Peran E-Wallet dalam Bisnis Digital

Luthfa
|
October 8, 2021

Di era digital yang semua transaksi telah dilakukan secara cashless memaksa masyarakat untuk beradaptasi dengan kemajuan teknologi saat ini. Transaksi yang dulu dilakukan dengan pembayaran tunai, kini beralih dengan cara yang lebih praktis, salah satunya dengan menggunakan e-wallet.

E-wallet atau dompet elektronik sejatinya merupakan bentuk financial technology yang menjadi alternatif pembayaran dengan memanfaatkan media internet. Aplikasi e-wallet juga bisa diunduh secara gratis di smartphone sehingga siapa saja bisa menggunakannya.

Kehadiran e-wallet sangat menguntungkan para pebisnis, terutama mereka yang memiliki bisnis online. Bahkan bisnis offline pun kini banyak yang menyediakan QR code untuk kemudian dipindai dengan menggunakan e-wallet.

Dengan e-wallet, pelanggan jadi memiliki metode pembayaran yang lebih variatif. Mereka pun jadi menyesuaikan metode pembayaran yang diinginkan dengan kebutuhan mereka.

Di Indonesia sendiri, terdapat berbagai penyedia layanan e-wallet, seperti Go-Pay, OVO, Dana, LinkAja, ShopeePay, dan masih banyak lagi.

Manfaat E-wallet untuk Pemilik Bisnis

Banyak manfaat yang akan didapatkan pebisnis dengan menyediakan metode pembyaran melalui e-wallet, antara lain:

1. Pembayaran yang lebih cepat

Jika transaksi tunai mengharuskan Anda untuk menyiapkan kembalian, berbeda dengan penggunaan e-wallet. Anda tidak perlu menyiapkan uang tunai untuk kembalian karena pembayaran dilakukan secara online dan otomatis.

Dikarenakan berbasis elektronik, Anda juga akan lebih mudah untuk mengecek transaksi yang berlangsung. Semua transaksi akan langsung tercatat di dalam sistem penyimpanan sehingga kamu bisa mengeceknya kapan saja Anda butuhkan.

2. Memberikan promo

Dengan menyediakan e-wallet sebagai salah satu metode pembayaran bisnis Anda, Anda tidak perlu pusing memikirkan promosi. Sebab, penyedia layanan e-wallet seringkali memberikan promo berupa diskon maupun cashback sehingga Anda hanya perlu memberikan info perihal promo tersebut kepada para pelanggan Anda.

3. Menghindari adanya uang palsu

Dengan e-wallet, pebisnis tentu dapat mengurangi tindak kejahatan peredaran uang palsu. Hal ini karena teknologi uang digital yang tersimpan dalam e-wallet terjamin aman dan masih sulit ditembus keamanannya.

Manfaat E-wallet untuk Pelanggan

Dari sisi pelanggan, terdapat beberapa keuntungan yang bisa mereka dapatkan dengan menggunakan e-wallet, di antaranya:

1. Memudahkan transaksi

E-wallet tidak hanya menguntungkan pebisnis, tapi juga pelanggan. Dengan pilihan e-wallet yang dihadirkan oleh penjual, pelanggan jadi tidak perlu repot dalam melakukan pembayaran.

Tinggal akses e-wallet yang ada di smartphone mereka, saldo e-wallet akan terpotong dan pembayaran langsung diproses. Pelanggan juga tidak perlu mengirimkan bukti pembayaran karena notifikasi akan langsung diterima oleh penjual secara otomatis.

2. Lebih aman

Selama akun e-wallet, serta password, dan kode OTP tidak disebar kepada pihak lain, e-wallet adalah sistem yang cukup aman dari pencurian dana. Bahkan pengguna e-wallet pun tidak perlu khawatir jika dompet tertinggal karena tetap bisa bertransaksi melalui dompet digital kapan saja.

3. Bisa melakukan berbagai transaksi

Fitur e-wallet yang bervariasi membuat layanan e-wallet semakin menguntungkan. Pelanggan dapat melakukan transaksi apa saja, baik untuk belanja, investasi, dan bayar tagihan.

Peran E-wallet dalam Bisnis Digital

Saat ini ada begitu banyak merchant di Indonesia yang menerima pembayaran dengan e-wallet. Jumlahnya pun akan terus meningkat seiring berjalannya waktu. Jika Anda tertarik menjalani bisnis online, Anda juga bisa dengan mudah menghadirkan dompet elektronik sebagai salah satu metode pembayarannya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Anda bisa menggunakan jasa payment gateway untuk membantu Anda dalam menyediakan metode pembayaran e-wallet. Saat ini ada begitu banyak payment gateway yang bisa Anda pilih, salah satunya OY! Bisnis.

Dengan bergabung di OY! Bisnis, Anda bisa menghadirkan berbagai metode pembayaran yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Dengan begini, pelanggan jadi merasa nyaman saat berbelanja di toko online Anda.

Menarik banget, kan? Tunggu apalagi, yuk bergabung dengan OY! Bisnis sekarang dan nikmati kemudahan terima pembayaran!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang