Transfer Bank dan Virtual Account, Metode Pembayaran Online Terfavorit

Atia Tobing
|
August 30, 2021

Maraknya tren metode pembayaran online telah memunculkan berbagai jenis metode pembayaran yang dapat digunakan oleh masyarakat. Dari sekian banyak jenis metode yang tersedia, metode pembayaran online yang paling diminati oleh masyarakat adalah transfer bank dan virtual account (VA).

Transfer bank dan virtual account merupakan dua metode pembayaran online yang menyediakan banyak kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi. Oleh karena itu, mayoritas masyarakat kini lebih sering menggunakan dua metode pembayaran tersebut saat bertransaksi.

Sebelum Anda beralih ke metode transfer bank dan virtual account, Anda perlu memahami terlebih dahulu tentang kedua metode pembayaran ini. Selain menambah wawasan, Anda pun bisa membandingkan keduanya dan menentukan metode apa yang sesuai dengan kebutuhan transaksi Anda atau bisnis Anda.

Simak lebih lanjut mengenai metode pembayaran online terfavorit, yaitu transfer bank dan virtual account, pada ulasan berikut ini!

Preferensi Masyarakat terhadap Metode Pembayaran Online

Metode Pembayaran Online

Perkembangan teknologi yang kian pesat telah mengubah gaya hidup masyarakat yang awalnya serba konvensional menjadi serba digital. Kini, berbagai aktivitas sehari-hari dilakukan secara daring, mengingat efisiensi dan kemudahan dari aktivitas berbasis online. Alhasil, metode pembayaran online menjadi pilihan mayoritas masyarakat, khususnya generasi milenial. 

Preferensi masyarakat untuk beralih ke metode pembayaran online disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari kenyamanan, kepraktisan, hingga keamanan dalam melakukan transaksi. Faktanya, fitur pembayaran online menyediakan berbagai layanan yang tidak berlaku dalam metode pembayaran offline.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, tren metode pembayaran online memicu timbulnya diversifikasi. Berbagai macam jenis metode pembayaran online telah diciptakan sehingga masyarakat dapat memilih sesuai dengan kebutuhan transaksi mereka.

Saat ini, jenis metode pembayaran online yang paling populer dan terfavorit adalah transfer bank dan virtual account (VA). Ketahui lebih lanjut tentang keduanya pada ulasan di bawah ini!

Transfer Bank

Transfer Bank

Transfer bank atau yang sering disebut dengan bank transfer adalah metode transaksi online yang umum digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi segala kebutuhan transaksi harian, bulanan hingga tahunan. Melalui transfer bank, beragam jenis pembayaran bisa dilakukan, mulai dari tagihan bulanan hingga belanja online.

Berdasarkan jenisnya, transfer bank dibagi menjadi dua, yaitu transfer sesama bank dan transfer antar bank. Perbedaan utama adalah transfer ke bank yang sama tidak akan dikenakan biaya transaksi, sedangkan transfer ke bank yang berbeda akan dikenakan biaya transaksi yang telah ditentukan oleh pihak bank.

Transfer bank merupakan salah satu metode pembayaran online terfavorit di kalangan masyarakat, mengingat banyaknya kemudahan yang ditawarkan. Di samping itu, Anda tidak perlu mendatangi bank atau mesin ATM setiap kali melakukan transaksi karena proses transaksi dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja melalui aplikasi transfer online yang ada di gadget Anda.

Sekian penjelasan mengenai transfer bank. Selanjutnya, mari kita bahas tentang metode pembayaran online yang tidak kalah populer, yaitu virtual account (VA).

Virtual Account

Virtual Account



Virtual account (VA) merupakan salah satu cara pembayaran otomatis via akun virtual yang dibuat secara khusus untuk para pelanggan. Untuk menggunakan virtual account, Anda harus membuat akun VA terlebih dahulu di bank.

Pembuatan akun VA dapat dilakukan sesuai permintaan perusahaan dengan tujuan untuk melakukan transaksi. Pada setiap transaksi, Anda akan mendapatkan satu nomor ID (VA number). Nomor tersebut bisa digunakan untuk melakukan dan menyelesaikan kegiatan transaksi Anda.

Virtual account umumnya dibuat dengan menampilkan nomor ID yang unik dan berbeda untuk setiap transaksi. Tujuannya adalah agar transaksi dapat teridentifikasi dengan mudah dan aman. Ketika kegiatan transaksi selesai dilakukan, Anda tidak perlu mengirimkan bukti transfer manual karena bukti transfer Anda sudah tercatat secara otomatis.

Dalam bisnis online, penggunaan virtual account bersifat penting dan sangat disarankan. Telusuri lebih lanjut di sini.

Dari kedua penjelasan di atas, transfer bank dan virtual account tentu memiliki sejumlah perbedaan. Berikut beberapa perbedaan antara transfer bank dan virtual account. Simak perbedaan antara transfer bank dan virtual account di bawah ini!

Perbedaan Transfer Bank dan Virtual Account

Berbicara tentang transfer bank dan virtual account, ada dua hal yang menjadi pembeda utama dari kedua metode pembayaran online ini. Berikut dua perbedaan antara transfer bank dan virtual account.

1. Konfirmasi Bukti Transfer

Jika Anda melakukan transfer bank, Anda wajib melakukan konfirmasi secara manual kepada penjual setelah pembayaran selesai dilakukan. Konfirmasi tersebut biasanya dilakukan dengan mengirimkan bukti transfer berupa struk atau screenshot m-banking.

Di sisi lain, jika Anda menggunakan virtual account, Anda tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran secara manual. Anda hanya perlu membayar sesuai nilai tagihan yang tertera di akun VA. Jika sudah selesai, billing akan langsung bisa mengenali transaksi yang sudah Anda lakukan.

2. Nomor yang Digunakan Saat Transaksi

Pembayaran melalui transfer bank mengharuskan Anda untuk melakukan pembayaran menggunakan nomor rekening bank ke nomor rekening penjual. Namun, pembayaran menggunakan virtual account mengharuskan Anda untuk menggunakan nomor VA yang berbeda untuk setiap transaksi.

Sekian penjelasan tentang transfer bank dan virtual account. Kami harap penjelasan di atas bermanfaat dan mampu menambah wawasan Anda mengenai dua metode pembayaran online tersebut.

Penerapan sistem pembayaran yang optimal merupakan salah satu hal yang paling krusial dalam suatu bisnis. Untuk itu, apabila Anda merupakan seorang pebisnis yang ingin memiliki sistem pembayaran online yang efisien dan efektif, kami punya solusi terbaik untuk Anda, yaitu fitur Payment Checkout Link dari OY! Bisnis.

Payment Checkout Link: Solusi Pembayaran Online yang Paling Efektif dan Efisien untuk Bisnis Anda

Payment Checkout Link

Payment Checkout Link adalah salah satu fitur yang tersedia di OY! Bisnis. Sebagai penyedia jasa pembayaran online terbaik di Indonesia, OY! Bisnis meluncurkan fitur ini untuk membantu Anda dalam mengatur kanal pembayaran bisnis Anda secara efektif dan efisien. Kenali cara penggunaannya di sini.

Dengan menggunakan fitur Payment Checkout Link, Anda cukup mengirimkan tautan pembayaran khusus kepada pelanggan Anda untuk menerima pembayaran secara langsung. Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda dapat melakukan Live Demo OY! Payment Checkout Link secara gratis.

Tunggu apa lagi? Segera daftarkan bisnis Anda di OY! Bisnis untuk mendapatkan solusi pembayaran online terbaik.

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang