5 Contoh UMKM dengan Modal Kecil yang Bisa Kamu Coba!

Shafira
|
November 3, 2021

Contoh Usaha UMKM - Jika kamu berencana untuk memulai bisnis, kamu mungkin mulai memikirkan hal-hal seperti menyewa lokasi bisnis, memiliki berbagai peralatan penunjang bisnis, atau mengelola karyawan. Seringkali terbesit pemikiran bahwa untuk merintis bisnis, dibutuhkan modal yang besar.

Tetapi dengan munculnya peluang usaha UMKM rumahan, semakin banyak orang menemukan cara untuk mengembangkan ide bisnis dan mulai mengejar kewirausahaan dengan menjalankan bisnis mereka yang berkantor pusat di rumah.

Di dunia yang terhubung saat ini, di mana teknologi memberi kita lebih banyak fleksibilitas dalam cara dan tempat kita bekerja, usaha UMKM berbasis rumahan hadir dalam berbagai bentuk. Tidak perlu modal fantastis untuk meraih banyak keuntungan. Dengan memanfaatkan barang dan modal yang ada, kamu bisa mulai menjalankan bisnis di rumah sendiri. 

Contoh usaha UMKM seperti ini sangat beragam dan mencakup dari berbagai industri seperti makanan, mode, pertanian, bahkan kerajinan. Berikut ini beberapa 5 contoh usaha UMKM yang bisa kamu coba mulai dan menjanjikan dalam menghasilkan banyak keuntungan.

5 Contoh UMKM dengan Modal Kecil


Meskipun ada banyak cara untuk memulai ide bisnis sederhana untuk memulai di rumah, berikut ini adalah beberapa contoh UMKM bermodal kecil yang paling mudah dijalankan:

Makanan Rumahan

Contoh Usaha UMKM MAKANAN


Industri makanan tidak pernah padam. Terutama di saat pandemi saat ini, industri ini termasuk salah satu industri yang memiliki banyak lonjakan peminat dan keuntungan. Bisnis makanan rumahan memang terlihat mainstream namun bukan berarti contoh usaha UMKM ini tidak patut dicoba.

Untuk memulai, kamu bisa mencari dan melihat tren makanan yang tengah digemari masyarakat. Cari ide makanan yang mudah yang membutuhkan investasi rendah, peralatan minimal, dan lebih sedikit tantangan dalam pengiriman. Contohnya, seperti menjual puding, jus, sambal kemasan, bumbu masakan, atau pun makanan berat seperti bakso atau ayam geprek.

Setelah menetapkan ide makanan, kamu bisa mulai mengkalkulasi modal yang dibutuhkan untuk produksi pertama. Dalam memproduksi makanan, penting untuk melakukan trial and errors dari segi kualitas, kebersihan, dan teknik penyimpanan makanan agar dapat memberikan kualitas terbaik pada pelanggan. Keuntungan terbesar dari bisnis ini adalah kamu dapat menghemat banyak biaya operasional bisnis. Kamu pun tidak perlu memiliki tempat operasional bisnis karena semua bisa dilakukan dari rumah.

Hampers

Contoh Usaha UMKM HAMPERS

Contoh usaha UMKM hampers kini telah menjadi tren yang mulai merebak di media sosial dalam dua tahun belakangan ini. Awalnya, usaha hampers hanya dibutuhkan atau dicari pada musim menjelang libur lebaran atau natal. Namun, sekarang masyarakat gemar mengirimkan hampers kepada kerabat atau keluarga tanpa perlu mengikuti musim liburan. 

Untuk memulai usaha ini, dibutuhkan modal awal paling sedikit sebesar 1-2 juta. Kamu dapat mencari berbagai bahan yang dibutuhkan untuk tema hampers-mu dengan mencari supplier kemasan dan aksesoris hampers di marketplace atau secara offline. Tentukan tema hampers dan buat kesan branding yang kuat dan menarik sehingga masyarakat tertarik dengan usaha hampers milikmu,

Thrift Shop

Contoh Usaha UMKM Thrift Shop


Thrift shop ini bisa dibilang salah satu contoh bisnis yang menjanjikan karena kegiatan thrifting sedang populer di kalangan masyarakat. Dengan modal kemampuanmu dalam memilih pakaian-pakaian bekas yang terlihat masih ‘menjual’, mencuci dan mendesinfektan, lalu mempromosikannya di berbagai laman media sosial, kamu dapat meraih pangsa pasar yang besar dengan keuntungan besar. 

Harga pakaian bekas yang sudah dicuci dan terlihat bersih akan sangat berbeda jauh dari saat kamu pertama kali membelinya. Apabila kamu memiliki kelihaian dalam memilih pakaian dan mengambil foto untuk setiap produk thrift kamu, kamu dapat memberikan harga yang jauh berbeda dari harga awal.


Laundry

Contoh Usaha UMKM Laundry



Modal jasa laundry ini bisa dibilang tidak terlalu besar. Dengan modal awal sekitar 5-7 juta, kamu bisa mulai membuat usaha jasa laundry di rumah sendiri. Modal awal bisa digunakan untuk membeli peralatan mencuci, produk pembersih pakaian, dan juga biaya kemasan laundry.

Kamu dapat mendapatkan keuntungan yang besar dari usaha laundry dari kalangan mahasiswa, karyawan, ataupun ibu rumah tangga yang berada di sekitar rumahmu. Mulai promosikan usaha laundry-mu dan gaet pelanggan sebanyak mungkin.

Usaha Pertanian Rumahan

Contoh Usaha UMKM Pertanian Rumahan


Membangun usaha pertanian kini dapat dilakukan langsung dari halaman rumah sendiri. Harga bibit sayuran yang dibanderol pun cenderung murah dan mudah didapatkan. Untuk membangun UMKM pertanian rumahan, kamu akan membutuhkan pupuk dan peralatan bercocok tanam seperti pot dan sekop. Kunci utama dalam menjalankan bisnis ini adalah kesabaran dan ketekunan, karena bertani bukanlah hal yang instan.

Bila hasil pertanian yang kamu hasilkan memiliki kualitas baik, kamu dapat melanjutkan budidaya hasil tanam dengan menghasilkan lebih banyak ragam hasil tani dari berbagai bibit. Mulai promosikan hasil tanam milikmu di laman media sosial atau kamu dapat bergabung di laman marketplace untuk menjual hasil tanam kepada kalangan masyarakat luas.


Tingkatkan Performa Pembayaran UMKM dengan OY! Payment Link dari OY! Bisnis


Agar performa UMKM milikmu makin meningkat, OY! Bisnis hadir dengan layanan OY! Payment Link yang akan memudahkan kamu untuk mengatur kanal pembayaran bisnis secara efektif. Kenali cara penggunaannya di sini.

Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan dapatkan berbagai keuntungan dalam bertransaksi melalui fitur-fitur OY! Bisnis. #MOVEWITHOY



Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023