Cara Jualan di TikTok agar Banjir Orderan

Atia Tobing
|
January 14, 2022

Cara Jualan di TikTok agar Banjir Orderan - Kemajuan teknologi yang kian progresif di era digital ternyata mampu mengancam para pemilik bisnis, loh. Bayangkan saja, kehadiran internet dan gadget yang serba canggih memungkinkan para pengusaha dalam memasarkan dan menjual produk atau jasa secara inovatif dan kreatif! 

Kini, media sosial merupakan platform jualan online yang paling diandalkan karena caranya yang praktis serta jumlah penggunanya yang banyak, terutama TikTok. Cara jualan di TikTok wajib dicoba oleh setiap pemilik bisnis jika ingin mulai berbisnis secara daring.

Bagi kamu yang memiliki bisnis dan ingin mencoba berjualan di TikTok, jangan langsung bertindak tanpa persiapan, ya! Ada beberapa cara jualan di TikTok yang telah kami rangkum untuk kamu agar banjir orderan!

Lantas, bagaimana cara jualan di TikTok agar banjir orderan? Ketahui selengkapnya di artikel OY! berikut ini!

Platform Jualan Online Kekinian: TikTok

cara jualan di tiktok

Tidak bisa dimungkiri bahwa media sosial telah menjadi salah satu alat yang paling ampuh untuk memasarkan bisnis dengan cepat di era digital seperti sekarang. Saat ini, platform media sosial yang digunakan untuk bisnis bukan hanya Instagram dan Facebook saja, tetapi aplikasi yang kini sedang naik daun di kalangan masyarakat, yaitu TikTok.

TikTok dapat dikatakan sebagai platform media sosial yang cukup menjanjikan untuk mengembangkan dan memasarkan bisnis, mengingat semakin banyak penggunanya. Cara jualan di TikTok pun mudah dan praktis, yaitu mengunggah berbagai video konten yang mempromosikan produk atau jasa kepada masyarakat secara luas.

Jika ide konten TikTok yang kamu buat menarik dan unik, bisnis tentunya kamu bisa viral! Namun, walaupun bisnis tidak viral, kamu setidaknya akan dimudahkan dalam menentukan target konsumen secara spesifik yang berujung pada banjir orderan dari para pengguna TikTok. Menguntungkan sekali, kan?

Nah, setelah membahas tentang TikTok sebagai platform jualan online kekinian, mari kita bahas cara jualan di TikTok agar bisa banjir orderan. Simak cara-caranya pada ulasan di bawah ini!

5 Cara Jualan di TikTok agar Banjir Orderan

Menjadi seorang content creator di TikTok pastinya tidak semudah yang dibayangkan. Banyak strategi dan cara jualan di TikTok yang perlu kamu terapkan, pahami, dan persiapkan.

Berikut 5 cara jualan di TikTok agar banjir orderan!

Gunakan Akun Bisnis di Aplikasi TikTok

cara jualan di tiktok

Sebelum mengetahui cara jualan di TikTok, hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah menggunakan akun bisnis di aplikasi TikTok. Mengapa demikian?

Hal ini penting untuk dilakukan agar bisnis kamu terlihat lebih profesional dan terpercaya. Jika kamu belum tahu cara menggunakan akun bisnis di TikTok, berikut tahap pembuatan akun bisnis di TikTok:


  • Unduh aplikasi TikTok di Google Play untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iOS;
  • Daftar akun menggunakan data bisnis, seperti email, nama akun sesuai dengan nama toko, dan lain-lain;
  • Alihkan ke akun bisnis dengan cara: klik ‘Saya’, klik tanda titik tiga yang berada di pojok atas, klik ‘Kelola Akun Saya’, dan klik ‘Alihkan ke Akun Bisnis’;
  • Pilih kategori bisnis yang sesuai dengan bisnis kamu;
  • Edit profil, mulai dari memasang foto akun yang menunjukkan profil bisnis kamu serta mengisi bio dengan keterangan bisnis secara lengkap dan menarik.
  • Tambahkan link jualan kamu platform yang tersedia, misalnya e-Commerce atau cantumkan kontak bisnis kamu agar calon pelanggan bisa menghubungi kamu dengan mudah.

Buat Konten TikTok yang Kreatif agar Masuk FYP

cara jualan di tiktok

Cara jualan di TikTok yang paling utama adalah membuat konten TikTok yang kreatif secara konsisten agar bisa masuk FYP. Sebagai informasi, FYP atau For You Page (FYP) merupakan fitur TikTok yang memungkinkan setiap orang untuk menonton video dari pengguna lainnya yang telah direkomendasikan untuk mereka. 

Video dengan ide konten TikTok yang berhasil masuk ke FYP bisa dikatakan menarik atau bermanfaat sehingga video tersebut ditampilkan ke para pengguna TikTok. Memang, mengunggah video dengan kualitas standar mungkin ada saja yang menonton, namun perlu diketahui bahwa kemungkinan besar pengguna TikTok tidak akan tertarik untuk melihat konten promosi bisnis. Jadi, pembuatan konten promosi bisnis yang menarik sangat penting sebagai cara jualan di TikTok.

Jika kamu bingung terkait jenis konten yang ingin dibuat, jangan khawatir! Sebagai pemula, kamu bisa memperkenalkan bisnis kamu sebagai konten pertama. Lalu, kamu bisa lanjutkan dengan memperkenalkan berbagai produk yang dijual atau jasa yang ditawarkan, sistem penjualannya, manfaatnya, dan lain sebagainya. Cantumkan foto yang berkaitan dengan isi konten dalam video, sertakan lagu TikTok yang sedang trending, dan pakai filter kekinian secara kreatif! 

Maksimalkan Penggunaan Fitur yang Tersedia

cara jualan di tiktok

Selanjutnya, cara jualan di TikTok yang patut kamu terapkan adalah memaksimalkan penggunaan fitur yang tersedia di aplikasi TikTok. Banyaknya fitur di aplikasi TikTok terkadang membuat pengguna menjadi malas dan mengabaikan fitur yang tersedia. Padahal, penggunaan fitur TikTok mampu membuat konten video yang kamu buat menjadi lebih menarik!

Berikut beberapa fitur-fitur TikTok yang bisa kamu coba dalam membuat konten promosi bisnis:

  • Fitur Penambahan Musik
  • Fitur Voice Changer Function
  • Fitur Sticker dan Effect
  • Fitur Filter
  • Fitur Timer
  • Fitur Beautify


Dengan mengikuti tren TikTok dan memanfaatkan fitur-fiturnya, kamu pasti bisa menciptakan konten promosi bisnis yang menarik dan memaksimalkan cara jualan di TikTok. Jangan pernah takut untuk berinovasi dan menggunakan kreativitasmu saat membuat konten, ya!

Tulis Caption yang Menarik dan Tambahkan Hashtag

cara jualan di tiktok


Terkadang, pengguna media sosial hanya mengunggah konten saja tanpa dilengkapi caption yang jelas, bahkan akun bisnis sekali pun. Hal ini tentunya tidak akan menggambarkan produk yang jual atau jasa yang ditawarkan secara jelas kepada masyarakat. 

Ketika kamu ingin memperkenalkan bisnis beserta produk atau jasanya di TikTok, kamu harus menulis caption yang jelas, bagus dan menarik. Contohnya, beri tahu nama produk, ceritakan bahan dasar pembuatan produk, harga produk, dan lain sebagainya.

Setelah menulis caption yang informatif dan menarik, jangan lupa untuk menyertakan hashtag untuk mengoptimalkan cara jualan di TikTok yang satu ini. Di media sosial, penggunaan hashtag sangat berpengaruh karena hashtag akan membuat konten kamu lebih cepat dikenal. Gunakan hashtag yang sesuai dengan konten yang dibuat dan tambahkan beberapa hashtag yang sedang viral, seperti #fyp #foryoupage #business.

Unggah Konten pada Waktu yang Tepat

cara jualan di tiktok

Terakhir, cara jualan TikTok yang perlu kamu lakukan adalah mengunggah konten pada waktu yang tepat. Jangan salah, mengunggah konten tanpa mempertimbangkan hanya akan sia-sia! 

Agar konten promosi bisnis yang telah kamu buat dilirik banyak orang dan cepat viral, cari tahu waktu terbaik untuk mengunggah konten di TikTok. Nah, waktu terbaik untuk rilis konten di TikTok adalah antara pukul 10 pagi dan 1 siang atau pada malam hari. Sebab, pada jam tersebut, mulai dari anak sekolah, mahasiswa, hingga pekerja akan mengisi waktu luang dengan membuka aplikasi TikTok.

Sekian cara jualan di TikTok yang wajib kamu terapkan agar banjir orderan. Kami harap penjelasan di atas bermanfaat, ya!

Sebagai seorang pemilik bisnis, kamu tentu ingin memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Salah satu cara ampuh untuk meningkatkan kualitas pelayanan adalah memudahkan proses pembayaran yang masih kompleks menjadi sederhana. Bagaimana caranya?

Tenang, kami akan kasih solusinya untuk kamu: OY! Payment Link dari OY! Bisnis. Telusuri lebih lanjut tentang OY! Payment Link pada ulasan berikut ini!

Permudah Proses Pembayaran dan Tingkatkan Penjualan Online dengan OY! Payment Link

cara jualan di tiktok

OY! Bisnis akan memfasilitasi kamu dalam menyediakan berbagai metode pembayaran yang dibutuhkan oleh pelanggan. Dengan menggunakan produk OY! Payment Link, pelanggan kamu bisa membayar dengan banyak pilihan metode pembayaran, seperti transfer bank, e-Wallet, virtual account, kartu kredit, dan QRIS. Proses pembayarannya pun mudah, cepat, dan tidak ribet sama sekali!

Apabila metode pembayaran yang kamu sediakan untuk pelanggan mampu memberikan kemudahan dan kenyamanan, penjualan bisnis kamu pasti akan meningkat! Di samping memerhatikan cara jualan di TikTok, produk OY! Payment Link akan meningkatkan kualitas pelayanan, termasuk dalam hal rekonsiliasi keuangan. Semua transaksi yang kamu lakukan juga akan tercatat secara otomatis di dashboard OY! Bisnis.

Tertarik bergabung di OY! Bisnis? Daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis sekarang untuk memberikan kemudahan dalam bertransaksi kepada pelanggan agar kamu juga dapat mengoptimalkan cara jualan di TikTok yang sedang kamu terapkan! Alhasil, kamu juga bisa meningkatkan penjualan online kamu!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang