5 Ide Konten TikTok Terbaik untuk Promosi Jualan Online

Atia Tobing
|
January 10, 2022

5 Ide Konten TikTok Terbaik untuk Promosi Jualan Online - Agar suatu bisnis dapat berkembang dengan pesat, salah satu upaya yang wajib diterapkan adalah mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan. Cara promosi pun bermacam-macam, mengingat semakin majunya teknologi yang memungkinkan para pengusaha memasarkan bisnis melalui media sosial.

Ya, pemasaran produk atau jasa dapat dilakukan lewat media sosial, misalnya TikTok. Jangan salah, TikTok kini dimanfaatkan sebagai tempat jualan online bagi para penggunanya karena banyaknya kemudahan yang tersedia di media sosial ini.

Walaupun demikian, cara jualan online di TikTok tidak semudah yang dibayangkan, loh. Perlu diketahui bahwa jumlah pebisnis yang berjualan di TikTok kian meningkat sehingga persaingannya sangat ketat. Jadi, pastikan kamu harus lebih unggul dari mereka dan mampu menarik perhatian masyarakat dengan ide-ide konten TikTok terbaik!

Lantas, seperti apa ide konten TikTok yang mampu mempromosikan jualan online secara efektif? Cari tahu selengkapnya pada artikel OY! berikut ini!

Peran TikTok dalam Pemasaran Bisnis

ide konten tiktok

Seperti yang kita ketahui, Tiktok merupakan salah satu platform media sosial yang tengah naik daun dan sangat populer di kalangan masyarakat, terutama kalangan gen Z. Kecanggihan dari platform asal Tiongkok ini memungkinkan masyarakat untuk membuat konten-konten kreatif, interaktif, atau bahkan inspiratif. 

Tak hanya pengguna individu, pemilik bisnis pun dapat dengan mudah memanfaatkan Tiktok untuk mempromosikan bisnis secara online. Faktanya, ide konten TikTok untuk jualan online yang out of the box kerap kali viral. Alhasil, bisnis semakin dikenal oleh masyarakat dan jumlah pelanggan bahkan bisa meningkat secara drastis!

Setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk muncul di halaman For You Page (FYP). FYP merupakan fitur TikTok yang memungkinkan setiap orang untuk menonton video dari pengguna lainnya yang telah direkomendasikan untuk mereka. Nah, video dengan ide konten TikTok yang berhasil masuk ke FYP bisa dikatakan menarik atau bermanfaat sehingga video tersebut ditampilkan ke para pengguna TikTok.

Dengan adanya fitur FYP di TikTok, kamu bisa coba memasarkan bisnis dan jualan online lewat TikTok. Agar video promosi bisnis yang kamu buat dimunculkan di FYP, kamu harus tahu ide konten TikTok yang mampu mempromosikan bisnis kamu secara efektif.

Lantas, apa saja ide konten TikTok terbaik untuk promosi jualan online? Tenang, kami akan membahas ide-idenya pada ulasan di bawah ini!

Ide Konten TikTok Terbaik untuk Promosi Jualan Online

Seperti yang telah diterangkan di atas, kamu perlu mengetahui cara membuat konten yang tepat untuk promosi bisnis di TikTok. Berikut 5 ide konten TikTok terbaik untuk promosi jualan online!

Video Tutorial

ide konten tiktok

Ide konten TikTok yang terbukti mampu menarik perhatian calon pelanggan adalah video tutorial. Mungkin kamu mengira video tutorial hanya dapat digunakan untuk konten-konten di ranah kecantikan saja (makeup tutorial), namun kenyataannya tidak begitu, loh. Sebagai contoh, bisnis yang bergerak di sektor kuliner atau bidang kesehatan tentu bisa membuat konten dengan tema tutorial!

Dengan membuat video tutorial, kamu akan dimudahkan dalam membuat konten-konten yang bersifat soft selling. Konten soft selling adalah jenis konten yang mempromosikan produk atau jasa secara halus dan praktis. Jenis konten ini banyak diminati oleh para pengguna TikTok sehingga perlu kamu coba, ya! 

Saat membuat video tutorial, sertakan caption atau copywriting yang lucu, trendy, dan informatif agar konten kamu tidak membosankan. Kalau kamu merasa konten yang telah kamu buat belum cukup bagus, kamu bisa juga menggunakan jasa influencer Tiktok yang memiliki followers sesuai dengan target pasar kamu!

Video Edukasi

jualan online

Selanjutnya, ide konten TikTok yang patut kamu coba untuk promosi jualan online adalah video edukasi. Tahukah kamu bahwa ide konten yang satu ini adalah salah satu jenis konten yang sering muncul di FYP TikTok? Nah, sebagai pemilik bisnis online, kamu harus jadikan jenis konten ini sebagai peluang emas untuk mempromosikan bisnis kamu! 

Video edukasi yang dimaksud di sini bukan hanya diperuntukkan bagi bisnis yang bergerak di bidang pendidikan saja. Bisnis yang bergerak di bidang lain tentunya bisa membuat video edukatif yang masih relevan dengan bisnis, seperti cara memakai produk, cara menyimpan produk, cara memesan produk atau jasa, manfaat produk atau jasa, dan konten DIY (Do-It-Yourself) atau life hack.

Behind the Scenes Bisnis

ide konten tiktok

Salah satu konten TikTok yang digemari oleh para penggunanya adalah behind the scenes. Ide konten TikTok ini akan menunjukkan proses-proses yang terjadi dalam suatu bisnis, misalnya proses pembuatan dan pengemasan produk. 

Video yang direkam pun bisa dibuat seperti daily vlog, mulai dari bangun pagi, bersiap-siap, hingga melakukan seluruh aktivitas berbisnis yang biasanya kamu lakukan sehari-hari. Tunjukkan bahwa kamu menggunakan bahan berkualitas tinggi dalam pembuatan produk dan memprosesnya dengan cara yang paling optimal.  Jika kamu memiliki bisnis yang menawarkan jasa, kamu bisa menunjukkan kesungguhan kamu dalam menyediakan jasa yang terbaik bagi pelanggan.

TikTok Challenge

ide konten tiktok

Ide konten TikTok yang satu ini bisa dibilang wajib kamu terapkan! Seperti yang kita ketahui, TikTok merupakan platform media sosial dengan berbagai challenge kekinian yang populer di kalangan masyarakat. Tak hanya untuk bersenang-senang saja, kamu juga bisa ikut melakukan challenge sembari mempromosikan jualan online kamu. Bagaimana caranya?

Sebagai contoh, ada suatu dance challenge dengan lagu tertentu yang sedang trending di FYP TikTok. Agar bisa muncul di FYP, kamu bisa ikut serta dan membuat video dance challenge tersebut, namun bedanya kamu mengaitkan sambil mempromosikan jualan online kamu di video tersebut!

Testimoni Pelanggan

jualan online

Terakhir, ide konten TikTok yang mampu mendukung upaya kamu dalam mempromosikan jualan online adalah testimoni pelanggan. Selain untuk mempromosikan bisnis, video testimoni juga akan membuat pelanggan merasa lebih dilibatkan dan diapresiasi!

Cara membuat konten testimoni pun mudah. Kumpulkan testimoni dari setiap pelanggan lalu buat sebuah video TikTok yang menampilkan komentar pelanggan yang menyatakan kepuasan terhadap bisnis kamu, baik dari segi kualitas pelayanan maupun produk atau jasanya.

Tingkatkan Penjualan Online dengan Bergabung di OY! Bisnis

jualan online

OY! Indonesia meluncurkan OY! Bisnis untuk meningkatkan performa bisnis, baik UMKM maupun perusahaan besar. OY! Bisnis dirancang untuk membantu para pemilik bisnis yang jualan online dalam meraih lebih banyak pelanggan melalui pembayaran digital dengan berbagai kemudahan dan keuntungan melalui produk-produknya.

OY! Bisnis adalah solusi yang tepat untuk mengembangkan sistem pembayaran bisnis. Sederhanakan sistem pembayaran yang kompleks menjadi sederhana untuk mengatasi persaingan bisnis yang begitu ketat serta meningkatkan jumlah pembeli jualan online kamu. Di samping itu, keunggulan dari OY! Bisnis adalah kamu bisa menghemat biaya operasional bisnis dan mengatasi segala hambatan transaksi.


Tunggu apa lagi? Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis untuk memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi kepada pelanggan sebagai upaya untuk mengoptimalkan ide konten TikTok untuk promosi jualan online!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023