Atur Keuangan Harian dengan Tips Ini!

Atia Nadira
|
May 3, 2021

Apakah kamu mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan kamu?  Cara mengatur keuangan yang baik tentunya memerlukan strategi yang efektif. Jika kamu nggak punya strategi yang efektif, uang kamu bisa cepat habis. 

Untuk mengatur keuangan dengan baik, kamu harus mengubah beberapa hal dalam pemakaian uang. Kamu bisa mulai dari pengaturan keuangan harian kamu dulu.

Mengatur keuangan harian nggak sesulit yang kamu bayangkan kok. Dengan melakukan beberapa upaya yang mudah, kamu bisa membuat keuangan harian kamu jadi lebih teratur.

Lantas, bagaimana cara mengatur keuangan harian? OY! punya beberapa tips mudah yang bisa kamu terapkan agar keuangan harian kamu lebih teratur. Ingin tahu apa saja tipsnya? Simak artikel OY! berikut ini!

Tips Mudah Mengatur Keuangan Harian ala OY! Indonesia

Pengaturan finansial bisa dimulai dari mengatur keuangan harian kamu. Kira-kira bagaimana cara mengatur keuangan harian dengan baik dan benar?

Tenang, OY! telah menyiapkan tips mudah buat kamu yang ingin mulai mengatur keuangan harian agar bisa lebih baik dari sebelumnya. Catat tipsnya berikut ini ya!

Ketahui Penghasilan Rata-rata Harian

Ketahui Penghasilan Rata-rata Harian

Untuk memulai pengaturan keuangan harian, alangkah baiknya jika kamu ketahui dahulu berapa jumlah rata-rata penghasilan harian yang kamu dapatkan. Hal ini bisa menjadi patokan atau budget pengeluaran kamu dalam satu hari.

Jika kamu belum memiliki penghasilan tetap, kamu bisa membuat perkiraan atau estimasi penghasilan harian kamu. Walau hasil yang diperoleh bisa berbeda-beda, pilihlah nominal terkecil sebagai patokan atau batasan penggunaan uang kamu.

Sebagai contoh, penghasilan harian kamu berkisar antara Rp150.000 - Rp200.000. Nah, Rp150.000 bisa dijadikan sebagai patokan pengeluaran harian atau budget harian kamu. Tentunya, kamu harus cerdas dalam menggunakan uang tersebut. Usahakan sebagian dari uang tersebut ditabung.

Rencanakan Pengeluaran Harian

Rencanakan Pengeluaran Harian

Segala sesuatu yang direncanakan pasti bisa membuat semuanya menjadi lebih teratur, termasuk pengaturan keuangan. Kamu harus merencanakan apa yang akan kamu beli atau lakukan dengan uang kamu dan menjadikan budget harian sebagai pertimbangan.

Penting sekali untuk merencanakan pengeluaran kamu agar uang yang kamu keluarkan bisa kamu atur sesuai kebutuhan. Jadi, sebelum menggunakan uang, pastikan sudah direncanakan dengan baik sebelum menyesal di kemudian hari ya!

Catat Semua Pengeluaran

Catat Semua Pengeluaran saat Mengatur Keuangan

Dengan mencatat setiap pengeluaran yang telah kamu keluarkan, pengaturan keuangan kamu otomatis akan lebih teratur. Kamu jadi bisa tahu berapa saja uang yang sudah keluar dan berapa sisa uang yang bisa kamu keluarkan pada hari itu.

Jangan lupa untuk membuat rincian pengeluaran kamu selengkap mungkin setelah mengeluarkan uang, ya! Jika kamu membuat catatan pengeluaran yang lengkap, kamu jadi nggak lupa dengan pengeluaran kamu dan bahkan bisa dijadikan sebagai evaluasi untuk hari-hari berikutnya.

Prioritaskan Kebutuhan Daripada Keinginan

Mengatur Keuangan dengan Memprioritaskan Kebutuhan Daripada Keinginan

Saat menggunakan uang, pastinya kamu harus selalu bijak agar terhindar dari hal yang merugikan. Oleh karena itu, kamu harus memprioritaskan kebutuhan daripada keinginan kamu.

Misalnya, kebutuhan-kebutuhan seperti biaya untuk makan dan minum harus selalu diutamakan karena sudah menjadi kebutuhan dasar manusia. Keinginan untuk membeli barang-barang tertentu yang sifatnya nggak terlalu penting dan hanya untuk hobi saja bisa kamu kesampingkan dulu.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk memaksimalkan pengaturan keuangan harian kamu. Kami harap tips-tips ini bermanfaat dan dapat membuahkan hasil yang dapat menguntungkan kamu!

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kamu harus memprioritaskan kebutuhan kamu sebelum fokus kepada keinginan kamu. Contohnya adalah pembayaran biaya transfer antar bank.

Mengapa biaya transfer antar bank perlu diprioritaskan? Alasannya adalah banyak pembayaran seperti tagihan bulanan yang dibayar dengan mengirim uang ke rekening bank lain. 

Umumnya, setiap transaksi antar bank akan dikenakan biaya transfer. Semakin sering transfer antar bank, semakin besar pula biaya transfer yang harus dibayar.

Andaikan kamu nggak harus membayar biaya transfer antar bank pasti kamu jadi lebih hemat dan bisa menggunakan uang tersebut untuk kepentingan lain, kan?

Nah, kami punya cara khusus buat kamu agar bisa menghindari biaya transfer antar bank yang mahal. Caranya adalah dengan menggunakan fitur transfer antar bank gratis milik OY! Indonesia, yaitu OY! Plus.

Transfer Antar Bank Gratis dengan OY! Plus

Dengan menggunakan OY! Plus, kamu bisa melakukan transfer antar bank sebanyak-banyaknya tanpa harus membayar biaya transfer! Kemana pun bank yang ingin kamu tuju, kamu bisa transfer uang dengan praktis dan mudah dalam satu waktu.

Apakah kamu perlu transfer antar bank secara berkali-kali dengan nominal yang cukup besar pula? OY! Plus menyediakan paket berlangganan yang memungkinkan kamu untuk transfer antar bank berulang kali tanpa harus rugi!

Layanan transfer antar bank gratis OY! Plus hanya tersedia di aplikasi OY! Indonesia. Kamu bisa download aplikasi tersebut secara gratis di smartphone kamu!

Tunggu apa lagi? Download aplikasi OY! Indonesia sekarang untuk mendapat layanan transfer antar bank gratis! Be Smart, Be OY!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023