Tips untuk Meraih Merdeka Finansial

Arin
|
August 16, 2022

Tips untuk Meraih Merdeka Finansial - Indonesia sudah meraih kemerdekaan yang ke-77 tahun ini, lantas apakah kamu sendiri sudah meraih merdeka finansial? Jika belum, apakah kamu ingin segera merdeka secara finansial dan tidak perlu lagi pusing memikirkan dana untuk masa ke depannya?

Tidak bisa dimungkiri, merdeka finansial merupakan impian semua orang agar bisa hidup nyaman dan tenang. Orang yang berhasil mencapai merdeka finansial menunjukkan bahwa mereka bisa mengelola keuangan dengan baik dan bisa memenuhi semua kebutuhan sehari-harinya di masa sekarang maupun di masa depan.

Setelah bertahun-tahun bekerja keras untuk mencari penghasilan, pasti semua orang ingin menghabiskan masa tua yang terjamin keuangannya, bukan? Yuk, simak artikel di bawah ini untuk mengetahui lebih lengkap mengenai merdeka finansial dan apa saja yang harus dilakukan agar bisa meraihnya!

Apa Itu Merdeka Finansial?

Tips untuk Meraih Merdeka Finansial

Merdeka finansial atau financial freedom merupakan suatu kondisi ketika seseorang memiliki dana yang cukup untuk membiayai tujuan atau kebutuhan hidupnya sampai masa depan nanti. Yang dimaksud dengan kata ‘merdeka’ adalah bisa memenuhi segala kebutuhan tanpa harus merasa terbebani secara finansial.

Kalau begitu, apakah berarti kamu harus menjadi kaya raya untuk bisa meraih kemerdekaan finansial? Tidak juga. Kamu tidak harus menjadi miliuner atau ‘sultan’ untuk bisa meraih merdeka finansial. Maka dari itu, perlu dicatat bahwa kebutuhan yang dimaksud berbeda dengan keinginan semata, ya!

Untuk bisa mencapai kemerdekaan secara finansial, tentunya kamu harus mempersiapkan banyak hal agar dana yang dibutuhkan siap di masa depan nanti. Maka dari itu, hal-hal yang berhubungan dengan rencana keuangan memang sebaiknya sudah kamu siapkan dari sedini mungkin.

Jadi, konteks merdeka finansial yang dimaksud adalah ketika seseorang memiliki keuangan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tanpa harus bekerja tanpa henti atau harus bergantung secara finansial kepada orang lain.

Definisi merdeka finansial setiap orang tentunya berbeda-beda, tergantung dengan kebutuhan dan batas masing-masing. Namun, seseorang sudah bisa dikatakan telah meraih merdeka finansial selama mereka bisa hidup dengan layak, bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari, serta tidak memiliki hutang.

Tips untuk Meraih Merdeka Finansial

Tips untuk Meraih Merdeka Finansial

Apakah ini berarti persiapan untuk meraih merdeka finansial hanya bisa dilakukan oleh anak muda saja? Sebenarnya, persiapan untuk meraih merdeka finansial bisa dilakukan siapapun tanpa memandang umur. Semua orang bisa meraih merdeka finansial asal mereka dapat mengatur keuangan dengan baik dan menyisihkan tabungan untuk hari tua. 

Jika kamu sudah meraih merdeka finansial sejak muda, masa depan kamu sudah pasti terjamin dan kamu tidak perlu lagi mengkhawatirkan masa pensiun. Keuangan dipastikan sudah terjamin sehingga kamu pun bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa perlu memusingkan biaya, tunjangan, dan semacamnya.

Lantas, apa saja yang harus dilakukan agar bisa meraih merdeka finansial? Berikut adalah beberapa tips serta langkah yang bisa kamu lakukan agar bisa meraih merdeka finansial dan memiliki tabungan masa depan yang terjamin.

Susun rencana keuangan secara berkala

Langkah yang satu ini akan membantu kamu untuk bisa mengontrol jumlah pengeluaran keuangan kamu. Untuk memulai, kamu bisa menggunakan metode 4-3-2-1 yaitu 40% penghasilan untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk membayar cicilan atau hutang, 20% untuk ditabung, dan 10% untuk sedekah.

Melunasi hutang sesegera mungkin

Hutang maupun cicilan yang dibiarkan terlalu lama hanya akan membuat kamu kewalahan saat harus melunasinya, apalagi jika kamu membayar lewat batas waktu sehingga harus membayarkan denda. Oleh karena itu, pastikan bahwa hutang kamu sudah terbayar lunas sesegera mungkin agar keuangan kamu tetap stabil.

Hindari kebiasaan konsumtif

Daripada membeli barang ataupun hal lain berdasarkan keinginan, kamu harus memprioritaskan kebutuhan terlebih dulu. Jika terus dituruti, kebiasaan konsumtif hanya akan menyebabkan pemborosan yang membuat kamu kesulitan untuk menabung.

Siapkan dana pensiun

Seperti yang disebutkan, seseorang baru bisa dikatakan telah meraih merdeka finansial jika mereka bisa hidup dengan layak dan kebutuhannya terpenuhi. Jika kamu sudah menyiapkan dan memenuhi tabungan pensiun dari sedini mungkin, maka keuangan kamu akan terjamin bahkan ketika kamu sudah tidak lagi bekerja.

Sisihkan penghasilan untuk tabungan serta dana darurat

Selain dana pensiun, kamu juga harus menyiapkan sejumlah biaya lain untuk tabungan maupun dana darurat. Tabungan bisa kamu gunakan untuk rencana masa depan seperti untuk pernikahan, biaya bersalin, dan sebagainya, sementara dana darurat digunakan jika kamu mengalami kejadian yang kurang menyenangkan seperti sakit mendadak atau mengalami PHK mendadak.

Mulai berinvestasi

Investasi merupakan langkah yang tepat untuk bisa menambah penghasilan. Jika kamu ingin meraih merdeka finansial, kamu bisa mulai berinvestasi dengan cara memulai bisnis sehingga keuangan kamu akan semakin terjamin di masa depan dan kamu pun bisa menabung keuntungan yang didapat dari bisnis tersebut ke tabungan masa tua nanti.

Setelah membaca artikel mengenai tips untuk meraih merdeka finansial, apakah kamu semakin tertarik untuk memulai bisnis milikmu sendiri untuk menambah penghasilan? Nah, saat ini bisnis online menjadi semakin mudah dengan adanya OY! Bisnis. Ayo gabung dengan OY! Bisnis sekarang juga dan nikmati manfaatnya!

Tingkatkan Transaksi Bisnis Milikmu dengan OY! Bisnis

OY! Indonesia memiliki tujuan untuk membantu para pemilik bisnis untuk bisa melakukan transaksi pembayaran secara digital dengan mudah dan efisien. Oleh karena itu, OY! Indonesia melalui OY! Bisnis menyediakan beragam produk finansial yang bisa dimanfaatkan bagi para pebisnis untuk meningkatkan penjualan serta mengembangkan bisnis mereka. 

Lewat layanan yang dimiliki OY! Bisnis, kamu bisa menyediakan berbagai metode pembayaran untuk memudahkan pelanggan saat membayar orderan. Ada pun opsi pembayaran yang bisa disediakan adalah transfer bank, e-wallet, hingga QRIS.

OY! Bisnis juga sudah tersambung dengan lebih dari 100 bank di Indonesia serta berbagai macam jenis e-wallet sehingga kamu bisa melakukan transfer dana ke berbagai tujuan dengan mudah.

Dengan banyaknya pilihan fitur yang disediakan, baik kamu sebagai pebisnis maupun pelanggan akan mendapatkan kenyamanan bertransaksi sehingga bisa mengoptimalkan penjualan di bisnis kamu.

Bagaimana, setelah mengetahui berbagai macam keuntungannya apakah kamu semakin tertarik untuk mendaftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis? Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan nikmati manfaatnya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023