5 Sumber Pinjaman Modal Usaha UMKM

Shafira
|
December 14, 2021

5 Sumber Pinjaman Modal Usaha UMKM - Mencari pinjaman modal usaha untuk bisnis UMKM merupakan suatu tantangan besar bagi siapa pun yang ingin mencoba terjun ke dunia usaha. Bisnis UMKM seringkali membutuhkan modal untuk tumbuh. Pendanaan modal ini bisa berasal dari berbagai sumber. 

Namun sebelum kamu mulai mencari pinjaman modal usaha, kamu harus memiliki rencana bisnis yang solid dengan garis besar yang jelas tentang bagaimana kamu berencana untuk menggunakan dana modal tersebut.

Ada beberapa sumber pinjaman modal usaha untuk kamu yang baru akan memulai bisnis UMKM. Simak artikel di bawah ini.

Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Pinjaman Modal UMKM OY Bisnis

Kredit Tanpa Agunan adalah kredit perorangan tanpa agunan dari bank untuk berbagai keperluan, yang diberikan kepada calon debitur yang memenuhi persyaratan. KTA ini menjadi solusi instan bagi nasabah yang membutuhkan dana cepat. 

Selain prosesnya yang mudah, KTA memiliki berbagai kelebihan seperti cicilan ringan, syarat mudah, dan bunga rendah. Hanya dengan menyerahkan syarat-syarat yang diperlukan, kamu dapat langsung mengajukan aplikasi untuk pinjaman KTA.

Angel Investor

Pinjaman Modal UMKM OY Bisnis

Menemukan angel investor bukanlah tugas yang mudah, tetapi upaya tersebut akan benar-benar terbayar ketika kamu berhasil menemukan angel investor yang bersedia berinvestasi dalam bisnis UMKM milikmu. Selain menyediakan modal yang dibutuhkan bisnis UMKM, saran dan pengetahuan dari seorang angel investor dapat menjadi kunci untuk membentuk kesuksesan bisnis UMKM.

Angel investor mencari perusahaan dengan potensi pertumbuhan dan ekspor. Mereka memahami bahwa mungkin diperlukan beberapa tahun sebelum investasi mereka membuahkan hasil - meskipun mereka juga mengharapkan kompensasi yang baik untuk risiko yang telah diambil oleh mereka. Untuk menemukan angel investor, kamu perlu mengenal orang yang tepat (orang yang dapat merujuk kamu kepada angel investor), yang berarti kamu perlu membenamkan diri dalam komunitas bisnis lokal dan sosial.


Kredit Usaha Rakyat

Pinjaman Modal UMKM OY Bisnis

Kredit Usaha Rakyat atau KUR merupakan program yang diluncurkan pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan penyaluran dana usaha guna memberdayakan bisnis UMKM di Indonesia. 

Dana usaha yang disalurkan berbentuk pinjaman bank yang dapat dilunasi dengan model cicilan berdasarkan bunga yang telah disepakati dalam jangka waktu tertentu. KUR tidak hanya bersifat sebagai program permodalan bisnis UMKM, namun juga memiliki upaya untuk meningkatkan sektor riil serta memberdayakan bisnis UMKM.

Pinjaman Melalui Perusahaan Multifinance

Pinjaman Modal UMKM OY Bisnis

Proses atau cara kerja perusahaan multifinance terbilang mirip dengan proses yang ada di bank. Tahap pertama setelah pengajuan pinjaman sudah dilakukan adalah pihak multifinance akan melakukan analisa atas pengajuan kredit calon nasabah yang akan menghasilkan skor kredit. 

Setelah itu, apabila skor kredit telah didapat dan calon nasabah dinyatakan diperbolehkan untuk diberikan pinjaman, calon nasabah dapat meminjam dana dan harus membayar pinjaman dengan sistem angsuran berikut dengan bunga yang telah disetujui sesuai produk pembiayaan yang dipilih dan sesuai tenor waktu yang disepakati.

Pinjaman Melalui Peer to Peer Lending (P2P Lending)

Pinjaman Modal UMKM OY Bisnis

Dalam konsep peer-to-peer lending, ada dua peran yaitu peminjam atau pendana yang memberi pinjaman. Kedua peran tersebut memiliki peran dan manfaat untuk hal finansial. P2P Lending akan menghubungkan pendana dengan peminjam dana secara online. Setiap orang bisa memberikan atau mengajukan pinjaman uang kepada siapa saja dengan berbagai tujuan saat menggunakan P2P lending.

Metode ini membantu mempertemukan pihak peminjam dengan pihak pendana tanpa menggunakan jasa dari lembaga perbankan. Sistem P2P dapat menjadi alternatif kegiatan pinjam-meminjam uang yang prosesnya tidak sekompleks pinjaman melalui lembaga resmi seperti bank dan jasa kredit. Peminjaman uang dapat dilakukan dengan sesama pengguna sistem P2P yang artinya peer-to-peer.

Tingkatkan Performa Pembayaran Bisnis UMKM dengan OY! Bisnis

Pinjaman Modal UMKM OY Bisnis

OY! Bisnis hadir untuk memberikan kemudahan baik dalam mengirim maupun menerima pembayaran bisnis kamu. Sebagai sistem pembayaran di Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan performa UMKM, kami menghadirkan berbagai fitur dan layanan pembayaran bisnis yang dapat membantu usaha UMKM milikmu meningkatkan performa pembayaran.

Segera daftarkan UMKM milikmu di OY! Bisnis dan dapatkan berbagai keuntungan dalam bertransaksi melalui fitur-fitur OY! Bisnis. #MOVEWITHOY

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023