Tips Penting Transfer Antar Bank Secara Online

Atia Nadira
|
May 3, 2021

Segala sesuatu yang dilakukan lewat dunia maya, misalnya transfer antar bank secara online, jauh lebih praktis dibandingkan secara offline. Namun, di balik praktisnya transfer uang online, kamu harus berhati-hati saat melakukan transaksi tersebut.

Tujuannya jelas agar kamu terhindar dari hal-hal yang nggak diinginkan. Supaya transaksi yang kamu lakukan berjalan aman dan lancar, sebaiknya perhatikan dulu beberapa tips penting transfer antar bank secara online berikut ini!

1. Perhatikan Rekening yang Dituju secara Teliti

Perhatikan Rekening yang Dituju secara Teliti adalah Tips Penting Transfer Online

Hal pertama yang perlu kamu lakukan saat ingin transfer antar bank secara online adalah memerhatikan rekening yang ingin kamu tuju secara teliti. Caranya adalah dengan mengisi nomor rekening dengan tepat di aplikasi mobile banking atau internet banking kamu agar nggak keliru dan salah tujuan. 

Tips ini sangat penting karena uang yang telah kamu transfer ke suatu rekening nggak akan bisa kembali lagi ke rekening kamu, kecuali kalau kamu meminta dikirim kembali uang tersebut oleh penerima uang. Namun, jika kamu terlanjur transfer uang ke nomor rekening yang nggak kamu kenal akibat salah ketik nomor rekening, kemungkinan besar kamu nggak akan bisa minta uang tersebut untuk dikembalikan ke rekening kamu.

2. Pilih Bank yang Dituju dengan Tepat

Pilih Bank yang Dituju dengan Tepat Saat Transfer Online

Selanjutnya, pastikan saat kamu ingin transfer antar bank secara online, kamu memilih bank yang dituju dengan tepat. Misalnya, jika kamu merupakan nasabah Bank Mandiri yang ingin transfer uang ke rekening Bank BNI, kamu bisa pilih opsi Bank BNI di aplikasi mobile banking atau internet banking yang umumnya sudah tertera di aplikasi tersebut.

Hal ini penting dilakukan karena sama dengan nomor rekening, bank yang ingin kamu tuju pun harus tepat agar proses transfer berhasil dilakukan dan tepat sasaran. Jadi, jangan sampai salah pilih bank ya!

3. Periksa Ulang Sebelum Melakukan Transaksi

Periksa Ulang Sebelum Melakukan Transaksi Online

Tips berikutnya adalah memeriksa ulang semua data transaksi sebelum melakukan transaksi. Data transaksi yang dimaksud di sini meliputi nama penerima, rekening tujuan (bank yang akan dituju), nomor rekening, jumlah uang yang akan ditransfer, dan deskripsi (jika perlu menulis catatan transaksi).

Tips ini sangat penting untuk dilakukan baik transaksi antar bank maupun transaksi ke bank yang sama online. Kalau kamu melakukan transaksi secara terburu-buru tanpa memeriksa ulang data transaksi kamu, kesalahan bertransaksi dapat terjadi dan bahkan merugikan kamu!

4. Simpan Bukti Transfer Setelah Melakukan Transaksi

Simpan Bukti Transfer adalah Tips Penting Transfer Online

Tips terakhir yang akan kita bahas adalah menyimpan bukti transfer setelah melakukan transaksi. Umumnya, setelah kamu melakukan transaksi melalui mobile banking, bukti transaksi akan muncul di layar smartphone kamu secara otomatis. Nah, kamu bisa menyimpan bukti transaksi tersebut di smartphone kamu.

Mengapa bukti transaksi harus disimpan? Bukti transaksi bisa kamu manfaatkan saat ada kesalahan transaksi, terutama saat belanja online.

Misalnya, kamu sedang belanja online dan sudah transfer uang ke penjual belanjaan online kamu, namun barang yang telah kamu bayar nggak dikirim oleh penjual tersebut. Kamu bisa pakai bukti transaksi yang telah kamu simpan untuk menagih uang yang telah kamu transfer kepada si penjual.

Itulah beberapa tips penting transfer antar bank yang bisa kamu terapkan saat bertransaksi secara online. Semoga tips-tips dari OY! ini bermanfaat ya, khususnya bagi kalian yang sering transfer antar bank online.

Umumnya, jika kamu melakukan transaksi antar bank melalui mobile banking, internet banking, atau mesin ATM, kamu akan dikenakan biaya transfer atau biaya admin. Semakin sering kamu melakukan transaksi, semakin banyak uang yang harus kamu keluarkan hanya untuk membayar biaya transfer.

Kamu pasti ingin melakukan transaksi antar bank tanpa harus memikirkan tentang biaya transfer yang mahal, kan? Nah, kita punya solusinya nih untuk kamu!

Dengan memakai aplikasi OY! Indonesia saja! OY! Indonesia menyediakan layanan transfer antar bank gratis loh. Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan melalui layanan dari OY! Indonesia.

Transfer antar bank lewat OY! gratis, mudah, dan praktis. Bagi kalian yang ingin transfer uang dengan nominal yang besar, jangan khawatir! Klik tautan ini untuk tahu lebih lanjut!


Tunggu apa lagi? Download aplikasi OY! Indonesia sekarang untuk memperoleh keuntungan saat bertransaksi! Be Smart, Be OY!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023