Tips Usaha Sewa Mainan Anak

Arin
|
August 15, 2022

Tips Usaha Sewa Mainan Anak - Perubahan gaya hidup masyarakat turut memunculkan berbagai macam jenis bisnis baru, salah satunya adalah usaha sewa mainan anak yang dikatakan dapat membawa keuntungan dalam jumlah besar. Usaha yang satu ini juga bisa kamu lakukan secara online maupun offline sehingga cocok dilakukan oleh ibu rumah tangga maupun pekerja kantoran sekalipun.

Saat ini, sudah ada banyak orang tua yang menyadari bahwa mainan memiliki peranan penting dalam tumbuh kembang anak. Selain berfungsi sebagai hiburan, mainan anak bisa membantu merangsang kemampuan kognitif dan motorik anak sehingga mereka bisa tumbuh dengan lebih kreatif serta aktif.

Agar terus memberikan fungsi yang positif, orang tua tentunya harus menyediakan mainan yang sesuai umur sang anak dan memiliki kualitas yang bagus. Apalagi mengingat kalau anak kecil mudah bosan jika mereka harus memainkan satu mainan yang sama dalam jangka waktu lama.

Mainan anak memang harus diganti secara rutin setiap beberapa waktu sekali agar mereka tidak cepat bosan dan bisa mencoba hal-hal baru. Tetapi nyatanya membeli mainan secara terus menerus bukanlah hal yang mudah. 

Satu mainan anak bisa memiliki harga dari puluhan ribu sampai jutaan rupiah sehingga pembelian mainan baru secara terus menerus justru malah akan menimbulkan pemborosan. Belum lagi kalau mainan tersebut ujung-ujungnya hanya digunakan beberapa kali dan akhirnya disimpan sampai berdebu setelah anak bosan.

Maka dari itu, permasalahan seperti ini bisa dimanfaatkan oleh para pemilik bisnis untuk menjalankan usaha sewa mainan anak. Agar bisa menjalankan usaha sewa mainan anak yang lancar dan sukses, simak terus artikel yang satu ini dan dapatkan berbagai jenis tips untuk bisnismu!

Tips Usaha Sewa Mainan Anak

Sekarang sudah ada banyak orang tua yang lebih memilih untuk menyewa mainan anak ketimbang membeli mainan baru. Kehadiran usaha sewa mainan anak ini juga membawa banyak keuntungan, baik bagi para pemilik bisnis maupun orang tua serta anak-anak mereka. 

Pemilik bisnis usaha sewa mainan anak umumnya merupakan orang dewasa yang memiliki anak sehingga mereka bisa menyewakan mainan lama dan mendapatkan omset yang menguntungkan. Orang tua bisa memberikan mainan yang berkualitas tanpa perlu pusing kalau dompet mereka akan jebol dan anak-anak pun akan merasa senang karena mendapatkan mainan baru.

Meskipun memiliki banyak peminat, kamu sebagai pemilik bisnis tetap harus menyiapkan beberapa hal sebelum memutuskan untuk menjalankan usaha sewa mainan anak. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan agar usaha kamu tetap berjalan lancar.

Siapkan modal

Tips Usaha Sewa Mainan Anak

Seperti bisnis lainnya, kamu harus menyiapkan modal terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menjalankan usaha sewa mainan anak. Modal yang dimaksud tidak harus berbentuk uang saja, mainan yang akan kamu sewakan sudah bisa dihitung sebagai modal. Kamu pun tidak perlu mengeluarkan dana ekstra untuk membeli mainan baru.

Kamu juga bisa memanfaatkan ‘investor’ berupa keluarga atau kenalan terdekat untuk mendapatkan mainan lama yang tidak kamu miliki sehingga produk yang ditawarkan bisnis kamu jenisnya semakin beragam. Sebelum disewakan, pastikan kalau mainan tersebut masih layak pakai dan sudah kamu bersihkan agar steril ya!

Tentukan harga sewa

Harga sewa yang murah tentunya sering menjadi poin plus yang banyak menarik pelanggan. Meskipun begitu, kamu tetap harus menghitung dan menentukan harga dengan cermat agar usaha sewa mainan anak milik kamu tetap mendapatkan keuntungan.

Untuk bisa mendapatkan harga sewa yang tepat, kamu bisa memulai dengan cara menghitung harga asli barang tersebut. Lalu, kamu bisa mematok harga sewa mainan anak 15% dari harga asli untuk durasi per minggunya. Kamu pun bisa mendapatkan keuntungan dalam waktu kurang dari 3 bulan jika mainan tersebut disewa setiap minggunya.

Rencanakan kebijakan sewa

Tips Usaha Sewa Mainan Anak

Sesuai namanya, usaha sewa mainan anak memungkinkan orang tua untuk menyewa mainan sesuai dengan durasi yang disetujui. Setelah durasi berakhir, mereka harus mengembalikan mainan ke pemilik usaha. Mainan juga harus dalam kondisi baik atau sama seperti kondisi sebelum disewakan.

Nah, kebijakan ini merupakan hal yang penting dan harus diperhatikan oleh pemilik usaha sewa untuk menghindari skenario yang tidak menyenangkan. Dengan adanya kebijakan sewa, maka pemilik usaha bisa memberikan denda atau sanksi kepada pelanggan yang merusak atau menghilangkan barang yang disewakan.

Lakukan promosi

Apa cara paling ampuh untuk menarik perhatian dan memikat pelanggan ke usaha sewa mainan anak milikmu? Jika kamu menjawab ‘promosi’, maka kamu benar! Kegiatan promosi memungkinkan orang-orang untuk mengetahui jenis usaha serta produk-produk yang kamu tawarkan sehingga usaha kamu kedatangan semakin banyak pelanggan.

Kamu bisa melakukan promosi secara online maupun offline. Manfaatkan aplikasi media sosial seperti Instagram untuk menjangkau pelanggan jauh dan memungkinkan kamu untuk menyewakan produk ke pelanggan di luar pulau. Sementara itu, promosi offline bisa kamu lakukan dengan cara menawarkan produk ke kenalan atau teman di sekitar.

Nah, setelah membaca artikel di atas dan mengetahui tips agar usaha sewa mainan kamu berjalan lancar, apakah kamu semakin tertarik untuk memulai bisnis milikmu sendiri? Jika iya, ayo gabung dengan OY! Bisnis sekarang juga dan nikmati manfaatnya!

Tingkatkan Penjualan Bisnis Milikmu dengan OY! Bisnis

OY! Indonesia memiliki tujuan untuk membantu para pemilik bisnis untuk bisa melakukan transaksi pembayaran secara digital dengan mudah dan efisien. Oleh karena itu, OY! Indonesia melalui OY! Bisnis menyediakan beragam produk finansial yang bisa dimanfaatkan bagi para pebisnis untuk meningkatkan penjualan serta mengembangkan bisnis mereka. 

Lewat layanan yang dimiliki OY! Bisnis, kamu bisa menyediakan berbagai metode pembayaran untuk memudahkan pelanggan saat membayar orderan. Ada pun opsi pembayaran yang bisa disediakan adalah transfer bank, e-wallet, hingga QRIS.

OY! Bisnis juga sudah tersambung dengan lebih dari 100 bank di Indonesia serta berbagai macam jenis e-wallet sehingga kamu bisa melakukan transfer dana ke berbagai tujuan dengan mudah.

Dengan banyaknya pilihan fitur yang disediakan, baik kamu sebagai pebisnis maupun pelanggan akan mendapatkan kenyamanan bertransaksi sehingga bisa mengoptimalkan penjualan di bisnis kamu.

Bagaimana, setelah mengetahui berbagai macam keuntungannya apakah kamu semakin tertarik untuk mendaftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis? Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan nikmati manfaatnya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023