Tips Mengatur Keuangan Agar Bisa Berkurban di Hari Raya Idul Adha

Arin
|
June 21, 2022

Tips Mengatur Keuangan Agar Bisa Berkurban di Hari Raya Idul Adha - Hari Raya Idul Adha merupakan salah satu momen perayaan besar yang dilakukan oleh umat muslim pada saat bulan Dzulhijjah. Tahun ini, Hari Raya Idul Adha diperkirakan jatuh di tanggal 10 Dzulhijjah 1443 H atau 9 Juli 2022 mendatang.

Di bulan yang satu ini, umat muslim akan berlomba-lomba untuk menambahkan amal kebaikan mereka dengan berbagai cara dari berkurban sampai melaksanakan kegiatan lebaran haji. Akan tetapi pada saat momen Idul Adha, umat muslim dianjurkan untuk mengutamakan beramal melalui kegiatan berkurban, terutama bagi mereka dari kalangan mampu.

Umumnya, umat muslim di Indonesia akan berkurban hewan ternak berupa sapi, kambing, atau domba. Hewan kurban lalu akan disembelih setelah shalat Idul Adha selesai dilaksanakan dan hasil dagingnya akan dibagikan ke kalangan yang membutuhkan.

Kegiatan kurban ini selain bisa menambahkan amal kebaikan bagi mereka yang berkurban, juga mengajarkan agar umat muslim bisa terus bersyukur atas rezeki yang diberikan oleh Allah SWT.

Tips Mengatur Keuangan Agar Bisa Berkurban di Hari Raya Idul Adha

Walaupun merupakan kegiatan yang mulia, tetapi tidak bisa dimungkiri bahwa kegiatan berkurban membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sekarang saja, harga domba sudah menembus angka Rp 1,5 jutaan dan harga sapi kurban nyaris menyentuh angka Rp 20 juta per ekornya atau sekitar Rp 3 juta setelah dibagi-bagi.

Tips Mengatur Keuangan Agar Bisa Berkurban di Hari Raya Idul Adha

Akan tetapi, tentunya sebagai umat muslim, terutama bagi yang mampu secara finansial, kegiatan berkurban ini merupakan kegiatan yang wajib dilakukan pada saat momen Idul Adha. 

Oleh karena itu, bagi yang hendak berkurban pada saat momen Idul Adha harus pintar mengatur keuangan mereka dari jauh-jauh hari agar uang yang terkumpul cukup untuk membeli hewan kurban sebelum Idul Adha.

Berikut adalah tips-tips dari kami dalam mengatur keuangan dengan baik agar kamu bisa mengumpulkan uang yang cukup untuk bisa berkurban di Hari Raya Idul Adha.

Menyisihkan uang tiap bulannya

Hal pertama yang harus kamu lakukan agar bisa mengumpulkan uang untuk berkurban adalah dengan cara menyisihkan sejumlah uang di tiap bulannya, paling tidak satu tahun sebelum momen Idul Adha. 

Sebelum melakukan langkah ini, kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu hewan ternak jenis apa yang hendak kamu kurbankan. Misalnya, jika kamu akan berkurban kambing maka kamu akan memerlukan uang sejumlah kurang lebihnya Rp 2 juta. Kamu pun harus menyiapkan dana tambahan untuk berjaga-jaga jika ada kenaikan harga.

Kamu bisa menyisihkan uang berjumlah Rp 250 ribu setiap bulan jika kamu sudah mulai menabung sejak sepuluh bulan sebelumnya. Dengan begitu, kamu pun akan memiliki Rp 2,5 juta pada saat momen Idul Adha yang bisa kamu pakai untuk membeli hewan kurban.

Kurangi pengeluaran yang tidak perlu

Hal kedua yang bisa kamu lakukan agar bisa mengumpulkan uang yang cukup untuk berkurban adalah dengan cara mengurangi pengeluaran yang tidak perlu, seperti makan di restoran setiap hari atau berbelanja impulsif yang bukan kebutuhan harian.

Memang, hal ini bisa terdengar cukup sulit untuk dilakukan dan membutuhkan komitmen yang kuat agar bisa dilaksanakan dengan disiplin. Oleh karena itu, kamu bisa memulai dari hal-hal kecil seperti mulai membawa bekal dan memasak makanan sendiri atau membuat catatan saat belanja agar kamu tidak membeli barang yang tidak tertulis di catatan tersebut.

Tips Mengatur Keuangan Agar Bisa Berkurban di Hari Raya Idul Adha

Selain itu, kamu juga bisa membuat rekening atau tempat tabungan khusus agar kamu bisa dijauhi dari godaan dalam menggunakan uang tersebut sehingga pada saat momen Idul Adha, kamu akan memiliki uang yang cukup untuk membeli hewan kurban.

Ikut arisan kurban atau pertimbangkan jasa pihak ketiga

Saat ini sudah ada banyak arisan serta lembaga yang bisa membantu kamu untuk menyiapkan dana jauh-jauh hari sebelum momen Hari Raya Idul Adha. Jika kamu merasa kesulitan untuk menabung secara mandiri, kamu bisa mempertimbangkan menggunakan jasa pihak ketiga dalam menyisihkan uang untuk berkurban.

Jasa pihak ketiga juga bisa membantu kamu yang ingin berkurban sapi, misalnya, tetapi belum memiliki kemampuan finansial yang cukup untuk membeli satu ekor sapi sendirian. Umumnya, satu sapi kurban bisa dibagi-bagi hingga tujuh orang. Nah, pihak ketiga biasanya akan bantu mencarikan pihak lain yang juga ingin berkurban sapi sehingga kamu hanya perlu membayarkan bagian kamu saja.

Nah, demikian adalah beberapa tips dari kami mengenai cara dalam mengatur keuangan agar bisa berkurban di Hari Raya Idul Adha. Bagaimana? Apakah kamu juga tertarik untuk mulai menabung guna berkurban di Hari Raya Idul Adha berikutnya? 

Jika iya, ayo pertimbangkan memulai bisnis untuk menambah penghasilan dan bisa bantu menambah tabungan kurban kamu. Ayo segera gunakan OY! Bisnis agar transaksi di bisnis kamu menjadi lebih mudah dan praktis.

Gabung dengan OY! Bisnis dan Mulai Bisnismu Sekarang

 

OY! Bisnis menyediakan beragam produk finansial yang bisa dimanfaatkan bagi para pebisnis untuk meningkatkan penjualan serta mengembangkan bisnis mereka. 

OY! Bisnis juga memiliki tujuan untuk membantu para pemilik bisnis untuk bisa melakukan transaksi penjualan secara digital dengan mudah dan efisien. Lewat produk yang dimiliki OY! Bisnis, kamu bisa menyediakan berbagai metode pembayaran untuk memudahkan pelanggan saat membayar orderan. Ada pun opsi pembayaran yang bisa disediakan adalah transfer bank, e-wallet, hingga QRIS. 

Dengan banyaknya pilihan opsi metode bayar, pelanggan jadi bisa menyesuaikan dengan metode yang mereka inginkan. Selain itu, OY! Bisnis juga memudahkan proses rekonsiliasi keuangan bisnis kamu karena kamu bisa mengecek seluruh riwayat transaksi di dalam satu dashboard.

Bagaimana, semakin tertarik untuk menggunakan OY! Bisnis dalam memulai bisnismu? Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan nikmati manfaatnya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang