Hal-Hal yang Perlu Diketahui Sebelum UMKM Go Online

Atia Tobing
|
November 3, 2021

UMKM Go Online - Eksistensi suatu bisnis merupakan salah satu hal yang penting untuk dipertahankan. Dengan mengikuti tren digitalisasi, UMKM go online adalah upaya yang perlu diterapkan agar tidak kalah saing dengan perusahaan besar.

Kini, masyarakat umumnya memilih metode pembayaran online untuk melakukan berbagai transaksi, termasuk saat belanja online. Oleh karena itu, penerapan UMKM go online telah menjadi suatu kewajiban bagi seluruh pebisnis UMKM. Selain menggaet pelanggan, sistem bisnis online juga dapat mengembangkan bisnis secara progresif.

Sebelum beralih ke sistem bisnis online, ada beberapa hal yang perlu kamu pahami dan siapkan. Apa saja hal yang perlu diketahui sebelum UMKM Go Online? Simak selengkapnya pada artikel OY! berikut ini!

Pentingnya UMKM Go Online

Pentingnya transisi sistem bisnis usaha mikro, kecil, dan menengah dari offline menjadi online sudah tidak perlu diragukan lagi. Mengapa demikian?

Pada tahun 2020, Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia mengajak para pelaku bisnis atau usaha rumahan untuk beralih ke sistem bisnis online (go online). Hal ini dikarenakan platform digital memiliki banyak manfaat yang mampu memajukan bisnis UMKM, seperti mempromosikan bisnis secara luas (branding dan marketing), menarik memudahkan pelanggan dalam mencari produk yang diinginkan, menghemat biaya operasional, dan meningkatkan inovasi produk penjualan.

Sebelum mengembangkan bisnis secara online, para pelaku bisnis UMKM harus mengetahui beberapa hal agar mampu beradaptasi dan bertahan di ranah digital. Lantas, apa saja hal yang perlu diketahui sebelum UMKM go online?

5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum UMKM Go Online

Sistem bisnis online tentunya tidak bisa disamakan dengan sistem bisnis offline sehingga perlu adanya pengetahuan yang cukup sebelum bertindak. Jika kamu merupakan seorang pebisnis UMKM yang ingin mengembangkan bisnis secara online, berikut 4 hal yang perlu diketahui sebelum UMKM go online!

Model Bisnis

umkm go online

Apabila kamu ingin UMKM go online, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan model bisnis yang ingin kamu jalani. Penentuan model bisnis bertujuan untuk menetapkan konsep dasar tentang strategi bisnis, baik secara internal maupun eksternal.

Untuk menentukan model bisnis, kamu bisa diskusi dengan rekan bisnismu dengan melakukan brainstorming. Model bisnis yang jelas dan konkret akan memberikan banyak manfaat, mulai dari memahami produk yang harus diciptakan, mengetahui target pasar dan strategi bisnis yang harus dijalankan hingga mengantisipasi persaingan dengan para kompetitor.

Jaringan Bisnis Online

umkm go online


Para pebisnis UMKM tentu tidak dapat bekerja sendiri. Jika kamu ingin UMKM go online, kamu perlu membangun jaringan dengan sesama pebisnis UMKM agar bisnis mereka berjalan dengan baik. 

Ternyata, jaringan bisnis yang luas dapat memperkaya wawasan tentang strategi bisnis online serta memunculkan peluang untuk berkolaborasi. Di samping itu, hal ini juga mampu meningkatkan kesadaran digital bagi pebisnis yang belum terlalu paham tentang pentingnya UMKM go online

Pemasaran Online (Digital Marketing)

umkm go online


Selain memiliki jaringan bisnis online, pebisnis yang ingin UMKM go online juga harus menambah wawasan tentang cara promosi bisnis online atau yang sering disebut digital marketing. Jenis pemasaran ini perlu diterapkan oleh setiap bisnis, mengingat banyaknya pengguna Internet di Indonesia. 

Berbeda dengan metode pemasaran manual, digital marketing merupakan metode pemasaran yang terbukti jauh lebih efektif. Kesuksesan UMKM go online dapat dicapai apabila digital marketing yang dilakukan mampu menarik banyak pelanggan dan membuat masyarakat tahu tentang bisnismu.

Sebagai upaya awal, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat akun media sosial khusus untuk bisnis kamu. Promosikan produk atau jasa yang kamu tawarkan dengan mengunggah konten media sosial yang menarik dan informatif berdasarkan tren yang berlaku.

Pembuatan Website

umkm go online

Selanjutnya, hal yang patut dipersiapkan sebelum UMKM go online adalah mengetahui cara pembuatan website yang berkualitas. Tahukah kamu bahwa website dapat diandalkan sebagai media pemasaran dan penjualan?

Fungsi website tak hanya sebatas untuk pemasaran dan penjualan saja. Banyak manfaat lain yang ditawarkan oleh website, misalnya sebagai alat branding dan ekspansi pasar.

Untuk memulai pembuatan website bisnis, tentukan layanan hosting, pilih domain, dan kelola strategi pemasaran website bisnis. Carilah referensi pembuatan website yang cocok untuk jenis bisnismu.

Metode Pembayaran Online

umkm go online


Bisnis online tentunya tidak bisa lepas dari transaksi online. Jadi, bisnis UMKM go online harus menyiapkan metode pembayaran online untuk menjangkau pelanggan dari berbagai lokasi.

Agar bisnis UMKM kamu dapat diterima dengan mudah oleh masyarakat, variasi metode pembayaran online bisa kamu sediakan. Metode pembayaran online yang variatif tentu akan meningkatkan payment experience pelanggan atau calon pelanggan kamu!

Penyediaan metode pembayaran online yang fleksibel dapat kamu lakukan dengan menggunakan layanan dari platform pembayaran online. Nah, platform pembayaran online yang cocok untuk para pejuang UMKM go online adalah OY! Bisnis. Telusuri lebih lanjut pada ulasan di bawah ini, ya!

Sediakan Opsi Metode Pembayaran yang Bervariasi dengan Bergabung di OY! Bisnis

umkm go online

OY! Bisnis menghadirkan berbagai produk yang dapat membantu bisnis UMKM go online. Terima pembayaran dari pelanggan secara mudah dan efisien dengan menggunakan salah satu fitur unggulan OY! Bisnis, yaitu OY! E-Wallet. 

OY! E-Wallet adalah produk yang menyediakan berbagai macam e-Wallet untuk menerima pembayaran bisnis UMKM secara online. Dengan produk ini, kamu bisa menerima pembayaran hanya dari satu dashboard serta memberikan pelanggan kebebasan dalam memilih metode pembayaran. 


Tunggu apa lagi? Mari daftarkan bisnis Anda di OY! Bisnis dan sukseskan upaya UMKM go online kamu!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023