Transfer Uang Cash Lewat ATM dengan Aman

Mutia
|
May 3, 2021

Dengan perkembangan teknologi seperti sekarang, kegiatan transfer uang adalah salah satu kegiatan keuangan yang paling sering dilakukan oleh banyak orang. Mulai dari mahasiswa hingga yang sudah bekerja juga sering melakukkannya. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti lewat teller bank, ATM, dan aplikasi keuangan.

Transfer uang ke sesama bank mau pun antar bank lewat ATM merupakan hal yang sudah nggak asing lagi karena kemudahannya. Namun, umumnya orang yang transfer dengan ATM akan menggunakan saldo yang sudah ada di rekening tabungan. Tapi tahu kah kamu, bahwa kamu juga bisa transfer uang cash lewat mesin ATM?

Tentunya metode ini bisa menjadi solusi untuk kamu yang ingin transfer namun saldo ATM nggak mencukupi dan punya uang cash. Dengan cara ini, kamu nggak perlu khawatir karena walau saldo ATM mu nggak cukup, kamu tetap bisa transfer uang ke berbagai bank. Nah, kalau kamu salah satu orang yang ingin transfer uang cash lewat ATM, simak langkah-langkahnya berikut ini ya!

Cara Transfer Uang Cash Lewat ATM

transfer uang cash
  1. Kunjungi ATM yang memiliki layanan setor tunai.
  2. Masukkan kartu ATM ke dalam slot kartu ATM.
  3. Pencet nomor PIN kartu ATM.
  4. Tempat penerima uang secara otomatis akan terbuka
  5. Pastikan uang yang akan disetor sudah rapi, nggak tertekuk atau pun sobek. Pisahkan uang sesuai nominal yang sama dan jangan campurkan uang dengan nominal yang berbeda.
  6. Umumnya, mesin ATM hanya menerima pecahan Rp50.000 dan Rp100.000. Namun ada mesin ATM yang menerima pecahan Rp20.000.
  7. Tempat/wadah untuk menaruh uang akan tertutup secara otomatis setelah uang dimasukkan. Mesin akan mulai menghitung jumlah uang yang kamu masukkan.
  8. Setelah dihitung, layar akan menampilkan jenis setoran yang dapat kamu pilih, yaitu ke rekening sendiri atau ke rekening lain.
  9. Pilih jenis setoran, kemudian tunggu sampai transaksi selesai.
  10. Ambil struk sebagai bukti transfer dan kartu ATM mu.

Tips Agar Transaksimu Aman

transfer uang cash

Untuk menghindari hal-hal yang nggak diinginkan, ikuti berbagai tips berikut ini.

  • Hindari meminjamkan kartu ATM atau pun kartu kredit ke orang lain
  • Buat nomor PIN yang susah untuk ditebak orang lain dan ganti secara rutin
  • Jika kartu ATM hilang, segera lapor polisi untuk meminta surat keterangan kelihangan dan lakukan pemblokiran kartu ATM agar kartu nggak bisa di bobol oleh orang lain
  • Perhatikan alat atau benda yang mencurigakan seperti tombol mesin ATM yang double dan tempat slot kartu yang ditempeli alat lain. Jika menemukan kejadian tersebut, segera laporkan pada security.
  • Jangan lupa untuk mengambil kartu ATM kembali
  • Cek saldo ATM secara berkala untuk melacak jika ada transaksi yang dilakukan oleh orang lain

Nah, itu dia langkah-langkah dan tips untuk transfer uang cash lewat ATM dengan aman. Semoga bermanfaat dan dapat membantu ya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023