Tips Aman Menggunakan e-Money

Luthfa
|
May 3, 2021

Tips Aman Menggunakan e-Money - Di era digital seperti sekarang ini, siapa sih yang nggak menggunakan electronic money atau e-Money? Penggunaan e-Money yang lebih praktis dan efisien membuat belanja jadi nggak ribet. Bahkan, e-Money juga dijadikan sebagai alat pembayaran tol dan transportasi umum.

Kalau saldo uang elektronik kamu habis pun, kamu bisa langsung mengisinya di beberapa minimarket atau pun melalui e-banking. Kemudahan inilah yang lantas membuat banyak orang beralih menggunakan e-Money. Namun, penggunaan e-Money juga nggak sepenuhnya efisien sebab e-Money mudah hilang atau diambil orang jika disimpan sembarangan.

Kalau sampai hilang, siapa pun bisa menggunakannya karena nggak ada bukti kepemilikan atau pengaman lain. Dengan risiko itulah, pengguna e-Money wajib mengetahui tips aman menggunakan e-Money berikut ini.

Ketahui dulu kelebihan dan kekurangan

tips aman menggunakan e-money

Sebelum menggunakan electronic money, sebaiknya ketahui dulu kelebihan dan kekurangannya. Pertimbangkan juga risiko dan benefit apa saja yang akan kamu dapatkan dari penggunaan e-Money. Dengan mengetahuinya, kamu jadi bisa mengantisipasi hal buruk yang bisa terjadi ketika sewaktu-waktu ketika menggunakan e-Money.

Isi saldo secukupnya

Kepraktisan uang elektronik memang bisa membuat seseorang menjadi ketergantungan. Jika sudah begini, kamu jadi harus punya saldo dengan jumlah yang sangat banyak. Padahal, mengisi saldo e-Money secara berlebihan nggak dianjurkan karena dapat menyebabkan seseorang jadi berperilaku konsumtif.

Selain untuk naik transportasi, e-Money juga bisa digunakan untuk berbelanja di supermarket, nggak heran kalau banyak orang jadi konsumtif saat mengetahui terdapat saldo di dalam e-Money milknya. Apalagi, e-Money nggak bisa dicairkan atau diuangkan sehingga kamu bisa tergoda untuk menghabiskan seluruh uang tersebut agar nggak ada saldo yang mengendap.

Selain itu, beberapa mesin e-Money belum berfungsi sempurna dan kemungkinan mengalami error. Misalnya, ketika membayar tol, kamu bisa membayar dua kali lipat akibat mesinnya error.

Hindari meminjamkan e-Money ke sembarang orang

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa e-Money nggak memiliki bukti kepemilikan sehingga bisa digunakan oleh siapa saja. Untuk itu, jangan pernah meminjamkan e-Money ke sembarang orang karena justru bisa disalahgunakan. Pastikan kamu hanya meminjamkannya kepada orang-orang terdekat, seperti keluarga atau kerabat.

Kamu juga harus hati-hati bila ada seseorang yang ingin meminjam e-Money di gerbang tol karena saldo e-Money habis. Bisa jadi, orang yang meminjam itu adalah penipu. Jika memang ingin meminjamkannya, sebaiknya turun dari mobil dan tunggu orang tersebut tepat di depan gerbang tol sehingga kamu bisa mengambil e-Money

Modifikasi kartu

tips aman menggunakan e-money

Jenis uang elektronik memang bermacam-macam, tapi khusus pengguna uang elektronik dalam bentuk kartu, kamu wajib untuk memodifikasi kartu e-Money milikmu. Tujuannya agar nggak tertukar dengan e-Money milik orang lain mengingat sejumlah kartu e-Money memiliki desain yang sama.

Saat ini, ada jasa custom kartu e-Money di pasaran. Kamu bisa manfaatkan layanan ini untuk mendapatkan desain kartu e-Money yang sesuai dengan keinginanmu. Atau, kamu juga bisa menempelkan sticker, tapi jangan terlalu banyak karena bisa jadi kartu e-Money kamu nggak terbaca di mesin e-Money.

Selalu ingat saldo

Nggak semua stasiun dan terminal transportasi umum menyediakan fasilitas cek saldo e-Money. Maka dari itu, mau nggak mau kamu harus mengingat betul berapa jumlah saldo yang ada di e-Money milikmu. Jika perlu, kamu buat catatan khusus untuk pengeluaran e-Money di smartphone.

Pengecekan saldo e-Money sebenarnya bisa dilakukan di sejumlah smartphone yang menyediakan fasilitas NFC. Dengan adanya fasilitas tersebut, kamu tinggal menempelkan e-Money milikmu di punggung smartphone, lalu smartphone pun secara otomatis akan membaca jumlah saldo yang tersisa di e-Money. Kemudian, saldo yang tersisa tersebut akan ditampilkan di layer smartphone kamu.

Namun, nggak semua smartphone punya fasilitas ini. Jadi, kamu harus tetap mengingat saldo terakhir yang ada di dalam e-Money supaya kamu bisa menggunakannya saat hendak menaiki transportasi umum atau saat membayar tol.Itu dia beberapa tips aman menggunakan e-Money. Perlu ditekankan bahwa tips ini bisa dilakukan oleh pengguna e-Money kartu karena e-Money berupa aplikasi akan memudahkan penggunanya dalam mengontrol setiap transaksi.

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023