Manfaat Dompet Digital Bagi UMKM

Luthfa
|
October 7, 2021

Seiring dengan berkembangnya teknologi, kegiatan transaksi pun ikut mengalami perubahan. Transaksi yang tadinya berlangsung secara konvensional kini telah bertransformasi menjadi digital. Bahkan, saat ini terdapat dompet digital yang dapat dijadikan sebagai alat pembayaran.

Kehadiran dompet digital atau e-wallet tentu memudahkan para pemilik usaha, terutama mereka yang berkecimpung di dunia bisnis online. Dompet digital tidak hanya diperuntukkan bagi skala bisnis besar tapi juga kecil, seperti halnya UMKM.

Ada berbagai manfaat yang bisa dirasakan pemilik UMKM bila menggunakan dompet digital sebagai salah satu metode pembayarannya. Apa saja? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Manfaat Dompet Digital Bagi UMKM

Peran teknologi yang telah memasuki dunia bisnis memaksa para pemilik usaha untuk beradaptasi dengan platform digital. Tak lagi menggunakan cara lama untuk bertransaksi, layanan digital seperti e-wallet menjadi salah satu metode yang patut dipertimbangkan penggunaannya.

Adanya dompet digital juga membuka peluang besar bagi para pedagang dan pelaku bisnis UMKM karena tren menyimpan uang di dompet digital semakin marak dilakukan masyarakat. Selain itu, ada keuntungan lain yang bisa didapat oleh pelaku UMKM dengan penggunaan e-wallet.

Berikut manfaat dompet digital bagi UMKM:

1. Tidak perlu kontak fisik

Tren belanja online membuat masyarakat enggan belanja dengan cara mendatangi toko. Hal ini pun membuat pembayaran berlangsung dengan sistem otomatis tanpa harus bertatap muka. Dengan menggunakan dompet digital, Anda dapat memudahkan pelanggan untuk bertransaksi dari mana saja dan kapan saja.

2. Tidak perlu repot menyiapkan uang kembalian

Di era yang semuanya sudah serba cashless (non tunai), dompet digital tentu menjadi hal yang tak boleh dilewatkan pemakaiannya. Dengan dompet digital, pelaku bisnis terutama UMKM tidak perlu repot menyediakan uang kembalian.

Sebab, pelanggan cukup melakukan scan barcode untuk membayar produk mereka. Tentunya cara ini memudahkan Anda dalam melayani pelanggan. Maka dari itu, sudah saatnya bagi pemilik UMKM untuk menggunakan dompet digital. Bagaimana pun, kemudahan bertransaksi akan memengaruhi penjualan bisnis Anda.

3. Lebih aman

Salah satu hal yang membuat dompet digital perlu dipertimbangkan adalah jaminan keamanannya. Ya, dengan dompet digital, tindak kejahatan seperti pencurian bisa terminimalisir karena pelanggan tidak perlu repot membawa banyak uang.  

Dana bisa disimpan secara otomatis di dalam dompet digital sehingga bisa langsung dipakai dengan menggunakan smartphone sebagai sarana untuk bertransaksi. Pelanggan juga tidak perlu repot membawa atau membuka dompet saat harus membayar belanjaan mereka.

Bagi pelaku UMKM tidak perlu khawatir akan pencurian atau pengurangan dana sebab seluruh uang yang masuk dan keluar akan tercatat secara otomatis di aplikasi dompet digital. Jadi, Anda bisa mengecek semua transaksi yang berlangsung dengan sangat mudah dan cepat.

4. Banyak promo

Tak perlu khawatir memikirkan apakah produk yang Anda jual nantinya bakal laku atau tidak jika menggunakan dompet digital sebagai salah satu metode pembayarannya. Sebab, penyedia dompet digital selalu memberikan banyak promo, baik berupa cashback maupun potongan harga.

Sebagaimana kita tahu bahwa konsumen sangat menyukai diskon. Bahkan diskon merupakan magnet terampuh bagi pelanggan saat ini.

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk hal ini karena semua promo tersebut ditanggung oleh pihak penyedia dompet digital. Dengan semakin banyaknya pelanggan yang menggunakan dompet digital, Anda bisa menawarkan promo menarik.

5. Praktis dan efisien

Sistem pembayaran yang praktis dan efisien menjadi dua hal yang diinginkan oleh konsumen saat ini. Ya, mereka memang mendambakan segala sesuatunya berjalan dengan cepat tanpa perlu membuang-buang waktu. Dengan dompet digital, Anda bisa memenuhi keinginan pelanggan.

Bergabung dengan OY! Bisnis, Payment Gateway Indonesia Terlengkap

Bagi pemilik UMKM yang ingin mencoba menggunakan dompet digital sebagai salah satu metode pembayaran usaha Anda, tak ada salahnya untuk menggunakan jasa payment gateway. Payment gateway seperti OY! Bisnis akan menjembatani transaksi pembayaran antara Anda dengan pembeli.

OY! Bisnis akan membantu Anda dalam memfasilitasi pelanggan dengan berbagai pilihan dompet digital. Dengan kemudahan inilah, pelanggan akan merasa sangat terbantu dan merasa nyaman dalam bertransaksi.

Selain itu, OY! Bisnis juga menyediakan metode pembayaran lainnya yang dibutuhkan oleh konsumen, seperti transfer bank, kartu kredit/debit, dan cicilan tanpa kartu. Dengan begitu, pelanggan dapat memilih metode pembayaran yang diinginkan.

Untuk itu, mari bergabung dengan OY! Bisnis!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang