Memahami Sistem Pembayaran Digital untuk Bisnis UMKM

Shafira
|
February 1, 2022

Memahami Sistem Pembayaran Digital untuk Bisnis UMKM - OY! Indonesia selaku platform penyedia layanan pembayaran turut mengerahkan aksi dorong UMKM Go Digital dengan menghadirkan berbagai layanan pembayaran online. Sistem pembayaran digital kini hampir tidak bisa dihindari. Hampir setiap orang kini memiliki smartphone dan menggunakannya setiap hari untuk membeli berbagai macam produk atau layanan dari suatu usaha, mengirim uang, hingga membuka rekening tabungan.

Meskipun sistem pembayaran digital terdengar seperti sebuah perubahan besar, sistem ini menghadirkan beberapa tantangan unik untuk bisnis UMKM. Karena bisnis terus menjadi lebih berorientasi digital, dan pengalaman karyawan dibentuk oleh teknologi, para pelaku bisnis UMKM akan menghadapi (dan akan terus menghadapi) banyak tantangan seputar proses transformasi digital UMKM milik mereka.

Penting untuk memahami sistem pembayaran digital untuk bisnis sebelum menerapkannya ke bisnis UMKM. Mari simak artikel berikut ini.


 Sistem Pembayaran Digital untuk Bisnis UMKM OY! Indonesia



Apa itu Sistem Pembayaran Digital?


Pembayaran digital adalah transaksi yang terjadi melalui mode digital atau online. Bentuk-bentuk pembayaran digital termasuk bank transfer, kartu kredit/debit virtual, e-money dan dompet digital (e-Wallet). Pembayaran digital menyediakan cara transaksi yang otomatis, aman, dan dapat mudah diaudit.

Pemerintah terus menggerakkan masyarakat untuk beralih ke transaksi non tunai karena penggunaannya dapat meminimalisir kontak fisik. Perubahan tren pembayaran dari tunai ke non tunai telah mengubah metode pembayaran yang dilakukan oleh masyarakat. Hal ini juga mempengaruhi proses digitalisasi UMKM dimana setiap UMKM harus siap menerima pembayaran non konvensional.

Menerapkan Sistem Pembayaran Digital untuk Bisnis UMKM dengan OY! Payment Link


OY! Payment Link dari OY! Bisnis memberikan kemudahan untuk mengatur kanal pembayaran dengan memberikan layanan dimana para pelaku usaha dapat membuat tautan pembayaran (payment link) untuk menerima pembayaran dari pelanggan secara online. Tautan pembayaran tersebut dapat diatur sesuai dengan kebutuhan pembayaran dan dapat dibagikan langsung pada pelanggan melalui berbagai media sosial atau platform messenger apa pun. 

Setelah pelanggan menerima tautan pembayaran, mereka akan diarahkan ke halaman pembayaran yang menunjukkan jumlah yang harus dibayar serta metode pembayaran yang dapat digunakan. Proses pembayaran dapat terjadi dengan cepat dan aman tanpa perlu lagi dilakukannya konfirmasi pembayaran secara manual.


 Sistem Pembayaran Digital untuk Bisnis UMKM OY! Indonesia


Keuntungan Menerapkan Sistem Pembayaran Digital dengan OY! Payment Link


OY! Payment Link dari OY! Bisnis memiliki berbagai manfaat yang dapat membantu bisnis UMKM dalam meningkatkan performa pembayaran mereka.


‍Memudahkan Pelanggan Melakukan Transaksi Non-Tunai

‍Kamu dapat dengan mudah menerima pembayaran non-tunai karena kamu dapat mengatur metode pembayaran yang digunakan untuk sebuah tautan. Metode pembayaran yang ditawarkan pun beragam, mulai dari bank transfer, kartu debit, kartu kredit, dan juga QRIS untuk pembayaran dari e-Wallet.


Fleksibilitas dalam Pembayaran

‍Dengan menggunakan fitur Payment Checkout Link dari OY! kamu dapat menyediakan berbagai metode pembayaran untuk bisnis kamu sehingga pelanggan dapat memilih secara fleksibel.


Pengaturan yang Mudah

Tanpa coding atau pun integrasi khusus, kamu dapat membuat tautan pembayaran dan melakukan kustomisasi dengan mudah dan cepat melalui dashboard OY! Bisnis.


Meningkatkan Performa Penerimaan Pembayaran

‍Dengan menyediakan opsi pembayaran yang beragam selain tunai, arus kas yang diterima dapat lebih besar jika dibandingkan hanya berkutat dengan pembayaran tunai.

Memiliki Fitur Pengaturan Tautan yang Komprehensif

‍OY! Bisnis mengerti bahwa bisnis harus bergerak dengan cepat. Oleh karena itu, kami menghadirkan pengaturan tautan yang lengkap untuk memudahkan kamu dalam menerima pembayaran. Salah satu fitur pengaturan terbaru adalah Reusable Payment Link yang akan semakin meningkatkan efisiensi bisnis UMKM untuk menerima pembayaran dari berbagai pelanggan secara sekaligus.


Terapkan Sistem Pembayaran Digital untuk Bisnis UMKM dengan OY! Bisnis

 Sistem Pembayaran Digital untuk Bisnis UMKM OY! Indonesia


OY! Bisnis dari OY! Indonesia hadir untuk memberikan kemudahan baik dalam mengirim maupun menerima pembayaran bisnis. Sebagai sistem pembayaran di Indonesia yang bertujuan untuk memudahkan segala proses pembayaran, OY! Bisnis memiliki layanan OY! Payment Link yang dapat membantu mengatur kanal pembayaran bisnis secara efektif. 

Cukup dengan mengirimkan tautan pembayaran khusus kepada pelanggan, kamu sebagai pemilik bisnis dapat menerima pembayaran secara langsung. Segera daftarkan bisnismu di OY! Bisnis dan dapatkan berbagai keuntungan dalam bertransaksi melalui fitur-fitur OY! Bisnis. #MOVEWITHOY

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023