5 Ide Usaha UMKM Rumahan yang Menjanjikan

Atia Tobing
|
December 17, 2021

5 Ide Usaha UMKM Rumahan yang Menjanjikan - Kehadiran teknologi yang kian canggih dan modern tentu memudahkan masyarakat dalam beraktivitas sehari-hari. Namun, hal ini juga menyebabkan malapetaka bagi masyarakat, yakni peningkatan pengeluaran untuk menunjang kebutuhan hidup yang semakin meningkat.

Mahalnya kebutuhan hidup di era digital mengharuskan masyarakat untuk mencari solusi yang dapat menambah penghasilan. Nah, salah satu cara yang cukup menjanjikan adalah membangun usaha rumahan!

Kini, banyak ide usaha UMKM rumahan yang patut kamu coba agar bisa mendapatkan cuan. Tak perlu repot mengurus toko, kamu bisa berjualan dan bekerja dari rumah atau yang sering dikenal dengan istilah work from home.

Lantas, apa saja ide usaha UMKM rumahan yang menjanjikan? Telusuri selengkapnya pada artikel OY! berikut ini!

Cara Efektif Menambah Penghasilan: Bangun Usaha UMKM Rumahan

Memenuhi seluruh kebutuhan hidup merupakan suatu tantangan yang harus dilewati oleh setiap orang. Faktanya, semakin maju suatu era, semakin meningkat kebutuhan masyarakat sehingga mereka harus mencari cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Sebagai contoh, pekerjaan kantoran umumnya tidak akan memberikan kenaikan gaji meskipun karyawan membutuhkan penghasilan tambahan. Jadi, apabila kamu merupakan seorang karyawan di suatu perusahaan yang sedang memerlukan penghasilan yang tinggi, kamu bisa membangun usaha sampingan di rumah dengan mempertimbangkan ide usaha UMKM yang tepat!

Para ibu rumah tangga juga bisa coba membangun usaha UMKM rumahan, loh. Jenis usaha rumahan sangat cocok bagi ibu-ibu rumah tangga karena mereka tidak perlu keluar rumah dan dapat mengurus semuanya di rumah. Alhasil, urusan rumah tangga tidak terganggu dan penghasilan pun akan bertambah.

Memulai suatu usaha memang bukan merupakan hal yang mudah, terutama bagi orang yang tidak memiliki pengalaman dalam berbisnis. Walaupun demikian, kamu tidak perlu takut, ya! Banyak ide usaha UMKM yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan kamu sebelum memulai usahamu.

Sebagai upaya mula memulai suatu usaha rumahan, kamu harus tahu beberapa ide usaha UMKM yang menjanjikan dan memiliki prospek yang bagus. Ingin tahu apa saja ide-ide tersebut? Telusuri ulasannya di bawah ini!

Ide Usaha UMKM Rumahan yang Menjanjikan dan Patut Kamu Coba

Setelah kamu memutuskan untuk membangun usaha rumahan, kamu perlu tahu apa saja jenis bisnis yang memiliki potensi untuk laris di pasaran. Untuk itu, mari kita bahas 5 ide usaha UMKM rumahan yang menjanjikan dan patut kamu coba!

Kuliner Kekinian

ide usaha UMKM

Di era digital seperti sekarang, siapa sih yang tidak penasaran dengan tren-tren kuliner yang sedang menjadi topik pembicaraan di media sosial? Nah, kamu bisa jadikan hal ini sebagai peluang emas dan memilih ide usaha UMKM kuliner kekinian!

Cari tahu tren makanan dan minuman yang digemari oleh masyarakat, mulai dari bertanya dengan rekan-rekan hingga menelusuri media sosial. Agar bisnis kuliner kamu lebih unik, ciptakan inovasi terbaru dari makanan dan minuman yang sedang booming di kalangan masyarakat, misalnya varian rasa baru yang mampu menggaet pelanggan.

Kuliner Rumahan

ide usaha UMKM


Ide usaha UMKM yang satu ini tak akan pernah mati! Mengapa demikian?

Budaya masyarakat Indonesia yang gemar membeli makanan rumahan membuat ide usaha UMKM ini pantas untuk dipertimbangkan, khususnya bagi ibu rumah tangga yang ingin menambah penghasilan keluarga. Sebut saja usaha nasi uduk yang dijual di pagi hari. Jika rasa dan harga cocok untuk masyarakat, mereka akan senantiasa membeli dari usaha kamu dan menjadi pelanggan setia.

Jangan salah, omset usaha kuliner rumahan sangat menjanjikan. Apalagi kamu bisa berjualan di rumah dan tidak usah membangun toko khusus. Oleh karena itu, ide usaha UMKM ini patut kamu coba!

Makanan Beku (Frozen Food)

ide usaha UMKM

Selanjutnya, ide usaha UMKM rumahan yang perlu kamu pertimbangkan adalah usaha makanan beku (frozen food). Jenis usaha ini mampu menghasilkan banyak keuntungan karena popularitas frozen food yang kian meningkat.

Penyajian frozen food yang instan dan praktis membuat orang-orang menyukai jenis makanan ini. Semua makanan beku dapat disimpan di kulkas dengan mudah dan dikonsumsi kapan saja.

Jika kamu ingin memulai usaha UMKM frozen food, siapkan kulkas atau freezer untuk menyimpan dan menjaga kualitas berbagai makanan beku. Kamu bisa mengolah dan menciptakan produk makanan beku sendiri atau menjadi reseller yang menjual produk frozen food yang sudah ada. Jangan takut untuk mencoba ide usaha UMKM ini, ya!

Agribisnis: Pertanian atau Perkebunan

ide usaha UMKM

Ide usaha UMKM berikutnya adalah usaha agribisnis yang terdiri dari pertanian dan perkebunan. Usaha pertanian meliputi penjualan sayuran (organik atau anorganik), buah, tanaman rempah, bibit tanaman, dan alat-alat pertanian, termasuk pupuk dan zat pestisida. Di lain sisi, usaha perkebunan di sini maksudnya menjual aneka bunga dan tanaman bak seorang floris.

Usaha rumahan agribisnis sangat cocok bagi para pecinta tanaman. Iklim tropis dan tanah subur yang dimiliki oleh Indonesia telah menghasilkan banyak kisah sukses dari beberapa pengusaha agribisnis.

Secara garis besar, ide usaha UMKM rumahan di bidang agribisnis memiliki potensi pasar yang menjanjikan karena kesadaran masyarakat terhadap pentingnya penerapan hidup sehat. Hanya saja, kamu harus belajar tentang pengelolaan tanaman dan ilmu agribisnis lainnya terlebih dahulu agar bisa memperoleh hasil yang memuaskan!

Jasa Pengetikan: Content Writing, Blogger, Editing, dan Lain-Lain

ide usaha UMKM


Poin yang satu ini bisa dicoba oleh para anak muda nih! Ide usaha UMKM yang dapat dilakukan di rumah adalah jasa pengetikan, misalnya penulisan konten untuk media sosial (content writing), penulisan blog atau artikel (blogger), editing, dan jasa pengetikan lainnya!

Kamu hanya perlu menyiapkan komputer/laptop dan koneksi internet. Jika perlu, kamu bisa membeli printer untuk mencetak dokumen yang akan diberikan kepada pelanggan karena cara ini akan lebih hemat. Gunakan kemampuanmu dan olah kreativitas apabila kamu memilih ide usaha UMKM ini!

Itulah beberapa ide usaha UMKM rumahan yang menjanjikan. Semoga bermanfaat dan mampu menambah inspirasi bagi kamu yang ingin menambah penghasilan!

Jangan lupa untuk mempromosikan makanan atau minuman yang kamu jual secara online melalui media sosial. Terapkan strategi pemasaran UMKM yang tepat untuk menarik perhatian masyarakat dan meningkatkan penjualan.

Selain ide usaha UMKM yang menjanjikan, kamu juga perlu melayani pelanggan secara maksimal. Salah satu caranya adalah menyediakan metode pembayaran yang memudahkan pelanggan dengan fitur Reusable Payment Link dari OY! Bisnis.

Permudah Proses Pembayaran Bisnis dengan Reusable Payment Link dari OY! Bisnis

ide usaha UMKM

OY! Bisnis hadir untuk memberikan kemudahan baik dalam mengirim maupun menerima pembayaran bisnis, termasuk usaha UMKM. Sebagai sistem pembayaran yang bertujuan untuk memudahkan segala proses pembayaran, OY! Bisnis memiliki produk OY! Payment Link yang dapat membantu kamu dalam mengatur proses pembayaran bisnis secara efektif. 

Nah, OY! Payment Link kini memiliki satu fitur baru yang memudahkan kamu dalam membuat tautan pembayaran untuk menerima pembayaran dari pelanggan. Fitur tersebut adalah Reusable Payment Link. Selain memiliki ide usaha UMKM yang menjanjikan, kamu juga perlu memiliki sistem pembayaran bisnis yang menguntungkan bagi pelanggan dan kamu sebagai penjual!

Fitur baru ini memungkinkan kamu untuk membuat tautan pembayaran yang dapat digunakan untuk menerima lebih dari satu transaksi pembayaran. Tautan pembayaran ini dapat digunakan secara terus menerus tanpa batas waktu!

Apabila kamu ingin menggali informasi tentang bagaimana OY! Bisnis dapat membantu usaha UMKM berkembang di era digital dan selama pandemi berlangsung, jangan khawatir! Kamu bisa telusuri informasinya di sini.

Tunggu apa lagi? Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan dapatkan berbagai keuntungan dalam bertransaksi melalui fitur Reusable Payment Link dan fitur-fitur OY! Bisnis lainnya untuk mendukung ide usaha UMKM yang akan kamu kembangkan!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang