Ternyata, 6 Kegiatan Ini Bisa Bikin Keuangan Boros

Atia Nadira
|
June 16, 2021

Pernah nggak merasa uang kamu cepat habis? Baru beberapa hari gajian tiba-tiba uang kok sudah habis saja, ya?

Kesal nggak sih kalau dompet sering menipis? Apalagi kalau kamu sendiri juga nggak tahu penyebab kenapa kamu bisa boros.

Nah, tahukah kamu kalau banyak kegiatan yang kamu lakukan sehari-hari dapat membuat kamu menjadi boros? Kebanyakan dari kegiatan tersebut sering disepelekan oleh masyarakat.

Kira-kira apa saja ya kegiatan yang bikin boros? Berikut 6 kegiatan yang bisa bikin kamu boros dan cara mengatasinya!

Kegiatan-Kegiatan yang Bisa Bikin Boros

Menjadi pribadi yang boros tentu merupakan hal yang harus dicegah dan dihindari. Untuk menghindari sifat boros, kamu perlu tahu dulu apa saja yang bisa bikin kamu boros.

Keuangan yang boros nggak melulu disebabkan oleh aktivitas belanja barang-barang yang mahal atau melakukan kegiatan yang penuh dengan kemewahan saja. Beberapa aktivitas yang biasa kamu lakukan juga bisa berkontribusi terhadap keuangan kamu yang boros.

Sekarang waktunya untuk membahas kegiatan-kegiatan yang bisa bikin keuangan kamu boros. Telusuri ulasan di bawah ini!

1. Sering Merasa Bosan

Kegiatan yang Bisa Bikin Boros

Setiap orang pasti memiliki saat-saat tertentu yang membuat mereka merasa bosan. Rasa bosan umumnya muncul ketika nggak ada kegiatan yang bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu.

Kebosanan mampu mengarah pada kegiatan-kegiatan yang boros. Mengapa demikian?

Orang yang sedang merasa bosan cenderung memainkan smartphone mereka. Tak menutup kemungkinan kalau mereka akan tergiur membuka aplikasi belanja online dan melakukan pembelian setelahnya. Apalagi ada banyak promo yang ditawarkan oleh aplikasi tersebut. 

2. Menunda Bayar Tagihan

Menunda Bayar Tagihan Bisa Bikin Boros

Pembayaran tagihan yang ditunda atau melewati tanggal pembayaran pasti akan disertai dengan denda yang wajib dibayar. Hal ini bisa membuat pengeluaran kamu menjadi lebih banyak dari yang seharusnya. 

Bayangkan saja, apabila kamu menunda tiga macam pembayaran tagihan, denda yang harus kamu bayar akan berlipat ganda. Kamu pasti nggak mau hal ini terjadi, kan? Jadi, pastikan untuk selalu membayar tagihan tepat pada tanggal yang telah ditentukan.

Ternyata kebiasaan kecil lainnya juga bisa bikin dompet kamu bocor loh. Klik tautan ini untuk tahu lebih lanjut.

3. Ikut Berbagai Perayaan

Kegiatan yang Bikin Boros

Sebagai generasi muda, pesta atau perayaan merupakan kegiatan yang sering dilakukan bersama teman sekolah, teman kuliah atau bahkan kerabat kerja. Kegiatan ini memang seru dan menyenangkan, namun pada kenyataannya bisa “mengancam” pengeluaran kamu.

Bagi kalian yang sering ikut perayaan, kalian pasti sering mengeluarkan uang untuk membeli kado atau patungan untuk persiapan dan pelaksanaan perayaan bersama teman-teman kamu. Jika seluruh biaya digabungkan, biaya yang dikeluarkan bisa cukup besar loh!

4. Belanja Online

Belanja Online Bikin Boros


Penawaran diskon atau promo di belanja online terkadang mampu menggoda mata. Faktanya, masyarakat mudah tergoda dengan diskon dan promo yang tersedia di situs atau aplikasi belanja online.

Semakin banyak diskon yang ditawarkan, semakin sering pembelian yang akan dilakukan melalui toko online. Alhasil, uang yang keluar akan meningkat pula sehingga kamu bisa menjadi boros.

Ingin tahu cara bijak menggunakan dompet digital biar nggak boros? Klik tautan ini.

5. Nongkrong Bareng Teman

Kegiatan yang Bikin Boros

Selain pengadaan pesta atau perayaan, kegiatan lain yang sangat digemari oleh kalangan muda adalah nongkrong bareng teman. Kegiatan nongkrong atau hangout bareng teman bervariasi, mulai dari makan di restoran, minum di kafe, hingga menonton film di bioskop.

Kegiatan ini biasanya dilakukan sekaligus untuk mengganti suasana atau refreshing setelah menjalani rutinitas. Refreshing memang penting untuk dilakukan sesekali agar bisa menghilangkan stres dan melepaskan penat.

Namun, jika kegiatan seperti ini terlalu sering dilakukan, pengeluaran kamu secara otomatis akan melonjak. Sebagai gantinya, opsi yang lebih hemat adalah nongkrong bareng di rumah, baik di rumah kamu maupun di rumah teman kamu.

6. Transfer Antar Bank

Transfer Antar Bank Bikin Boros

Apakah kamu sering transfer antar bank? Hati-hati, kegiatan transfer antar bank juga bisa membuat kamu boros!

Seperti kegiatan-kegiatan yang telah dijelaskan di atas, pengeluaran untuk transfer antar bank juga berpotensi untuk menumpuk. Hal ini berlaku bagi kamu yang perlu melakukan transaksi antar bank secara berulang kali.

Biaya admin layanan transfer antar bank berkisar antara Rp5.000 - Rp6.500 per transaksi. Jika kamu melakukan transfer antar bank sebanyak 20 kali, biaya yang akan dikenakan bisa mencapai Rp130.000.

Lantas, bagaimana caranya agar nggak boros ketika transfer antar bank? Jangan khawatir, kami punya solusi terbaik untuk kamu!

Mari Berhemat Saat Transfer Antar Bank dengan Fitur OY! Plus

Semua upaya penghematan yang kamu lakukan pasti akan membuahkan hasil yang memuaskan. Nah, kamu bisa mulai hemat dengan menggunakan fitur OY! Plus. Apa itu fitur OY! Plus?

OY! Plus adalah fitur transfer antar bank gratis yang disediakan oleh perusahaan fintech OY! Indonesia. Fitur ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam bertransaksi antar bank sekaligus menguntungkan masyarakat dengan adanya peniadaan biaya admin.

Fitur ini dapat diakses dengan mudah dan praktis melalui aplikasi OY! Indonesia. Dengan menggunakan fitur OY! Plus, kamu nggak perlu pusing memikirkan biaya transfer antar bank yang menumpuk.

Mau tahu cara menggunakan OY! Plus? Ketahui caranya di sini.

Tunggu apa lagi? Nikmati keuntungan dari OY! Plus dan jadikan fitur ini sebagai salah satu upaya penghematan kamu! Download aplikasi OY! Indonesia sekarang.

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023