Waspada Penipuan yang Mengatasnamakan OY! Indonesia

Muthia
|
January 23, 2024

Dalam era digital ini, kemajuan teknologi juga seringkali diikuti dengan tingginya potensi kriminalitas pada media dalam jaring (daring), dengan bermunculannya berbagai bentuk penipuan yang semakin canggih. Salah satu bentuk penipuan yang sering terjadi adalah penyalahgunaan nama perusahaan, termasuk dalam dunia financial technology (Fintech), dengan salah satu isu yang mengatasnamakan OY! Indonesia sebagai bagian dari entitas PT. Dompet Harapan Bangsa (DHB), dikaitkan dengan aktivitas penipuan online.

Dengan memiliki lisensi resmi dari Bank Indonesia serta beroperasi di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), OY! Indonesia telah beroperasi sejak tahun 2017 sebagai penyedia layanan keuangan untuk membantu melengkapi dan meningkatkan kebutuhan dari berbagai industri bisnis hingga korporasi di Indonesia terus berjalan dengan memberikan kenyamanan serta keamanan yang unggul di setiap produk serta layanan yang ditawarkan. 

Waspada pada Modus Fintech Penipuan

Waspada pada Isu Penipuan OY! Indonesia

OY! Indonesia sebagai bagian dari PT. DHB yang merupakan solusi pembayaran finansial yang terpercaya telah berkomitmen untuk memberikan layanan yang transparan dan aman bagi para pengguna. Meski begitu, tidak dapat dipungkiri bahwa masih banyak adanya pihak-pihak tidak bertanggung jawab dengan mengatasnamakan OY! Indonesia untuk merugikan pihak-pihak tertentu. 

Dengan banyaknya isu tersebut, OY! selalu menghimbau Anda selaku pengguna maupun non-pengguna OY! Indonesia untuk selalu melakukan verifikasi pada pesan dan setiap transaksi yang dituju, utamanya apabila Anda mendapatkan perintah transaksi dari nomor yang tidak Anda kenal. 

Berita Hoax PT. Dompet Harapan Bangsa Penipuan

Bentuk Penipuan yang Sering Terjadi

Berbagai penipuan yang kerap terjadi dengan mengatasnamakan OY! Indonesia seringkali dalam bentuk penawaran layanan pinjaman online (pinjol), di mana OY! tidak memiliki dan menyediakan layanan pinjol hingga saat ini. Selain  itu, penerima juga kerap menerima bentuk pesan dengan penawaran affiliate program untuk mendapatkan pendapatan tambahan.

Melalui modus-modus tersebut, Anda dapat selalu berhati-hati dan terus melakukan verifikasi terhadap perintah yang Anda dapatkan melalui nomor yang tidak dikenal. 

Waspada pada Isu Penipuan OY! Indonesia

Upaya Agar Terhindar dari Penipuan

Dengan bermuaranya kasus penipuan dengan mengatasnamakan OY! Indonesia, Anda dapat selalu memastikan bahwa Anda berkomunikasi langsung dengan pihak resmi OY! Melalui saluran komunikasi yang resmi, seperti situs, email, serta nomor kontak. 

Anda selalu dihimbau untuk waspada terhadap permintaan informasi pribadi ataupun perintah transaksi yang mencurigakan. Anda juga dapat selalu melakukan pelaporan pada pihak OY! apabila Anda menemukan indikasi penipuan dari pihak yang tidak bertanggungjawab. Selain itu, Anda juga dapat secara mudah melaporkan berbagai bentuk laporan penipuan yang diterima dengan mengisi formulir laporan melalui situs resmi OY! Indonesia serta melampirkan kronologis serta dokumentasi. Dengan melaporkan, OY! akan membantu melindungi Anda dari ancaman penipuan yang berpotensi diterima. 

Verifikasi Transaksi Potensi Isu Penipuan OY! Indonesia

Tidak perlu ragu untuk melakukan pelaporan, kini Anda dapat melakukan pelaporan penipuan dengan mudah melalui situs resmi OY! Indonesia untuk segala bentuk laporan tindak penipuan yang mengatasnamakan OY! Indonesia. 

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023