Transfer Massal Menggunakan Bulk Disbursement dari OY! Business

Mutia
|
May 3, 2021

OY! Business memiliki layanan transaksi online yang memfasilitasi pembayaran antara pengirim dan penerima dana yang bernama Bulk Disbursement. Transaksi keuangan dalam jumlah besar dan secara real-time dapat dilakukan dengan mudah menggunakan fitur tersebut. Untuk memahami layanan Bulk Disbursement, berikut penjelasannya.  

Apa Itu Bulk Disbursement?

Para pengusaha yang memiliki perusahaan berskala besar atau industri-industri yang memiliki banyak karyawan pastinya memiliki kebutuhan transaksi keuangan yang juga besar sekali. Selain harus mengirim uang dalam jumlah besar secara efisien dan tepat waktu, ada kewajiban pembayaran lainnya yang harus dilakukan dalam waktu yang singkat.

Kegiatan-kegiatan tersebut biasanya harus dilakukan secara berlanjut dan cukup membebani perusahaan karena membutuhkan waktu, tenaga, dan biaya operasional tambahan. Selain itu, limit transfer antar bank juga dapat menjadi hambatan dalam mengirim uang dengan jumlah yang besar dalam satu hari. Saat jumlah uang yang harus dibayar lebih besar daripada limit transfer harian yang sudah ditentukan, transaksi tersebut akan gagal.

Salah satu solusi yang tersedia adalah layanan keuangan OY! Business yaitu Bulk Disbursement. Layanan tersebut dapat digunakan untuk mengirim gaji karyawan, membayar merchants dan vendor, memberikan pinjaman P2P Lending, dan pengiriman refund uang ke customer yang pastinya berkaitan dengan transfer dana.

Dengan menggunakan layanan Bulk Disbursement, berbagai transaksi keuangan perusahaan akan terbantu. Sebab, user dapat melakukan transfer secara elektronik dalam jumlah yang besar dari satu rekening ke berbagai tujuan rekening lainnya.

Transaksi yang Dapat Dilakukan

bulk disbursement

Fitur dari OY! Business ini dapat membantu mengelola kewajiban-kewajiban yang harus dilakukan oleh perusahaan kepada rekan bisnisnya yang sifatnya transaksi secara massal. Berbagai transaksi yang dapat dilakukan saat menggunakan Bulk Disbursement adalah sebagai berikut:

  • Pembayaran supplier & merchant

Kewajiban perusahaan setelah menerima invoice yang dimasukkan ke dalam sistem informasi akuntansi dari vendor adalah untuk melakukan pembayaran atas barang atau jasa yang telah perusahaan terima. Dengan banyaknya transaksi pembayaran yang harus dilakukan, menggunakan Bulk Disbursement akan sangat membantu menyelesaikan kewajiban perusahaan.

  • Pembayaran gaji karyawan

Setiap bulannya, perusahaan harus melaksanakan kewajiban mereka untuk membayar gaji para karyawan dengan tepat waktu. Jumlah karyawan yang banyak akan memakan waktu perusahaan jika melakukan pembayaran secara manual.

Pentingnya menggunakan Bulk Disbursement untuk pembayaran gaji adalah untuk menghindari salah transfer mengingat jumlah yang ditransfer tidak sedikit. Selain itu, perusahaan dapat memastikan bahwa gaji terbayar dengan tepat waktu dan menyesuaikan pembayaran gaji jika jatuh pada hari libur secara otomatis.

  • Pendistribusian donasi

Penyaluran dana donasi yang masih menggunakan cash disbursement akan cenderung lebih mahal, bahkan berbahaya untuk dikelola karena umumnya berjumlah besar. Namun, dengan menggunakan Bulk Disbursement, keamanan pemberi dana dan penerima lebih terjamin dan proses akan lebih efisien dan mudah.

  • Pembayaran komisi agen

Perusahaan yang bekerja sama dengan agen pastinya memiliki kewajiban untuk membayar komisi para agen tersebut. Jika jumlah agen terbilang banyak dan tersebar di berbagai lokasi, pembayaran komisi akan lebih sulit jika harus dilakukan secara manual. Bulk Disbursement dapat membantu memudahkan pengiriman dana kepada agen yang telah bekerja sama dengan perusahaan atau pebisnis.

  • Pendistribusian pinjaman

Banyaknya pinjaman online maupun offline yang tersedia sekarang mempermudah para debitur untuk melakukan pinjaman. Jumlah pinjaman yang besar yang harus distribusikan oleh kreditur akan memakan waktu jika tidak menggunakan Bulk Disbursement. Layanan ini dapat memudahkan pengiriman pinjaman kepada pihak yang meminjam dalam waktu yang singkat.

  • Top up e-wallet

Bagi perusahaan yang memiliki partner yang menjual barang tetapi sudah sold out di aplikasi atau websitenya, biaya yang sudah dibayar harus dikembalikan. Pengembalian uang tersebut bukan dikirim ke nomor rekening, melainkan ke nomor e-walletuser dengan cara top up e-wallet. Layanan ini menggunakan sistem isi ulang karena transaksi penambahan saldo e-wallet dinamakan top up.

Keuntungan dari Menggunakan Bulk Disbursement

OY! Business hadir karena banyaknya kebutuhan pengiriman uang yang beragam dari setiap bisnis yang ada. Layanan Bulk Disbursement dari OY! bertujuan untuk membantu para pengusaha dalam melakukan transaksi pengiriman uang saat dibutuhkan. Dengan menggunakan fitur tersebut dari OY! Business, akan ada beberapa keuntungan yang didapatkan.

  • Dapat transfer dana dalam jumlah banyak dan waktu yang singkat

Dengan menggunakan layanan ini, transfer dana dapat dilakukan dalam satu waktu dan jumlah yang besar. Hal tersebut akan membuat pengiriman dana lebih efisien dan optimal.

  • Dapat memastikan nomor rekening tujuan

Saat melakukan transaksi, perusahaan dapat memastikan bahwa nomor rekening tujuan sudah benar dan terdaftar agar tidak ada kesalahan pengiriman dana.

  • Proses transfer yang mudah

Walaupun transaksi yang dilakukan merupakan transaksi dalam jumlah besar, pengirim dana hanya perlu mengunggah suatu file berisi nama-nama penerima dana. Setelah berhasil diunggah, transaksi sudah dapat dilakukan saat itu juga.

  • Dapat mengatur akses terhadap dashboard transaksi

Fitur ini dilengkapi dengan otorisasi transaksi yang sesuai dengan akses user sebagai pembuat transaksi dan approver sebagai yang memberikan persetujuan agar transaksi dapat berjalan.

Kerugian Jika Tidak Menggunakan Bulk Disbursement

bulk disbursement
  • Tidak terjadwal

Perusahaan tidak dapat merencanakan pembayaran pada tanggal dan waktu yang telah dijadwalkan. Jika tidak menggunakan fitur tersebut, pembayaran harus dirilis pada tanggal yang diinginkan secara manual.

  • Dapat menyebabkan kesalahan karena tidak adanya validasi

Validasi yang dilakukan sebelum melakukan pembayaran mengurangi kemungkinan kesalahan yang terjadi dan mengirim ke nomor rekening tujuan yang salah.

  • Laporan distribusi harus dilakukan secara manual

Pembayaran atau pendistribusian dana dalam jumlah banyak akan sangat memakan waktu jika masih harus dilakukan secara manual. Selain pembayarannya, laporan distribusi akan dilakukan secara manual yang kurang efisien.

  • Transaksi dalam jumlah besar akan lebih lama prosesnya

Pengiriman dana yang dilakukan secara manual akan membutuhkan waktu yang lebih lama dan membuat proses transaksi yang diinginkan menjadi lebih lama. Untuk mempersingkat waktu, solusinya adalah dengan menggunakan Bulk Disbursement.

OY! Business hadir dengan layanan Bulk Disbursement agar semakin banyak pelaku bisnis dapat mempercayakan transaksi keuangannya di OY! Untuk informasi lebih lanjut, klik tautan berikut ini.

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023