Tips Tetap Hemat Saat Harus Mengontrak Rumah

Luthfa
|
May 3, 2021

Tips Tetap Hemat Saat Harus Mengontrak Rumah - Sudah menjadi rahasia umum bila harga rumah saat ini nggak bisa dikatakan murah. Kenaikannya yang cukup tinggi setiap tahun membuat seseorang jadi sulit memilikinya. Alhasil, banyak orang yang memilih untuk mengontrak selama menabung untuk membeli rumah.

Namun, mengontrak juga nggak semurah yang dibayangkan karena ada beberapa pengeluaran rutin yang harus dilunasi setiap bulannya. Jika sudah begini, menabung pun jadi kegiatan yang sulit dilakukan.

Meski pemikiran-pemikiran ini kerap menghantuimu, jangan khawatir. Selalu ada triknya biar kamu bisa berhemat sekaligus menabung saat harus mengontrak rumah.

Lantas, tips hemat apa saja yang bisa dilakukan? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Biaya yang Biasanya Harus Dibayar Saat Mengontrak Rumah

Setiap orang memang punya kebutuhannya masing-masing. Inilah alasannya mengapa pengeluaran orang setiap bulannya berbeda. Namun, di saat mengontrak rumah ada beberapa hal yang tetap harus dibayarkan setiap bulannya. Berikut daftarnya.

Uang sewa

Tips tetap hemat saat harus mengontrak rumah

Ini menjadi hal paling utama yang harus dibayar tiap bulannya. Baik sewa per bulan atau per tahun, kamu tetap harus menyisihkan uang setiap bulannya. Jika memang sewa tahunan, kamu bisa membagi uang sewa menajadi 12 untuk mengetahui uang yang harus disiapkan setiap bulan.

Listrik dan air

Mengontrak rumah atau tinggal di rumah sendiri, kamu harus tetap membayar uang listrik dan air. Meski jumlahnya nggak begitu besar, tapi tetap saja kamu nggak boleh melewatkannya. Biasanya, uang listrik dan air disesuaikan dengan kebutuhan harianmu.

Makan harian

Walaupun masih mengontrak, nggak ada salahnya untuk masak sendiri. Sebab, dengan masak sendiri, kamu nggak hanya berhemat tapi juga menjadi lebih sehat.

Belanja rutin

Ini adalah kebutuhan pokok yang nggak bisa ditinggalkan. Setiap bulannya, kamu harus membeli kebutuhan bulanan seperti sabun untuk mandi, deterjen untuk mencuci, dan lain sebagainya. Pastikan kamu membelinya secara rutin dan sekaligus sehingga kamu bisa mengetahui jumlah uang yang dikeluarkan setiap bulannya untuk kebutuhan ini.

Pulsa dan internet

Kebutuhan akan pulsa dan internet juga nggak kalah penting di era digital seperti ini. Kalau belum pasang layanan Wifi, mau nggak mau kamu harus membeli paket data dengan kuota yang lebih besar. Meski begitu, batasi anggarannya agar uangmu nggak terbuang sia-sia.

Tips Tetap Hemat Saat Harus Mengontrak Rumah

Kalau sudah tahu pengeluaran apa saja yang harus dikeluarkan setiap bulannya, kini saatnya kamu menerapkan tips berhemat berikut ini. Dijamin, dengan melakukannya kamu bukan hanya sehat secara finansial tapi juga bisa menabung untuk membeli rumah impian.

Pilih lokasi yang strategis

Tips tetap hemat saat harus mengontrak rumah

Demi bisa berhemat, pilihlah lokasi rumah kontrakan yang strategis. Usahakan yang dekat dengan kantor atau fasilitas publik seperti rumah sakit dan supermarket. Selain itu, lokasi rumah kontrakan juga harus yang dilalui dengan kendaraan umum, minimal dekat dengan halte bus atau stasiun kereta. Jadi, ketika harus bepergian, kamu nggak perlu menggunakan ojek dan taksi online yang tarifnya bisa bikin dompet kering.

Sisihkan uang bulanan lebih

Cara ini bisa kamu lakukan untuk punya simpanan lebih. Jadi, kalau kamu harus membayar uang sewa rumah kontrakan senilai Rp2 juta setiap bulannya, kamu bisa melebihkan Rp200 – Rp300 ribu. Uang lebih ini nantinya bisa kamu simpan ke rekening yang berbeda supaya nggak tercampur.

Fungsinya, uang ini dapat dijadikan sebagai dana cadangan. Atau kamu juga bisa menggunakannya sebagai dana darurat yang sewaktu-waktu bisa digunakan saat dihadapkan dengan keadaan mendesak. Jika kamu rutin melebihkan sedikitnya Rp200 ribu setiap bulannya, berarti kamu berhasil mengumpulkan Rp2,4 juta tiap tahun.

Belanja bulanan di awal bulan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, belanja kebutuhan bulanan harus dilakukan secara rutin dan juga sekaligus. Hal ini sengaja dilakukan guna menghemat pengeluaranmu. Sebab, apabila semua kebutuhan bulanan tersebut dibeli secara satu per satu, besar kemungkinan kamu akan membeli barang-barang di luar kebutuhan pokok.

Supaya lebih hemat, manfaatkan promo supermarket atau e-commerce yang biasanya diberikan saat momen-momen tertentu. Saat hari itu tiba, sebaiknya beli barang lebih banyak agar bisa menstok barang untuk kurun waktu yang lebih lama.

Masak sendiri

Dengan masak sendiri, kamu bisa berhemat lebih banyak lagi. Nggak perlu masak lauk yang ribet, cukup buat menu sehat sederhana yang bisa disantap bersama keluarga. Biar makin menghemat pengeluaran, jangan lupa bawa bekal ke kantor atau ke tempat beraktivitas.

Investasi

Tips tetap hemat saat harus mengontrak rumah

Mengontrak rumah bukan berarti nggak bisa investasi, kan? Jika punya uang lebih, sisihkan uangmu tersebut untuk investasi. Sebagi permulaan, kamu bisa membeli emas atau reksadana yang nggak butuh modal besar. Nah, kalau ada uang lebih, tambahkan lagi investasimu.

Percaya, deh, investasi yang kamu lakukan saat ini akan berkembang bila dilakukan dengan sungguh-sungguh. Siapa tahu, keuntungannya bisa kamu gunakan sebagai uang down payment (DP) membeli rumah.Itu dia, tips tetap hemat saat harus mengontrak rumah. Bagaimana, meski masih mengontrak, kamu masih tetap bisa mengumpulkan uang untuk DP rumah, kan?

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023