Konsep e-Wallet: Solusi Menyimpan Uang yang Praktis

Atia Nadira
|
May 3, 2021

Teknologi sudah semakin canggih di era digital seperti sekarang. Sudah banyak sekali alternatif yang dibuat untuk memudahkan masyarakat, misalnya e-Wallet. Nah, kamu harus tahu nih tentang konsep e-Wallet yang sangat bermanfaat.

Penting loh menggunakan e-Wallet di era di mana semuanya sudah serba praktis seperti sekarang demi keamanan uang kamu. Kalau kamu pakai e-Wallet, kamu jadi bisa menyimpan uang secara online dan nggak cuma mengandalkan dompet saja yang bisa hilang tanpa disadari.

Jadi, bagaimana sih konsep e-Wallet? Simak terus artikel ini ya!

Bagaimana Konsep e-Wallet?

Mengenal Konsep e-Wallet

Dompet elektronik atau e-Wallet adalah salah satu bentuk financial technology (fintech) yang menjadi alternatif metode pembayaran dengan menggunakan internet.

Seperti namanya, konsep e-Wallet adalah untuk menyimpan uang yang digunakan untuk transaksi secara online atau offline dengan menggunakan QR code.

Nah, e-Wallet ini berbasis aplikasi di smartphone sehingga lebih praktis dibandingkan menyimpan uang di dompet biasa. Pemakaian e-Wallet memungkinkan kamu untuk melakukan pembayaran berbagai kebutuhan hanya dengan menggunakan smartphone kamu. 

Bagaimana Cara Kerja e-Wallet?

Cara Kerja e-Wallet

Setelah mengetahui arti dari e-Wallet, kamu juga perlu tahu nih bagaimana sistem transaksi e-Wallet bekerja.

Pada dasarnya, konsep e-Wallet cukup sederhana dan praktis. Dengan memiliki akun dan melakukan top up atau pengisian saldo, kamu dapat melakukan pembayaran di mana pun dan kapan pun.

Selain itu, e-Wallet juga memungkinkan pengguna yang telah terdaftar untuk melakukan pembayaran secara online. Pengguna e-Wallet dapat menerima atau mengirim uang hanya dengan mencantumkan nomor telepon yang akan dituju.

Jika kamu melakukan pembayaran secara offline, kamu bisa scan QR code menggunakan smartphone kamu.

Apa Saja Keuntungan yang Bisa Didapat dari e-Wallet?

Selain pembayaran menjadi lebih praktis dan efisien, ada banyak keuntungan lain dari penggunaan e-Wallet loh. Kira-kira apa saja ya?

1. Lebih Aman dan Nyaman

Menggunakan e-Wallet Lebih Aman dan Nyaman

Kalau dompet kamu hilang, otomatis kamu akan kehilangan kartu SIM, KTP, ATM, kartu kredit, dan uang. Jika smartphone kamu yang hilang, saldo e-Wallet kamu belum tentu hilang karena hampir semua aplikasi e-Wallet menggunakan QR Payment yang mengharuskan pemilik untuk mengetik PIN transaksi terlebih dahulu untuk melakukan pembayaran.

Pakai e-Wallet kan sangat mudah dan praktis, gimana sih caranya supaya nggak boros? OY! punya cara bijak pakai e-Wallet nih supaya kamu bisa mengatur penggunaan e-Wallet kamu!

2. Transaksi Cepat dan Praktis

Transaksi Cepat dan Praktis

Mulai dari bayar belanjaan online, tiket bioskop, pesan makanan sampai bayar tagihan listrik atau air, kamu bisa langsung bayar saat itu juga jika smartphone kamu terakses internet. Tinggal akses e-Wallet kamu aja! Praktis, kan?

3. Top Up Saldo Praktis

Top Up Saldo Praktis

Selain isi saldo dari mobile banking atau ATM, lewat e-Wallet kamu juga bisa top up saldo secara offline di berbagai toko seperti Alfamart, Indomaret, Hypermart. Jadi, kalau kamu pakai e-Wallet berarti kamu tidak harus punya rekening bank dulu, dan kamu bisa pakai aplikasi e-Wallet sesuai aturan dan cara pakainya.

Mau tahu cara top up e-Wallet lewat ATM atau mobile banking? OY! punya caranya loh!

4. Mempermudah Pencatatan Transaksi

e-Wallet Mempermudah Catatan Transaksi

Karena e-Wallet berbasis elektronik, kamu juga akan lebih mudah melihat berapa pengeluaran harian kamu. Sistem e-Wallet akan mencatat seluruh transaksi yang telah kamu lakukan secara lengkap.

Kamu tinggal akses e-Wallet di smartphone kamu kapan dan di mana saja untuk melihat catatan transaksi kamu. Nah, kehidupan finansialmu jadi lebih teratur, kan?

5. Banyak Promo dan Diskon

Promo dan Diskon dengan e-Wallet

Bukan cuma kartu kredit saja yang bisa memanjakan nasabahnya dengan berbagai promo dan diskon. Aplikasi e-Wallet juga bisa memberikan hal yang sama untuk para penggunanya loh.

Mulai dari point reward, cashback besar-besaran, dan masih banyak lagi. Apalagi biasanya ada program diskon lainnya pas awal bulan, kan?

Nah, banyak kan keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika kamu pakai e-Wallet? Yuk pakai e-Wallet!

Lewat OY! kamu bisa top up e-Wallet secara gratis loh. Tunggu apa lagi, download aplikasi OY! sekarang!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023