Layanan Kirim Uang ke Luar Negeri dari Indonesia

Shafira
|
May 3, 2021

Kirim uang ke luar negeri menjadi semakin mudah dengan berbagai layanan pengiriman uang ke luar negeri yang hadir di Indonesia. Layanan ini disebut sebagai remittance atau remitansi.

Remitansi merupakan bentuk jasa pengiriman valuta asing yang dilakukan oleh lembaga keuangan seperti bank maupun lembaga non-bank.Remitansi bersifat umum, yakni semua orang dapat mengakses layanan tersebut tanpa perlu menjadi nasabah. Transfer uang menggunakan layanan remitansi memiliki alur yang berbeda dari transfer bank pada umumnya. Pengiriman uang yang dilakukan melibatkan bank internasional sehingga proses remitansi cukup memakan waktu.

Terdapat dua bentuk remitansi, yaitu Remitansi Keluar (Outward Remittance) dan Remitansi Masuk (Inward Remittance). Remitansi Keluar adalah pengiriman uang yang dilakukan dari Indonesia menuju ke luar negeri dengan mata uang asing. Sementara Remitansi Masuk merupakan pengiriman uang yang dilakukan dari luar negeri dengan jumlah tertentu dan menggunakan mata uang asing.

Nah, terdapat beberapa layanan kirim uang luar negeri yang bisa kamu gunakan. Simak uraian di bawah ini!

Western Union

Layanan Kirim Uang Ke Luar Negeri dan Indonesia Western Union

Kamu mungkin sudah nggak asing dengan salah satu layanan remitansi yang bernama Western Union ini. Western Union merupakan layanan pengiriman uang yang populer digunakan oleh masyarakat dari seluruh penjuru dunia. Layanan ini memiliki jangkauan yang sangat luas dengan tersebarnya berbagai cabang di penjuru dunia. Western Union juga mematok biaya pengiriman yang relatif murah dan dapat melakukan pengiriman uang tanpa perlu rekening.

Untuk melakukan transfer melalui Western Union, kamu harus datang ke agen Western Union terdekat dari lokasimu. Jangan lupa untuk membawa identitas diri yang masih berlaku seperti KTP, SIM, atau Paspor. Setelah tiba di agen Western Union, kamu harus melengkapi formulir pengiriman yang diberikan. Setelah mengisi seluruh data yang dibutuhkan secara benar dan lengkap, kamu hanya perlu menyerahkan dana yang ingin dikirimkan sekaligus membayarkan biaya pengiriman.

Bank ke Bank

Saat ini banyak bank di Indonesia yang turut menyediakan layanan pengiriman uang ke luar negeri. Contohnya, Bank BCA memiliki layanan remitansi Fire Cash, Bank BNI memiliki layanan remitansi Wesel BNI, dan Bank Mandiri memiliki layanan remitansi Outgoing Transfer.

Yang kamu butuhkan untuk melakukan pengiriman uang ke luar negeri lewat bank adalah nomor rekening penerima uang dan data diri milikmu. Kamu juga perlu memperhatikan kurs valuta asing agar kamu dapat memperkirakan uang yang harus disiapkan.

Setelah itu, kamu dapat mengunjungi kantor cabang bank terdekat untuk mengisi formulir pengiriman uang. Isi formulir dengan data yang sesuai dan benar. Jika ada kolom yang nggak kamu mengerti, kamu dapat menanyakan ke pihak bank.

Kamu juga dapat menanyakan kepada pihak bank mengenai biaya transfer yang harus kamu bayar. Setelah transaksi selesai, bukti transaksi harus kamu simpan dengan baik sampai proses remitansi selesai.

ATM

Kamu juga dapat mengirim uang ke luar negeri melalui ATM lho. Tetapi sebelum melakukan pengiriman, kamu membutuhkan kode SWIFT. Apa itu kode SWIFT Bank? Kode SWIFT Bank merupakan kode unik yang terdiri dari beberapa huruf untuk melakukan transaksi transfer uang dari luar negeri ke dalam negeri dan juga berlaku sebaliknya.

Kode SWIFT Bank bisa didapatkan dari pihak bank yang akan kamu gunakan untuk mengirim uang ke luar negeri. Selalu perhatikan nominal uang yang akan dikirim, nomor rekening bank tujuan, nomor referensi pengiriman (bila ada), dan kode SWIFT Bank yang kamu masukkan.

Bila terjadi kesalahan input, maka transaksi akan gagal. Setelah transaksi selesai, harap simpan bukti transfer dengan baik. Bukti transfer ini akan berguna bila terjadi suatu kendala dalam transaksi yang sudah dilakukan.

Pos Indonesia

Layanan Kirim Uang ke Luar Negeri dari Indonesia Pos Indonesia

Pos Indonesia juga memiliki layanan remitansi yang disebut sebagai Weselpos. Weselpos dapat digunakan untuk pengiriman dan pencairan uang secara Domestik (nasional) dan Luar Negeri (internasional). Jaringan Kantor Pos tersebar di seluruh Indonesia sehingga memungkinkan masyarakat untuk melakukan remitansi dengan mudah.

Saat ini terdapat berbagai layanan remitansi internasional yang bekerja sama dengan layanan Weselpos Kantor Pos Indonesia, yakni:

  • Western Union
  • MoneyGram
  • Transfast
  • RIA Money Transfer
  • Mitra BCA melalui Fire Cash
  • Mitra melalui Wesel PIN BNI.

Weselpos dapat mengirimkan uang ke luar negeri tanpa potongan dan biaya tambahan apa pun. Uang yang dikirim akan tetap utuh. Pengirim uang dapat menyetorkan uang secara langsung ke rekening bank penerima melalui layanan Weselpos Cash to Account. Remitansi yang dilakukan oleh Pos Indonesia berdasarkan prinsip-prinsip remitansi internasional yang berlaku untuk meningkatkan keamanan transaksi.

MoneyGram

Layanan Kirim Uang ke Luar Negeri dari Indonesia MoneyGram

Selain Western Union, MoneyGram merupakan salah satu sarana pengiriman uang antar negara. MoneyGram dapat digunakan untuk pengiriman uang dengan tujuan lebih dari 200 negara dengan sekitar 350.000 lokasi agen di seluruh dunia. Saat ini, MoneyGram telah memiliki lebih dari 2.500 agen di seluruh Indonesia, termasuk di Pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

Transaksi dengan MoneyGram dinilai lebih cepat karena hanya membutuhkan beberapa menit saja untuk melakukan pengiriman. Kiriman MoneyGram dapat dicairkan di bank-bank yang terpilih dan nggak dapat ditujukan ke rekening lain karena Moneygram telah bekerja sama dengan 400 bank di seluruh dunia.

Salah satu bank yang bekerja sama dengan MoneyGram adalah Bank BCA. Bank BCA memiliki layanan remitansi Fire Cash yang bekerja sama dengan MoneyGram. Penerima dapat mencairkan uang melalui agen MoneyGram dan kantor cabang Bank BCA. Uang akan diterima di agen MoneyGram tanpa potongan apapun. Hal ini dikarenakan biaya pengiriman hanya dibebankan pada pengirim.

Sekarang, kirim uang ke luar negeri bukanlah hal yang rumit. Terdapat berbagai layanan remitansi yang akan membantumu untuk melakukan pengiriman uang ke luar negeri. Saat ini OY! juga menyediakan layanan remitansi lho! Kamu dapat mengirim uang ke 12 negara yaitu Inggris, Prancis, Belanda, China, Korea Selatan, India, Vietnam, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Australia.

OY! juga memiliki rate biaya kirim uang ke luar negeri yang murah dari aplikasi yang lain. Setiap transaksi akan dikenakan biaya Rp50.000, terkecuali ke China, kamu akan dikenai Rp89.000. Cukup dengan satu aplikasi, kamu nggak perlu ribet lagi untuk melakukan transaksi. Unduh aplikasi OY! sekarang untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023