Kenali Taktik Penipuan yang Mengatasnamakan OY! Indonesia

Muthia
|
January 23, 2024

Di tengah era teknologi yang kini merajai segala aspek kehidupan, keamanan finansial merupakan hal yang tidak terelakkan. Meski pada praktiknya, semakin banyak pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan platform finansial untuk merugikan pihak lain. 

OY! Indonesia, yang merupakan bagian dari entitas PT. Dompet Harapan Bangsa (DHB) sebagai penyedia solusi layanan keuangan dari bisnis ke bisnis telah berjalan dengan memperoleh lisensi resmi dari Bank Indonesia serta beroperasi di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), menemukan terdapat berbagai macam taktik penipuan yang seringkali mengatasnamakan OY! Indonesia sebagai platform pinjaman online (pinjol). Sementara berbeda dengan pinjol, OY! hadir untuk menjadi mitra pembayaran terpercaya dalam memenuhi bisnis Anda.

OY! Indonesia Bermasalah? Kenali Taktik Penipuan yang Mengatasnamakan OY!

Melalui artikel ini, mari bersama-sama kenali taktik penipuan yang mengatasnamakan OY! Indonesia sebagai bentuk upaya preventif dalam menjaga keuangan Anda.

Kasus Penipuan Mengatasnamakan OY! Indonesia yang Seringkali Ditemui

Meski OY! telah memegang komitmen pada keamanan, sayangnya terdapat pihak-pihak tidak bertanggung jawab seringkali memanfaatkan nama kami dalam praktik tindak penipuan dengan mengatasnamakan OY! Indonesia sebagai platform pinjol. 

Umumnya, korban menerima pesan dari nomor yang tidak dikenal dengan mengatasnamakan OY! untuk menawarkan jasa pinjol sejumlah nominal yang ditentukan dan memberikan perintah kepada korban untuk melakukan pengiriman dana. Selain itu, terdapat pula penawaran jasa pinjol dengan memberikan tautan pembayaran untuk diselesaikan. Dengan iming-iming akses yang cepat, korban seakan dapat dengan mudah menerima pinjol sesuai dengan jumlah yang telah disebutkan.

Bertransaksi Aman Menggunakan OY!

Apakah Aman Menggunakan OY!?

Keamanan merupakan inti dari layanan kami. OY! telah melengkapi layanan dengan sistem canggih untuk melindungi data serta transaksi bisnis Anda. Dengan memiliki keamanan dengan sistem persetujuan berlapis (multilayer approval) dapat membantu Anda menjaga keamanan dalam bertransaksi senyaman mungkin. Meski demikian, kami juga tetap menghimbau Anda untuk waspada apabila menerima segala bentuk tindakan mencurigakan. 

Sebab dalam prosesnya, OY! yang merupakan bagian dari PT. DHB hanya menjadi perantara setiap pengirim dan penerima transaksi yang berlangsung. Apabila Anda mendapatkan perintah untuk melakukan transaksi kepada PT. DHB, hal tersebut tidak menandakan bahwa dana yang Anda transfer diterima oleh pihak OY! Indonesia, melainkan dana akan secara langsung diteruskan kepada penerima transfer yang Anda tuju. Oleh karenanya, kami selalu menghimbau Anda untuk selalu melakukan verifikasi transaksi yang sedang berlangsung.

Cara Kerja Regulasi Pinjol di Indonesia

Regulasi Pinjaman Online di Indonesia

Ada pun regulasi di sektor pinjaman online di Indonesia semakin ketat, di mana hal ini merupakan langkah yang positif. Dengan adanya regulasi yang ketat, masyarakat diharapkan dapat terhindar dari praktik pinjaman ilegal serta penipuan. Dilansir dari CBC (2024), artikel memaparkan bahwa Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah memperbarui regulasi pinjaman online per tahun 2024 dengan menetapkan debitur yang dimaksimalkan untuk menggunakan platform pinjol sejumlah 3 aplikasi dengan tujuan agar pengguna dapat melakukan pengembalian dana tanpa harus melakukan gali tutup lobang pada pinjol. 

Selain itu, dipaparkan juga bahwa terdapat batasan waktu penagihan dari penyelenggara kepada debitur hanya sampai jam 20:00 WIB, para penyelenggara bertanggung jawab atas proses penagihan sesuai dengan kontrak yang telah disepakati. Dengan merujuk pada regulasi ini, Anda dapat lebih mudah mengidentifikasikan potensi penipuan. Bersamaan dengan hal ini, OY! mendukung sepenuhnya upaya para regulator dalam menciptakan ekosistem bisnis yang aman dan terpercaya untuk para pengguna.

Isu Penipuan OY! Indonesia, Transaksi Aman dengan OY!

Keamanan Finansial: Kunci Utama di Era Digital

Dalam dunia teknologi yang terus berkembang, penting bagi kita untuk menjaga informasi keuangan dengan cermat. Dengan teknologi yang terus membawa kemudahan, namun hal tersebut juga membawa risiko yang tinggi di tengah masyarakat. Karenanya, melindungi keuangan merupakan langkah penting dalam mewujudkan finansial yang lebih aman. 

Apabila Anda mengalami pengalaman serupa seperti tindakan penipuan dengan mengatasnamakan OY! Indonesia sebagai platform pinjaman online dari nomor yang tidak Anda kenal, jangan ragu untuk melakukan verifikasi terlebih dahulu mengenai nomor pengirim hingga transaksi yang ditujukan. Selain itu, Anda juga dapat dengan mudah melakukan pelaporan melalui situs resmi OY! Indonesia. Dengan melakukan pelaporan melalui situs resmi OY! Indonesia, kami akan membantu Anda dalam mengedukasi hingga menjaga keamanan dana Anda untuk mencegah potensi penipuan yang beredar. 

Sumber:

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023