Inilah Cara Efektif Mencari Modal Usaha UMKM

Atia Tobing
|
December 17, 2021

Inilah Cara Efektif Mencari Modal Usaha UMKM - Memulai suatu bisnis tentu tak lepas dari berbagai hal yang perlu dipersiapkan, terutama bisnis UMKM. Tak sekedar penyusunan ide dan  strategi bisnis, kamu juga harus memikirkan cara yang tepat untuk mendapatkan modal usaha UMKM.

Suatu bisnis tidak akan bisa berjalan dengan mulus apabila modal usaha tidak mampu memenuhi kebutuhan bisnis tersebut. Walaupun ada bisnis yang tidak memerlukan modal usaha UMKM yang besar, setiap bisnis tetap akan membutuhkan modal usaha yang memadai. Sebagai contoh, proses pemasaran saja pastinya akan dikenakan biaya.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan modal usaha yang cukup agar bisnis dapat bertahan lama? Tenang, kami sudah menyiapkan rangkaian cara efektif mencari modal usaha UMKM untuk kamu. Simak selengkapnya pada artikel OY! berikut ini!

Pentingnya Mencari Modal Usaha UMKM yang Memadai

modal usaha UMKM

Profesi pengusaha kian digemari oleh masyarakat karena besarnya keuntungan yang bisa didapatkan. Alhasil, masyarakat berlomba-lomba membuka bisnis yang mampu menggantikan penghasilan dari pekerjaan di perkantoran.

Membangun dan mengelola suatu bisnis tentu memerlukan berbagai perencanaan, termasuk bisnis UMKM sekali pun. Salah satu hal yang harus disiapkan adalah modal usaha UMKM yang memadai agar bisa terus berkembang.

Jika kamu merupakan seorang pemula yang berencana untuk membangun suatu bisnis, pastikan kamu memiliki modal yang cukup. Namun, apabila modal yang kamu punya terbatas, kamu tidak perlu khawatir!

Kini, banyak cara mencari modal usaha UMKM yang bisa kamu lakukan. Apa saja yang dapat diterapkan? 

Telusuri caranya pada ulasan di bawah ini!

Cara Efektif Mencari Modal Usaha UMKM

modal usaha UMKM


Setiap pemilik bisnis UMKM tentunya ingin mempertahankan bisnisnya di dunia bisnis yang kian kompetitif seperti sekarang. Nah, salah satu kuncinya adalah memiliki modal usaha UMKM yang mampu memenuhi seluruh kebutuhan bisnis.

Bagi kamu yang sedang mengalami keterbatasan modal, terapkan beberapa cara efektif mencari modal usaha UMKM versi OY! Indonesia. Berikut cara-caranya!

Menjual Aset Pribadi

Keterbatasan modal usaha UMKM dapat diatasi apabila kamu memiliki sejumlah aset pribadi yang dapat dijual. Sebut saja perhiasan, barang elektronik, dan barang antik yang mempunyai nilai jual yang cukup tinggi.

Cara ini bisa kamu lakukan untuk menyokong modal usaha UMKM. Sebelum menjual aset pribadi, pastikan keuntungan dan kerugian dalam penjualan aset tersebut agar upaya ini mampu menghasilkan modal usaha yang sedang kamu butuhkan. Apabila kamu memiliki tabungan, kamu juga bisa menggabungkan sejumlah uang dari tabungan dengan uang hasil penjualan aset pribadi untuk mendapatkan modal yang lebih besar!

Meminjam dari Keluarga, Kerabat, atau Orang Terdekat

Cara efektif mencari modal usaha UMKM berikutnya adalah meminjam uang dari keluarga, kerabat, atau orang terdekat seperti sahabat. Peminjaman uang yang diperoleh dari orang terpercaya jauh lebih menjanjikan, aman, dan santai dibandingkan dengan pihak asing.

Walaupun demikian, jangan pernah menyepelekan proses peminjamannya! Jelaskan kepada mereka tentang rencana bisnismu secara lengkap agar mereka merasa aman saat meminjamkan uang kepada kamu. Selain itu, yakinkan kepada mereka bahwa kamu akan segera mengembalikan uang yang kamu pinjam sebagai modal usaha UMKM dalam periode waktu yang telah disepakati bersama.

Agar terhindar dari kemungkinan buruk akibat adanya tenggat waktu pengembalian uang, buat skema pinjaman secara profesional yang berisi informasi jumlah dana, batas tenggat waktu, serta keuntungan atau pengembalian yang didapatkan oleh pihak peminjam.

Mencari Rekan Bisnis

modal usaha UMKM

Mengandalkan modal sendiri untuk mengembangkan bisnis mungkin akan terlalu berat. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mencari rekan bisnis atau business partner untuk meningkatkan jumlah modal usaha UMKM. Kok bisa?

Coba ajak teman yang kamu percaya untuk menjadi rekan bisnis. Jelaskan rencanamu secara rinci mulai dari strategi bisnis, tujuan bisnis yang ingin dicapai, ide-ide  bisnis, pembagian keuntungan bisnis, dan lain sebagainya.

Perkuat ide dan perencanaan bisnis kamu untuk mendapatkan rekan bisnis yang menjanjikan. Selain menambah modal usaha UMKM, rekan bisnis juga dapat berkontribusi dengan memberikan ide-ide kreatif dan inovatif guna mengembangkan bisnis.

Ketika kamu mencari rekan bisnis, kamu harus menemukan orang yang memiliki visi dan misi yang sama. Bekerja dengan rekan bisnis memang bukanlah hal yang mudah dan akan terjadi perbedaan pendapat dan perdebatan. Oleh karena itu, pilih rekan bisnis yang tepat!

Mendapatkan Bantuan Dana dari Pemerintah

Terakhir, kamu bisa mendapatkan bantuan dana dari pemerintah untuk menambah modal usaha UMKM kamu, loh! Saat ini, pemerintah meluncurkan program BLT (Bantuan Langsung Tunai) untuk membantu keuangan para pelaku UMKM di seluruh Indonesia.

Program Bantuan Langsung Tunai menyediakan modal usaha UMKM sebesar Rp1,2 juta. Untuk mendapatkan modal tersebut, kamu wajib memenuhi syarat yang berlaku. Pelajari cara mendapat bantuan dari pemerintah beserta syaratnya di sini!

Sekian cara-cara efektif mencari modal usaha UMKM yang bisa kamu terapkan. Kami harap penjelasan di atas bermanfaat dan mampu membantu kamu dalam mencari modal tambahan, ya!

Coba bayangkan, setelah kamu berhasil mendapatkan modal usaha UMKM tambahan, apa yang akan kamu lakukan? Pastikan kamu tidak menyia-nyiakan modal bisnis yang kamu punya.

Nah, kamu perlu mengelola modal dengan baik dan benar. Lalu, kamu juga harus memaksimalkan sistem pembayaran bisnis kamu agar terhindar dari hal-hal yang dapat merugikan bisnis. 

Penerapan sistem pembayaran bisnis terbaik akan sangat menguntungkan bisnis kamu. Bagaimana cara menerapkannya?

Tenang, kamu hanya perlu mengandalkan solusi terbaik pembayaran bisnis. Solusi tersebut adalah OY! Bisnis.

Majukan Sistem Pembayaran Bisnis dengan Bergabung di OY! Bisnis

modal usaha UMKM

OY! Bisnis akan memfasilitasi kamu dalam mengelola modal usaha UMKM yang kamu miliki serta memajukan sistem pembayaran bisnis. Produk-produk yang disediakan oleh OY! Bisnis mampu menyederhanakan proses penerimaan dan pengiriman dana yang kamu miliki.

Pelanggan akan merasa lebih nyaman saat melakukan transaksi ke bisnis kamu karena proses transaksinya tidak rumit dan terdapat banyak pilihan metode pembayaran. Semua transaksi pun akan tercatat secara otomatis di dashboard OY! Bisnis. Jadi, pemantauan dan pengecekan status transaksi dapat dilakukan dengan praktis.

Dengan dashboard OY! Bisnis, kamu tidak perlu lagi membuat buku kas untuk mencatat seluruh transaksi yang sedang berlangsung. Selain itu, kamu juga tidak perlu mengecek mutasi rekening satu per satu sehingga kamu bisa fokus terhadap perkembangan bisnis kamu!

Bagi kamu yang ingin tahu lebih lanjut tentang cara OY! Bisnis membantu mengelola modal usaha UMKM dan memajukan sistem pembayaran bisnis, cari tahu informasinya di sini.  


OY! Bisnis adalah solusi yang tepat untuk meningkatkan performa bisnis kamu. Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan nikmati kemudahan dan keuntungan dalam mengelola modal usaha UMKM dan bertransaksi dengan pelanggan!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023