Memahami Keuntungan Pakai QRIS untuk Toko Anda

Luthfa
|
October 8, 2021

Bagi Anda yang melek teknologi dan mengikuti perkembangan transaksi digital mungkin sudah tak asing dengan istilah QRIS. QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) adalah standar kode QR nasional yang memfasilitasi pembayaran digital melalui dompet digital, dan mobile banking.

Saat ini metode pembayaran QRIS pun marak digunakan oleh para pemilik toko offline, khususnya UMKM (usaha kecil menengah). Dengan QRIS, pemilik toko dapat memudahkan pelanggan dalam melakukan pembayaran. Sebab, apa pun aplikasi pembayaran digital yang dimiliki konsumen, mereka bisa memindainya di kode QR mana saja.

Selain menguntungkan pelanggan, Anda sebagai pemilik toko juga dapat menikmati keuntungan pemakaian QRIS. Apa saja? Cari tahu keuntungan QRIS untuk toko Anda lewat ulasan berikut ini!

Keuntungan Pakai QRIS untuk Toko Anda

Dengan menggunakan QRIS, Anda sebagai pemilik toko tidak perlu repot-repot menyediakan banyak kode QR yang disesuaikan dengan bank atau e-wallet milik pelanggan karena cukup sediakan satu QR code saja, pelanggan bisa membayar melalui aplikasi yang mendukung.

Selain itu, terdapat berbagai keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dengan menyediakan QRIS di toko Anda, antara lain:

1. Proses transaksi lebih mudah

Kehadiran QRIS membuat proses pembayaran menjadi lebih mudah. Bagaimana tidak, pelanggan hanya perlu memindai kode QR dengan aplikasi yang ada di ponsel mereka, kemudian transaksi pun berhasil dilakukan.

Dengan kepraktisan ini, tampilan meja kasir juga akan menjadi lebih modern dan lebih rapi karena tidak perlu memasang kode QR berjejer. Setiap toko hanya perlu menempelkan kode QR yang didapatkan dari QRIS.

2. Menyediakan alternatif pembayaran

Melalui QRIS, Anda bisa melayani pembayaran digital dari berbagai bank dan e-wallet terpopuler di Indonesia, seperti OVO, Go-Pay, Dana, LinkAja, hingga ShopeePay.

3. Mencegah beredarnya uang palsu

Keuntungan lainnya adalah mengurangi risiko tindak kejahatan peredaran uang palsu. Dengan QRIS, Anda tidak perlu melayani transaksi dengan uang tunai. Itu artinya, kemungkinan untuk mendapatkan uang palsu pun semakin kecil.

4. Pendaftaran merchant atau toko lebih mudah

Menyediakan QRIS sebagai salah satu metode pembayaran bisnis Anda akan memudahkan Anda untuk mendaftarkan toko Anda sebagai merchant di aplikasi pembayaran digital. Sebab Anda hanya perlu mendaftar sekali untuk menemrima pembayaran digital melalui aplikasi apa pun. Sementara tanpa QRIS, Anda harus mendaftar sebagai merchant di setiap aplikasi pembayaran digital.

5. Mempermudah Anda untuk menganalisis keuangan bisnis

Dengan QRIS, Anda bisa mengecek riwayat transaksi di toko/usaha Anda secara real-time. Anda juga tidak perlu mencatat setiap transaksi secara manual karena semua data transaksi terekam otomatis sehingga memudahkan Anda dalam memantau hasil penjualan yang terjadi di toko Anda.

Bergabung dengan OY! Bisnis sekarang juga!

Jika Anda tertarik menggunakan QRIS sebagai salah satu metode pembayaran toko Anda, Anda bisa memanfaatkan OY! Bisnis. Lewat produk Payment Checkout Link yang dimiliki OY! Bisnis, Anda dapat menyediakan QRIS untuk menerima pembayaran dari e-wallet maupun mobile banking.

Payment Checkout Link merupakan produk dari OY! Bisnis yang akan membantu Anda dalam mengatur sistem pembayaran bisnis Anda. Produk ini akan memudahkan Anda untuk menyediakan tautan pembayaran untuk dibagikan kepada pelanggan melalui aplikasi perpesanan.

Lewat produk ini, pelanggan Anda dapat mengunduh kode QR yang berada di laman checkout dan memasukkan kode QR ke dalam fitur scan QR yang berada di dalam aplikasi e-wallet dan mobile banking. Hal ini tentunya memudahkan pelanggan Anda untuk memindai kode QR secara virtual.

Bagaimana, tertarik bergabung dengan OY! Bisnis? Yuk, daftarkan bisnis Anda di OY! Bisnis sekarang juga! 

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023