Tips Memilih Influencer yang Cocok dengan Jualan Online Kamu

Shafira
|
January 17, 2022

Tips Memilih Influencer yang Cocok dengan Jualan Online Kamu - Memikat audiens pelanggan untuk menggunakan produk atau layanan bisnismu tidaklah mudah. Apalagi sekarang ketika konsumen lebih pintar dan lebih skeptis dari sebelumnya. Sama seperti pemasaran tradisional, rekomendasi dari sumber terpercaya membuat lebih banyak perbedaan dalam pemasaran online daripada metode pemasaran lainnya. Oleh karena itu, dalam paradigma sosial baru, pemasaran menggunakan influencer mengalahkan strategi pemasaran lainnya.

Pada tahun 2020, metode pemasaran menggunakan influencer tumbuh sebesar 57%. Jika kamu sebagai pemilik bisnis mengerti bagaimana cara memilih influencer yang tepat, merek bisnis yang kamu miliki dapat mengembangkan hubungan yang otentik dengan pelanggan. Di sisi lain, ketidakcocokan dapat dengan menjadi mimpi buruk setiap merek bisnis. Dengan demikian, memahami bagaimana memilih influencer yang tepat sangat penting untuk pemasaran bisnis milikmu. Namun, mengidentifikasi bagaimana memilih influencer yang ideal untuk bisnismu tidak sesederhana itu. 

Oleh karena itu, dalam artikel ini, OY! Indonesia akan membahas semua tips yang diperlukan untuk memandu kamu sebagai pemilik bisnis untuk memilih influencer yang tepat dengan jualan online milikmu. Mari kita mulai!

Influencer OY! Bisnis Jualan Online OY! Indonesia

Tips yang Perlu Diketahui tentang Cara Memilih Influencer yang Tepat

Kenali Relevansi Audiens dari Si Influencer

Faktor pertama dan paling mendasar saat memilih influencer yang tepat untuk jualan online-mu adalah relevansi audiens. Pastikan bahwa influencer yang hendak kamu pilih cocok dengan industri bisnis kamu berada.

Namun, jangan hanya memilih influencer hanya berdasarkan rate engagement yang tinggi.  Ingat, industri bisnis adalah kategori yang cukup luas. Jika kamu ingin menargetkan jualanmu kepada audiens yang spesifik dan tepat sasaran, kamu perlu mempersempit pilihan influencer sesuai sektor pasar si influencer itu berada.

Misalnya, jika jualanmu adalah merek fashion olahraga yang inklusif yang ingin berkolaborasi dengan seorang influencer, kamu dapat mencari influencer fitness fashion yang mempromosikan gerakan self-love.

Cari Tahu Metrik dari Influencer

Influencer OY! Bisnis Jualan Online OY! Indonesia

Faktor terpenting untuk membandingkan influencer adalah jumlah followers. Gagasan bahwa seorang influencer pasti semakin bagus karena jumlah followers-nya yang banyak itu tidak sepenuhnya benar.

Mari kita ambil contoh dengan contoh kasus yang sama seperti di tips sebelumnya. Untuk mempromosikan merek pakaian fashion wanita milikmu, kamu memutuskan untuk berinvestasi dalam kampanye pemasaran menggunakan influencer. Kamu memiliki dua opsi:

A: seorang influencer dengan 50k+ pengikut yang sebagian besar audiensnya adalah remaja dengan rasio yang sama antara pria dan wanita.

B: seorang influencer dengan 10k+ pengikut yang merupakan 80% audiens wanita dalam kelompok usia 20-40.

Jika kamu menggunakan metrik berdasarkan jumlah pengikut di sini, kamu akhirnya akan menjangkau basis audiens yang besar yang tidak tertarik dengan produk milikmu. Namun, memilih influencer B memungkinkan merek jualanmu untuk menargetkan ke audiens yang spesifik namun tepat sasaran.

Analisa Kampanye Pemasaran yang Telah Dilakukan Si Influencer

Influencer OY! Bisnis Jualan Online OY! Indonesia


Kamu mungkin tertarik dengan profil si influencer berdasarkan postingan kolaborasi terbaru mereka. Namun, menilai satu kampanye pemasaran saja tidak cukup. Sangat penting untuk memeriksa kolaborasi dan kampanye pemasaran si influencer yang lalu. Kamu tentunya tidak ingin bekerja sama dengan seseorang yang pernah bekerja dengan pesaingmu sebelumnya. Selain itu, kamu perlu memastikan bahwa kolaborasi mereka tidak bertentangan dengan nilai bisnis yang kamu miliki saat ini. Selain itu, gaya hidup, etika, dan nilai mereka harus selaras dengan suara merek bisnis milikmu.

Apabila kamu tidak menganalisis dengan detail, hal ini dapat membuat merek bisnismu berada dalam masalah serius. Jika pengikut bisnismu mengetahui hal ini, mereka akan menganggap citra merek bisnis yang diciptakan dan influencer yang dipilih tidak autentik.

Misalnya, bisnismu adalah brand yang memproduksi kosmetik herbal, usahakan jangan memilih influencer yang mempromosikan kosmetik berbahan kimia.

Hindari Influencer yang Menjadi 'Papan Iklan'

Mari kita lanjutkan menggunakan contoh kosmetik herbal tadi. Kamu beruntung telah menemukan beauty influencer yang  hanya mempromosikan produk kecantikan alami atau herbal. Namun, profil mereka dipenuhi dengan promosi merek lainnya secara intensif. Mereka berkolaborasi dengan setidaknya satu merek setiap minggu, dan karenanya, hampir setiap post mereka berisi tentang merek lain sehingga produk milikmu tenggelam di antara banyaknya promosi.

Kolaborasi kamu dengan mereka akan memberikan nol atau tanpa prospek karena audiens mereka, tidak peduli seberapa besar, pasti akan bingung untuk menemukan bisnismu. Mereka tidak dapat diyakinkan akan setiap merek yang dipromosikan oleh influencer. Bahkan jika mereka melakukannya, mereka tidak akan membelinya. Oleh karena itu, pengaruh influencer tidak akan berarti apa-apa.

Bangun Hubungan Brand dengan Influencer

Influencer OY! Bisnis Jualan Online OY! Indonesia

Ketika influencer baik dari kalangan figur publik maupun selebritas menggunakan suatu produk atau layanan, hal tersebut dapat mempengaruhi keputusan pembelian massa. Tetapi berbagai aspek seperti keahlian, keterlibatan audiens, dan praktik pembuatan konten yang disesuaikan telah meningkatkan popularitas influencer dan produk yang dipromosikan.

Influencer yang tepat dapat meningkatkan nilai merek bisnismu dan meningkatkan keberhasilan kampanye pemasaran. Selain itu, kamu dapat membentuk hubungan jangka panjang dengan influencer yang memberikan hasil luar biasa untuk membuat mereka berinvestasi dalam merek bisnis milikmu. Jika kamu belum mulai memanfaatkan pemasaran influencer, kamu harus melakukannya sekarang. Pemasaran melalui influencer pasti akan tumbuh semakin cepat dan besar di tahun-tahun mendatang.

Bergabung dengan OY! Bisnis

Influencer OY! Bisnis Jualan Online OY! Indonesia

Selain memilih influencer, menerima pembayaran online dengan aman sangat penting untuk bisnis. Oleh karena itu, memiliki sistem pembayaran yang aman akan membuat pelanggan dan klien merasa aman dan terdorong untuk melakukan transaksi dengan bisnis kamu.

Untuk mewujudkan hal tersebut, OY! Indonesia menghadirkan OY! Bisnis untuk memberikan kemudahan baik dalam mengirim dan menerima pembayaran online bagi bisnis kamu. OY! Bisnis memiliki fitur yang akan membantu kamu mengatur pembayaran bisnis melalui satu platform.

Segera daftarkan toko online milikmu dan dapatkan berbagai keuntungan dalam bertransaksi melalui fitur-fitur OY! Bisnis. #MOVEWITHOY

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023