbagai jenis kain batik bisa kamu pamerkan dan jual secara internasional. Selain baju batik, kamu juga dapat melakukan diversifikasi produk, seperti dompet atau tas bermotif batik. Manfaatkan kreativitas yang kamu punya, ya!

Batik bukanlah satu-satunya ide usaha UMKM fashion yang bisa kamu terapkan. Carilah peluang fashion nusantara lain dengan melakukan riset lebih lanjut agar kamu bisa mengembangkan usaha kamu secara maksimal!

Produk dari Sumber Daya Alam Indonesia

usaha umkm

Poin yang satu ini tidak boleh terlewatkan! Negara yang memiliki sumber daya alam yang melimpah seperti Indonesia merupakan peluang emas bagi para pebisnis. Mengapa demikian?

Dalam memanfaatkan sumber daya alam untuk kebutuhan usaha UMKM, kamu bisa bekerja sama dengan para petani. Salah satu produk Indonesia yang berhasil masuk pasar global adalah kopi luwak yang merupakan kolaborasi antara petani kopi dan kelompok pebisnis handal sebagai penyedia strategi bisnis.

Berhubung masih banyak hasil pertanian yang bisa kamu jadikan peluang usaha UMKM, kamu perlu terjun langsung menemui sejumlah petani. Tanyakan potensi sumber daya alam apa yang mampu unggul apabila diolah menjadi suatu produk yang akan dijual ke luar negeri.

Produk dari Perikanan Indonesia

usaha umkm


Sebagai negara kepulauan, Indonesia dipenuhi dengan jumlah spesies perikanan yang sangat beragam. Nah, ide usaha UMKM terakhir yang akan kita bahas adalah produk dari perikanan Indonesia.

Tahukah kamu bahwa banyak bisnis dari luar negeri berdatangan ke Indonesia untuk membeli berbagai jenis ikan secara langsung dari nelayan? Hal ini dilakukan karena mereka tidak mampu beternak ikan akibat minimnya perairan yang mengelilingi negara mereka.

Umumnya, para pebisnis mancanegara membeli ikan dari nelayan Indonesia untuk memenuhi kebutuhan bisnis mereka yang kemudian akan diolah menjadi produk. Sebagai warga Indonesia, kamu bisa bekerja sama dengan para nelayan dalam menciptakan produk yang mampu bersaing di pasar global!

Sekian ide-ide usaha UMKM terbaik untuk pasar global. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi panduan untuk kamu yang ingin memajukan bisnis di kancah internasional!

Setiap bisnis pasti ingin memberikan kenyamanan untuk pelanggan guna meningkatkan kualitas pelayanan. Salah satunya adalah kenyamanan saat melakukan transaksi. Bagaimana caranya?

Pakai saja OY! Payment Link dari OY! Bisnis!

Terima Pembayaran dari Pelanggan secara Efisien dengan OY! Payment Link dari OY! Bisnis

OY! Bisnis hadir untuk memberikan kemudahan baik dalam mengirim maupun menerima pembayaran bisnis. Jadi, layanan OY! Bisnis cocok banget untuk para pemilik usaha UMKM.

Sebagai sistem pembayaran digital yang bertujuan mengoptimalkan penjualan UMKM, OY! Bisnis memiliki fitur OY! Payment Link yang akan membantu kamu dalam menerima pembayaran dari pelanggan. Cukup dengan mengirimkan tautan pembayaran khusus kepada pelanggan, kamu dapat menerima pembayaran secara otomatis. Proses transaksi yang dilakukan oleh pelanggan pun mudah dan cepat!


Segera daftarkan bisnis UMKM kamu di OY! Bisnis untuk meningkatkan performa pembayaran bisnis!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang