Apa Saja yang Harus Disiapkan Sebelum Mulai Bisnis UMKM?

Shafira
|
December 30, 2021

Apa Saja yang Harus Disiapkan Sebelum Mulai Bisnis UMKM? - Memulai bisnis UMKM membutuhkan banyak hal yang harus dituntaskan. Mulai dari perencanaan, persyaratan hukum, pengembangan strategis, dan masih banyak hal lainnya. Pada titik ini, kamu mungkin bertanya-tanya harus mulai dari mana. Haruskah kamu mengerjakan nama dan logo bisnis kamu atau menangani struktur bisnis terdahulu? Apakah masuk akal untuk mulai mengajukan pinjaman atau fokus pada pengembangan produk?

Mungkin sulit untuk mengetahui langkah yang tepat untuk diambil. Tapi tidak apa-apa. Memulai usaha kamu sendiri adalah tentang coba-coba. Proses yang harus dilalui ini akan membantumu menemukan apa yang cocok untuk bisnis UMKM milikmu dan apa yang sesuai dengan pelanggan potensial.

Tetapi daripada diliputi oleh kekhawatiran dan kebingungan atas tugas yang kamu miliki, ada beberapa langkah yang dapat kamu ambil untuk memulai pengembangan bisnis UMKM-mu. 

Mari kita mulai pembahasannya.

Lakukan riset pasar

Riset pasar akan memberitahumu  jika ada peluang untuk mengubah ide kamu menjadi bisnis yang sukses. Langkah ini adalah cara untuk mengumpulkan informasi tentang calon pelanggan dan bisnis yang sudah beroperasi di wilayah kamu. Gunakan informasi itu untuk menemukan keunggulan kompetitif bagi bisnis UMKM kamu.

Tulis rencana bisnis UMKM milikmu

Rencana bisnis kamu adalah dasar dari bisnis UMKM yang akan kamu ciptakan. Rencana bisnis ini merupakan peta jalan tentang cara menyusun, menjalankan, dan mengembangkan bisnis baru kamu. Kamu akan menggunakannya sebagai cara untuk meyakinkan orang bahwa bekerja atau berinvestasi di bisnis UMKM-mu adalah pilihan yang tepat.

Mulai pendanaan bisnis

Rencana bisnis UMKM yang telah dibuat akan membantumu mengetahui berapa banyak uang yang kamu perlukan untuk memulai bisnis UMKM. Jika kamu tidak memiliki jumlah itu, kamu harus mencari cara alternatif atau meminjam modal. Saat ini banyak sekali akses pendanaan bisnis yang terbuka untuk bisnis UMKM.

Pilih lokasi bisnis secara strategis

Lokasi bisnis kamu adalah salah satu keputusan terpenting yang harus dibuat. Baik kamu mendirikan bisnis fisik atau meluncurkan toko online, pilihan yang kamu buat dapat memengaruhi pajak, persyaratan hukum, dan pendapatan bisnis yang akan diterima

Pilih struktur bisnis

Struktur hukum yang kamu pilih untuk bisnis UMKM-mu akan memengaruhi persyaratan pendaftaran bisnis kamu, berapa banyak pajar yang harus dibayarkan, dan juga kewajiban pribadi kamu sebagai pemilik bisnis.


Memilih nama bisnis

Tidak mudah untuk memilih nama bisnis UMKM yang sempurna. Kamu akan menginginkan nama terbaik yang mencerminkan merek dan citra usaha. Kamu juga harus memastikan nama bisnismu belum digunakan oleh orang lain.

Daftarkan nama bisnis UMKM

Penting sekali untuk mendaftarkan usaha kamu secara online. Dengan daftar UMKM secara online, kamu akan memiliki perizinan resmi atas usahamu sehingga memiliki nilai kredibilitas lebih di mata masyarakat. Cara daftar UMKM tidak sulit dilakukan dan dapat dilakukan secara online melalui HP atau laptop. Kamu hanya perlu menyiapkan berkas seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (KK), nama lengkap pemilik usaha, alamat tempat tinggal, bidang usaha, serta nomor telepon.

Bisnis UMKM OY! Bisnis OY! Indonesia

Buat NPWP Perusahaan

Kamu akan membutuhkan NPWP Perusahaan untuk membuka rekening bank dan membayar pajak. Memiliki NPWP Perusahaan merupakan langkah penting untuk memulai dan mengembangkan bisnis kamu, serta menjamin legalitas keuangan bisnis.

Buka rekening bank bisnis

Memiliki rekening bisnis dapat membantu kamu menangani masalah hukum, pajak, dan kegiatan keuangan perusahaan. Mendaftar rekening bisnis sangat mudah untuk menyiapkannya jika kamu memenuhi syarat pendaftaran dan menyediakan dokumen yang tepat.

Sediakan sistem pembayaran bisnis yang efisien

Saat ini tersedia banyak platform penyedia pembayaran online yang prosesnya mudah diikuti. Salah satunya adalah OY! Bisnis. Platform penyedia pembayaran online akan membantu UMKM milikmu untuk menyediakan kanal pembayaran online. Prosesnya cenderung mudah dilakukan dan memiliki harga yang disesuaikan berdasarkan skala bisnismu.

Optimalkan Digitalisasi Pembayaran UMKM dengan OY! Bisnis

OY! Bisnis hadir untuk memberikan kemudahan baik dalam mengirim maupun menerima pembayaran bisnis kamu. Sebagai sistem pembayaran di Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan performa UMKM, kami menghadirkan berbagai fitur dan layanan pembayaran bisnis yang dapat membantu usaha UMKM milikmu meningkatkan performa pembayaran.

Segera daftarkan UMKM milikmu di OY! Bisnis dan dapatkan berbagai keuntungan dalam bertransaksi melalui fitur-fitur OY! Bisnis. #MOVEWITHOY

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023