Mengenal Sistem Perbankan Syariah

Luthfa
|
February 7, 2022

Punya rencana untuk menabung di Bank Syariah Indonesia tapi masih bingung dengan sistem perbankannya? Semakin hari, peminat bank syariah memang kian meningkat. Konsep tidak ada bunga yang ditawarkan bank syariah menjadi salah satu alasan banyak orang beralih ke jenis bank tersebut.

Selain itu, masih ada beberapa hal lain yang membedakan antara bank konvensional dengan bank syariah. Perbedaan inilah yang dijadikan pertimbangan banyak orang untuk menabung di bank yang didirikan berdasarkan Hukum Islam.  

Kira-kira apa yang dimaksud dengan bank syariah? Apa yang menjadikannya diminati banyak orang? Yuk, ketahui jawabannya melalui ulasan berikut ini.

Apa yang Dimaksud Bank Syariah?

sistem bank syariah Indonesia

Sejatinya bank syariah adalah bank yang operasionalnya menggunakan prinsip-prinsip Islami (syariah). Sementara syariah adalah peraturan atau undang-undang yang harus dipatuhi dan dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Itu artinya, bank tersebut beroperasi dengan mengikuti ketentuan-ketentuan yang ditetapkan oleh agama Islam atau Syariah Islam. Fungsi bank syariah sama saja dengan bank konvensional, yaitu menghimpun dan menyalurkan dana masyarakat, hanya saja dari segi prinsip, keduanya berbeda.

Banyak hal yang tidak akan kamu temukan di bank syariah, tapi bisa kamu temukan di bank konvensional. Misalnya saja, tidak adanya bunga. Hal ini dikarenakan dalam ajaran agama Islam terdapat larangan meminjamkan atau memungut pinjaman dengan mengenakan bunga pinjaman (Riba).

Keunggulan Bank Syariah

sistem bank syariah Indonesia

Pada bank syariah, sistem perbankan syariah adalah menerapkan dinilai akan saling menguntungkan bagi nasabah dan bank serta menghindari hal-hal yang spekulatif dalam transaksi keuangan. Berikut keunggulan bank syariah dibandingkan bank konvensional:

  • Berpedoman kepada prinsip Syariah
  • Menekankan aspek keadilan
  • Penyaluran dana usaha yang halal dan menguntungkan
  • Menggunakan prinsip akad
  • Keuntungan dihitung berdasarkan sistem bagi hasil
  • Investasi yang beretika
  • Jumlah angsuran tetap

Fungsi Bank Syariah

Mengutip dari laman ojk.go.id ada beberapa fungsi bank syariah yang dijelaskan, antara lain:

  • Bank syariah dan UUS (Unit Usaha Syariah) wajib menjalankan fungsi menghimpun dan menyalurkan dana masyarakat
  • Bank syariah dan UUS dapat menjalankan fungsi sosial dalam bentuk Lembaga Baitul mal, yaitu menerima dana yang berasal dari zakat, infak, sedekah, hibah, atau dana sosial lainnya dan menyalurkannya kepada organisasi pengelola zakat
  • Bank syariah dan UUS dapat menghimpun dana sosial yang berasal dari wakaf uang dan menyalurkannya kepada pengelola wakaf (nazhir) sesuai dengan kehendak pemberi wakaf (wakif)

Sistem Perbankan Syariah

sistem bank syariah Indonesia

Agar kamu lebih paham mengenai sistem perbankan syariah, berikut ada tiga hal umum yang perlu kamu ketahui, yakni:

Akad

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa bank syariah menerapkan prinsip akad. Akad yang dimaksud mengacu pada akad syariah Islam yang bersumber dari Al-quran dan hadist, serta sudah difatwakan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Sistem imbalan

Syariah adalah ketentuan dalam Islam yang harus dipatuhi. Salah satu aturan yang perlu dijalankan adalah sistem bagi hasil, yang mana dana yang diterima bank akan disalurkan untuk pembiayaan, lalu keuntungan dari pembiayaan akan dibagi dua yakni untuk nasabah dan bank sesuai dengan perjanjian yang sudah disepakati.

Sasaran kredit

Tak seperti bank konvensional, pembiayaan pada bank syariah dibatasi. Maksudnya adalah hanya nasabah yang sesuai dengan kriteria syariah saja yang diterima. Sedangkan perusahaan yang memproduksi produk non halal, seperti bisnis perjudian atau asusila, serta hal lain yang tidak sesuai syariah Islam sudah pasti ditolak.

Itulah penjelasan mengenai sistem bank syariah. Jika kamu berencana merintis bisnis, kamu bisa menjadikan bank syariah sebagai bank utama bisnis kamu mengingat fungsi bank syariah sama dengan bank konvensional.

Meski ada beberapa hal yang tidak akan kamu temukan di bank syariah, jenis bank satu ini mengedepankan sistem bagi hasil yang pastinya akan menguntungkan kamu sebagai pemilik bisnis.

Pakai OY! Bisnis untuk Bantu Tingkatkan Performa Bisnis Kamu

Setelah mengetahui konsep sistem perbankan syariah serta keunggulannya dibandingkan bank konvensional, sekarang saatnya kamu untuk mempertimbangkan penggunaan OY! Bisnis untuk kelancaran bisnis kamu. OY! Bisnis didesain untuk membantu pemilik usaha dalam meraih lebih banyak pelanggan melalui pembayaran digital.

OY! Bisnis akan memfasilitasi kamu dalam menyediakan berbagai metode pembayaran yang dibutuhkan pelanggan. Lewat produk OY! Payment Link, pelanggan kamu bisa membayar dengan menggunakan transfer bank, e-wallet, dan QRIS.

Secara tidak langsung, cara ini akan menjangkau lebih banyak pelanggan karena kamu bisa membuat konsumen merasa lebih nyaman saat berbelanja di toko kamu. Produk OY! Payment Link juga memudahkan kamu dalam hal rekonsiliasi keuangan sebab semua transaksi tercatat secara otomatis di dashboard OY! Bisnis.

Bagaimana, kepengin meraih lebih banyak pelanggan dari bisnis yang kamu jalani? Tunggu apalagi, mari daftarkan bisnis kamu sekarang juga di OY! Bisnis dan nikmati kemudahan menerima pembayaran!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023