Cara Tingkatkan Laba Bisnis UMKM

Luthfa
|
January 22, 2022

Sukses atau tidaknya sebuah bisnis UMKM sering kali dilihat dari eksistensinya di media sosial. Padahal, tolak ukur utama bukanlah hal tersebut, melainkan dari besarnya laba. Dengan nilai laba yang besar, itu artinya bisnis yang kamu jalani telah meraih kesuksesan.

Bagaimana pun tujuan bisnis yang paling utama adalah profit. Jika profitnya rendah meski popularitasnya tinggi, tetap saja bisnis kamu belum bisa dikatakan sukses.

Meningkatkan laba memang tidak mudah, apalagi bila bisnis kamu belum begitu dikenal masyarakat luas. Untuk itu, setiap pelaku usaha harus memikirkan berbagai macam cara atau strategi guna meningkatkan kinerja keuangan perusahaan.

Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan laba bisnis UMKM.

Cara Tingkatkan Laba Bisnis UMKM

cara tingkatkan laba bisnis UMKM

Sudah sewajarnya setiap pelaku usaha untuk membuat langkah pasti agar bisnis UMKM milik mereka bisa tetap eksis dan kredibel di tengah persaingan usaha yang semakin ketat. Berikut beberapa cara efektif yang dapat dilakukan untuk meningkatkan laba usaha kamu.

Tambahkan produk atau tingkatkan pelayanan

cara tingkatkan laba bisnis UMKM

Salah satu strategi untuk meningkatkan laba usaha adalah dengan menambah produk atau meningkatkan pelayanan bisnis UMKM kamu. Jika pergerakan bisnis kamu tergolong stabil, ini adalah cara yang paling efektif.

Namun, sebelum menambahkan produk, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu. Cari tahu produk atau layanan apa yang paling disukai oleh pelanggan sehingga dengan begitu produk atau layanan yang kamu tambahkan bakal tetap laku dan disukai pelanggan.

Apabila kamu salah dalam memutuskan produk atau layanan, kamu justru malah berisiko mengalami kerugian. Oleh karenanya, menambahkan produk atau layanan tidak bisa dilakukan tanpa adanya riset.

Tingkatkan nilai jual produk

cara tingkatkan laba bisnis UMKM

Jika ingin meningkatkan laba usaha, tingkatkan dulu nilai produk bisnis UMKM kamu. Dengan cara ini, pelanggan akan lebih loyal dan lebih sering melakukan pembelian. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan nilai jual produk adalah dengan mempersingkat proses penjualan sehingga pembeli akan merasa dimudahkan.

Ekspansi usaha

cara tingkatkan laba bisnis UMKM

Merasa bisnis UMKM yang kamu jalani segitu-gitu saja? Sudah saatnya untuk kamu melakukan ekspansi usaha. Ekspansi usaha adalah cara untuk memperluas usah kamu dengan menjangkau pasar yang lebih luas.

Kamu bisa mulai memindahkan usaha kamu ke berbagai platform situs penjualan online, seperti marketplace, e-commerce, atau membuat website sendiri agar bisnis kamu tampak lebih profesional.

Perlu digarisbawahi bahwa jualan online menjadi ranah yang bisa menghubungkan setiap orang tanpa memerdulikan waktu dan tempat. Untuk itu, kamu bisa mulai melakukan ekspansi dengan migrasi ke penjualan digital.

Jual produk dalam ukuran yang lebih besar

cara tingkatkan laba bisnis UMKM

Banyak pemilik bisnis UMKM yang melewatkan poin satu ini, padahal dengan menjual produk dalam ukuran yang lebih besar dapat meningkatkan laba dalam waktu cepat, loh. Mulai sekarang, cobalah untuk meningkatkan jumlah atau kuantitas per produknya, serta mengganti ukuran kemasan menjadi lebih besar.

Atau, kamu juga bisa membuat berbagai paket yang berisi produk-produk unggulan kamu. Dengan cara ini, kamu jadi bisa meningkatkan harga rata-rata dari setiap penjualan. Itu artinya, kamu bsia meraih untung lebih banyak.

Kurangi biaya operasional

cara tingkatkan laba bisnis UMKM

Untuk meningkatkan laba bisnis UMKM, kamu tidak harus melulu melakukan promosi secara besar-besaran. Cobalah fokus pada penyederhanaan proses bisnis kamu dan kurangi biaya operasionalnya. Misalnya ganti kemasan premium menjadi yang lebih ekonomis tapi tetap tidak terkesan murahan.

Selain itu, hindari persaingan atau kompetisi harga. Daripada pusing menekan harga, lebih baik tinjau pengeluaran bisnis kamu dan seleksi biaya-biaya yang sekiranya tidak memberikan nilai tambah produk.

Tingkatkan Performa Bisnis UMKM Kamu dengan OY! Bisnis

Setelah mengetahui cara meningkatkan laba bisnis UMKM kamu, kini saatnya kamu untuk mempertimbangkan penggunaan OY! Bisnis. OY! Bisnis didesain untuk membantu pemilik UMKM dalam meraih lebih banyak pelanggan melalui pembayaran digital.

OY! Bisnis akan memfasilitasi kamu dalam menyediakan berbagai metode pembayaran yang dibutuhkan pelanggan. Lewat produk OY! Payment Link, pelanggan kamu bisa membayar dengan menggunakan transfer bank, e-wallet, virtual account, dan QRIS.

Secara tidak langsung, cara ini akan menjangkau lebih banyak pelanggan karena kamu bisa membuat konsumen merasa lebih nyaman saat berbelanja di toko kamu. Produk OY! Payment Link juga memudahkan kamu dalam hal rekonsiliasi keuangan sebab semua transaksi tercatat secara otomatis di dashboard OY! Bisnis.

Bagaimana, kepengin meraih lebih banyak pelanggan dari ide jualan online kamu? Tunggu apalagi, mari daftarkan bisnis kamu sekarang juga di OY! Bisnis dan nikmati kemudahan menerima pembayaran!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023