Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Dompet Digital

Atia Nadira
|
May 3, 2021

Seiring dengan berkembangnya teknologi finansial, berbagai inovasi telah diciptakan dengan tujuan untuk menyediakan alternatif baru bagi masyarakat dalam bertransaksi. Salah satu inovasi yang terbukti mampu memudahkan kehidupan masyarakat adalah dompet digital atau yang dikenal dengan sebutan e-Wallet.

Kehadiran dompet digital telah berhasil membantu masyarakat dalam melakukan pembayaran. Dompet digital memungkinkan penggunanya untuk bertransaksi tanpa harus pergi ke bank atau ATM. Tentunya hal ini akan membuat proses transaksi menjadi lebih efisien.

Jika kamu tertarik untuk menggunakan dompet digital, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu. Apa saja hal-hal yang perlu diketahui tentang dompet digital? Yuk, simak ulasannya di artikel OY! berikut ini!

Pengertian Dompet Digital

Dompet Digital

Hal pertama yang perlu kamu ketahui tentang dompet digital adalah pengertian dari dompet digital itu sendiri. Lantas, apa itu dompet digital?

Dompet digital (e-Wallet) adalah aplikasi elektronik yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai macam pembayaran atau transaksi secara online. Berdasarkan Peraturan Bank Indonesia, dompet digital atau dompet elektronik merupakan layanan elektronik untuk menyimpan data instrumen pembayaran, antara lain alat pembayaran dengan menggunakan kartu dan/atau uang elektronik untuk menampung dana dan melakukan pembayaran. 

Seiring berjalannya waktu, dompet digital kian populer di kalangan masyarakat. Aplikasi ini menyediakan cara yang aman bagi para pengguna internet untuk menyimpan dan menggunakan informasi berbelanja secara online.

Bagaimana konsep dari e-Wallet? Kenali konsepnya di tautan ini.

Penggunaan dompet digital dapat memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya karena aplikasi ini memiliki banyak fungsi. Nah, apa saja fungsi dari dompet digital? Perhatikan ulasannya di bawah ini!

Fungsi dari Dompet Digital

Fungsi Dompet Digital

Dompet digital memiliki beberapa keunggulan dan fungsi yang nggak dimiliki oleh dompet biasa. Dengan menggunakan dompet digital, kamu bisa melakukan lebih banyak hal selain menyimpan uang saja.

Ketika seseorang menggunakan e-wallet, orang tersebut mampu menyimpan uang dalam bentuk saldo yang nantinya bisa langsung dipakai untuk melakukan transaksi secara online melalui smartphone. Fungsi dompet digital ini sangat mirip dengan kartu kredit atau kartu debit, yaitu pembayaran yang dilakukan secara non-tunai atau cashless.

Ingin tahu cara isi saldo dompet digital? Ketahui caranya di sini.

Semakin hari, penggunaan E-Wallet memungkinkan penggunanya untuk melakukan berbagai transaksi. Transaksi yang dapat dilakukan di antaranya adalah membeli makanan, membayar tagihan, hingga membayar belanjaan online.

Selain fungsinya yang bervariasi, banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan melalui penggunaan dompet digital. Penasaran apa saja keuntungannya? Telusuri penjelasannya berikut ini!

Kelebihan dari Dompet Digital

Kelebihan dari e-Wallet

Jika dibandingkan dengan transaksi konvensional yang masih dilakukan dengan uang tunai, aplikasi dompet digital menawarkan lebih banyak kemudahan yang dapat dirasakan oleh masyarakat. Berikut keuntungan-keuntungan dari penggunaan dompet digital.

1. Proses Transaksi yang Mudah dan Praktis

Dengan menggunakan dompet digital, kamu nggak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak saat hendak melakukan transaksi. Kamu hanya perlu mengisi saldo yang cukup pada aplikasi dompet digital di smartphone kamu. 

Aplikasi e-Wallet bisa kamu unduh terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi. Setelah itu, kamu bebas melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja melalui aplikasi tersebut. Mudah dan praktis sekali, kan?

2. Sistem Keamanan yang Optimal

Jangan khawatir! Kamu nggak perlu meragukan dompet digital karena sistem keamanannya sangat ketat dan terjaga. Untuk mengakses suatu akun dompet digital, ada beberapa verifikasi yang harus dilakukan.

Pengguna dompet digital akan diminta untuk melakukan pemindaian QR Code atau mengisi One Time Password (OTP) setiap kali ingin melakukan transaksi. Langkah tersebut dilakukan sebagai verifikasi untuk menghindari penyalahgunaan aplikasi tersebut oleh orang lain.

3. Semua Riwayat Transaksi Tercatat secara Otomatis                    

Jika kamu menggunakan dompet digital, seluruh riwayat transaksi yang telah kamu lakukan akan tercatat secara otomatis di akun e-Wallet kamu. Jadi, kamu dapat dengan mudah melihat dan memantau transaksi apa saja yang sudah kamu lakukan sebelumnya.

4. Banyak Promo dan Diskon Menarik

Kelebihan lainnya yang bisa dinikmati ketika menggunakan dompet digital adalah banyaknya promo dan diskon. Faktanya, nggak sedikit perusahaan e-Wallet yang memberikan promo-promo menarik.

Promo dan diskon yang ditawarkan sangat bervariasi, mulai dari diskon pembayaran hingga cashback yang memungkinkan pembayaran tagihan dengan harga yang lebih terjangkau. Hal ini pastinya akan sangat menguntungkan bagi para pengguna dompet digital.

Nah, itulah beberapa kelebihan dari dompet digital. Semua yang memiliki kelebihan pasti juga memiliki kekurangan, begitu pula dengan dompet digital. Kira-kira apa saja kekurangan dari dompet digital? Simak pembahasannya di bawah ini!

Kekurangan dari Dompet Digital

Selain mengetahui tentang kelebihan dari dompet digital, kamu juga wajib tahu apa saja kekurangan dari dompet digital untuk bisa kenal lebih jauh tentang instrumen pembayaran ini. Berikut beberapa kekurangan dari dompet digital.

1. Menjadi Lebih Konsumtif

Berbeda dengan uang tunai yang akan terlihat saat berkurang, pengurangan uang yang disimpan di dompet digital bisa terjadi tanpa disadari karena uang disimpan dalam bentuk saldo yang tak terlihat secara fisik. Jika kamu nggak rajin memeriksa jumlah saldo e-Wallet kamu, kamu bisa boros loh!

Mau tahu cara bijak menggunakan dompet digital agar nggak boros? Klik tautan ini.

2. Ada Biaya Transaksi

Beberapa e-Wallet masih memberikan beban biaya administrasi untuk setiap transaksinya. Jumlah nominal biaya transaksi yang dikenakan berbeda-beda tergantung aplikasi e-Wallet yang digunakan.

Sekian penjelasan tentang dompet digital yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan tentang aplikasi pembayaran digital ini ya!

Ingin top up e-Wallet dengan mudah dan praktis? Pakai aplikasi OY! Indonesia saja! Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan melalui penggunaan aplikasi ini.

Top Up e-Wallet dengan Mudah Melalui Aplikasi OY! Indonesia

Transfer Antar Bank Gratis dengan OY! Plus

Aplikasi OY! Indonesia telah menghadirkan berbagai fitur yang penuh dengan keuntungan. Kamu bisa melakukan berbagai macam pembayaran dengan praktis dan mudah melalui aplikasi ini, termasuk pengisian saldo e-Wallet atau top up e-Wallet.

Top up melalui aplikasi OY! Indonesia gampang banget dan dijamin nggak bakalan bikin kamu bingung. Kamu tinggal mengikuti petunjuk pembayaran yang sudah tertera secara jelas di aplikasi tersebut.

Kamu bisa top up saldo e-Wallet kamu melalui aplikasi OY! Indonesia di mana saja dan kapan saja, sesuai dengan kebutuhan kamu. Selain itu, kamu nggak akan dibebani biaya administrasi apa pun. Menguntungan sekali, kan?

Tunggu apa lagi? Download aplikasi OY! Indonesia sekarang untuk menikmati keuntungan ini! Be Smart, Be OY!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023