Tren Online Payment di Indonesia

Arin
|
April 19, 2022

Tren Online Payment di Indonesia - Seiring dengan berkembangnya penggunaan gadget di masyarakat, online payment menjadi salah satu opsi pembayaran yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia saat berbelanja. Bank Indonesia juga mencatat bahwa jumlah pengguna online payment terus mengalami kenaikan dalam beberapa tahun terakhir.

Penggunaan online payment terbanyak mungkin masih berasal dari pelanggan e-commerce. Dengan menggunakan e-payment untuk melakukan transaksi bisnis, penjual dan pembeli sama-sama diuntungkan dengan opsi pembayaran yang aman, cepat, dan praktis.

Akan tetapi, walaupun memiliki banyak pengguna dari berbagai kalangan, masih ada beberapa pihak yang belum mengetahui secara jelas apa itu online payment. Nah, maka dari itu ayo pahami lebih lanjut tentang apa itu online payment dan apa saja kelebihan dari sistem pembayaran yang satu ini.

Apa itu Online Payment?

Online payment adalah sistem pembayaran elektronik yang dilakukan dengan cara menggunakan teknologi digital. Sistem pembayaran ini sering disebut sebagai e-payment dan kehadirannya bertujuan untuk memudahkan transaksi pembayaran agar menjadi lebih mudah, cepat, dan praktis.

Tren Online Payment di Indonesia

Online payment lebih banyak diminati oleh masyarakat jika dibandingkan dengan sistem pembayaran tunai maupun transfer bank karena penjual ataupun pembeli tidak perlu melakukan transaksi secara manual. Selain itu, masyarakat juga bisa melakukan transaksi dimanapun dan kapanpun, asalkan ada jaringan internet yang tersambung ke perangkat elektronik mereka.

Sistem pembayaran e payment melibatkan beberapa pihak dalam melakukan transaksi, yaitu:

  • Pembeli, pihak yang melakukan pembayaran melalui sistem e-payment
  • Penjual, pihak yang menerima pembayaran melalui sistem e-payment
  • Issuer, pihak berupa lembaga keuangan perbankan maupun non bank yang menjembatani pembayaran
  • Regulator, pihak yang bertugas untuk mengatur dan mengawasi proses e-payment

Tren Online Payment di Indonesia

Seiring dengan berkembangnya teknologi, begitu pula dengan pola perilaku masyarakat. Contohnya adalah dalam hal pembayaran di bidang usaha. Saat ini ada banyak perusahaan yang menawarkan pembayaran melalui sistem e-payment untuk menunjang kepuasan pelanggan.

Online payment memungkinkan pelanggan untuk melakukan transaksi tanpa perlu membawa uang tunai atau singgah ke ATM untuk melakukan pembayaran. Saat ini, ada beberapa metode e-payment yang banyak diminati masyarakat, yaitu:

Dompet Digital

Saat ini, dompet digital adalah salah satu alternatif online payment yang paling diminati oleh masyarakat. Selain karena penggunaannya yang mudah, banyak orang menyukai dompet digital atau e wallet karena sudah banyak berafiliasi dengan perusahaan-perusahaan di bidang lain sehingga memudahkan dalam melakukan pembayaran apapun dari online shopping sampai membayar belanjaan di supermarket.

Beberapa dompet digital dengan penggunaan paling banyak di Indonesia antara lain adalah OVO, GoPay, DANA, dan ShopeePay.

QR Code

Metode e-payment lain yang disukai masyarakat adalah pembayaran dengan menggunakan QR Code atau QRIS. Dengan fitur ini, pelanggan bisa melakukan pembayaran dengan mudah dan praktis hanya dengan memindai QR Code yang telah disediakan oleh penjual.

Transaksi pembayaran dengan cara memindai QR Code dapat dilakukan melalui beberapa aplikasi seperti GoPay, OVO, dan DANA.

Tren Online Payment di Indonesia

Payment Gateway

Metode online payment populer lainnya adalah dengan menggunakan sistem payment gateway. Sistem pembayaran yang satu ini biasanya telah diotorisasikan oleh pihak perbankan sehingga pelanggan bisa menggunakan kartu kredit, transfer bank, maupun pembayaran langsung melalui e-banking dalam melakukan transaksi e-payment.

Beberapa payment gateway yang ada di Indonesia antara lain merupakan Duitku, DOKU, Xendit, serta Midtrans.

Keuntungan menggunakan online payment

Sistem pembayaran tentunya merupakan salah satu komponen penting dalam menjalankan bisnis. Pelanggan akan lebih menyukai toko yang menyediakan pembayaran mudah, cepat, dan praktis ketimbang pembayaran yang bertele-tele dan merepotkan.

Oleh karena itu, online payment menjadi opsi yang paling disukai baik oleh pembeli saat mereka akan berbelanja di suatu toko, baik toko online maupun offline. Berikut adalah beberapa keuntungan dari menggunakan e payment dalam melakukan transaksi jual-beli.

Transaksi lebih cepat dan praktis

Dengan e-payment, kamu hanya butuh smartphone yang terkoneksi dengan jaringan internet untuk mengakses pembayaran. Berbeda dengan transaksi biasa yang mengharuskan kamu untuk pergi ke ATM terlebih dahulu dan bahkan mengirimkan bukti pembayaran lagi, sistem e-payment akan mencatat transaksi kamu secara otomatis sehingga kamu tidak perlu lagi mengirimkan bukti struk transfer ke penjual setelah mengirimkan uang.

Tren Online Payment di Indonesia

Maka dari itu transaksi melalui online payment sudah terbukti membutuhkan waktu yang lebih singkat jika dibandingkan dengan transaksi menggunakan uang tunai maupun transfer ATM. Kamu juga bisa rutin mencatat seberapa besar pengeluaranmu di dashboard aplikasi yang kamu pakai sehingga tidak perlu takut lagi akan overspending.

Transaksi dijamin aman

Ketika akan bertransaksi dalam jumlah besar, penggunaan online payment sebagai sistem pembayaran memiliki risiko yang lebih kecil jika dibandingkan dengan sistem pembayaran dengan menggunakan uang tunai. Hal ini dikarenakan dalam transaksi e-payment, pengguna diwajibkan untuk memasukkan kode dan password yang hanya diketahui oleh pemilik akun saja.

Selain itu, pembayaran yang dilakukan secara digital ini juga umumnya berada di bawah pengawasan langsung aparatur pemerintah sehingga keamanannya terjamin. Jadi penjual maupun pembeli tidak perlu ragu dalam mempercayai sistem e-payment yang ada selama mereka memakai aplikasi dan layanan yang terpercaya.

Setelah membaca keuntungan dalam memakai online payment, apakah sekarang kamu mulai tertarik untuk menggunakan sistem e-payment di dalam bisnismu? Ayo segera gunakan OY! Bisnis untuk transaksi yang lebih mudah dan praktis di bisnismu.

Permudah Transaksi Bisnismu Hanya dengan OY! Bisnis 

Setelah mendapatkan informasi mengenai tren online payment di Indonesia, sekarang saatnya kamu untuk mempertimbangkan penggunaan OY! Payment Link demi kelancaran transaksi bisnis kamu. OY! Payment Link merupakan salah satu fitur dari OY! Bisnis yang bisa dimanfaatkan bagi para pebisnis untuk menambahkan penjualan serta meningkatkan transaksi bisnis mereka. 

OY! Payment Link memiliki tujuan untuk membantu para pemilik bisnis agar bisa melakukan transaksi penjualan secara digital dengan mudah dan efisien. OY! Payment Link mendukung berbagai metode pembayaran, dari kartu kredit, kartu debit, transfer bank, e wallet, hingga QR Code (QRIS) sehingga bisa menjangkau pasar lebih luas.

Dengan banyaknya opsi pembayaran yang dihadirkan, kamu jadi bisa memudahkan pelanggan untuk membayar sesuai dengan keinginan mereka. Dengan begitu, pelanggan kamu akan merasa leluasa untuk membayar sesuai dengan metode yang mereka inginkan.

Bagaimana, semakin tertarik untuk menggunakan OY! Payment Link agar transaksi bisnis kamu makin meningkat? Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan nikmati manfaatnya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023