Tips Memilih Payment Gateaway untuk Bisnis

Luthfa
|
May 3, 2021

Di era digital seperti sekarang ini, sistem pembayaran telah berkembang begitu pesat. Dari yang tadinya hanya mengandalkan pembayaran dengan cara konvesioanl, kini masyarakat telah dimudahkan dengan kecanggihan sistem digital. 

Salah satu bentuk kemudahan yang dapat dinikmati masyarakat adalah payment gateaway. Bagi para pebisnis yang terbiasa melaksanakan jual beli secara daring mungkin sudah familiar dengan istilah istilah ini.

Namun bagi yang belum pernah, payment gateaway adalah metode transaksi dan pembayaran melalui pihak ketiga. Payment gateaway juga telah terjaga keamanannya lantaran sudah melalui proses verifikasi dari Bank Indonesia.

Penggunaan payment gateaway sendiri memang diperuntukkan untuk para pebisnis yang telah memiliki banyak pelanggan. Dengan metode pembayaran ini, penjual tidak perlu repot menyediakan banyak rekening bank demi melayani pembayaran transfer dari konsumen karena pihak payment gateaway yang akan menyediakan opsi pembayarannya.

Payment gateaway sejatinya tidak hanya memudahkan penjual, tapi juga pembeli. Sebab, pembeli dapat leluasa melakukan pembayaran sesuai dengan keinginan mereka. Selain lebih mudah dan efisien, adanya sistem pembayaran melalui payment gateaway rupanya juga mampu menambah kepercayaan bagi pelanggan baru.

Untuk itulah, penting bagi para pebisnis untuk menggunakan payment gateaway. Ada pun beberapa keuntungan yang bisa didapat para pemilik usaha dengan payment gateaway:

  • Kemudahan verifikasi pembayaran oleh konsumen dengan kartu kredit, debit, modern channel, hingga uang elektronik
  • Mampu memproses transaksi secara massal sehingga meningkatkan efisiensi
  • Menjaga kredibilitas usaha Anda sebab sistem ini dapat mendeteksi penipuan (fraud)
  • Dilengkapi dengan dashboard berbasis web yang menunjukkan keberlangsungan transaksi sehingga membantu penjual dan pembeli dalam proses rekonsiliasi data secara otomatis

Tips Memilih Payment Gateaway untuk Bisnis Anda

tips memilih payment getaway untuk bisnis

Dalam memilih payment gateaway untuk bisnis, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut tips memilih payment gateaway yang sesuai untuk bisnis Anda.

Sesuaikan dengan kebutuhan

tips memilih payment getaway untuk bisnis

Di Indonesia, ada begitu banyak payment gateaway yang siap membantu bisnis Anda. Bahkan banyak dari mereka yang sudah memiliki nama besar sehingga sangat populer di telinga para pebisnis.

Namun, pastikan Anda memilih payment gateaway yang memang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Selain itu, pilih payment gateaway yang kredibel di Indonesia dan pastinya telah mengantongi izin dari Bank Indonesia.

Pertimbangkan benefit yang ditawarkan

tips memilih payment getaway untuk bisnis

Setiap payment gateaway pasti menawarkan benefit metode pembayaran online masing-masing. Baik metode pembayaran dengan transfer bank, credit card, atau uang elektronik, benefit yang disediakan pasti berbeda. Agar bisnis Anda berjalan lancar, pertimbangkan metode pembayaran yang ditawarkan dan sesuaikan dengan kenyamanan yang akan dirasakan konsumen.

Jaminan sistem keamanan

tips memilih payment getaway untuk bisnis

Payment gateaway yang terpercaya adalah yang mampu menjamin sistem keamanan transaksi. Selain memastikan bahwa payment gateaway tersebut telah mendapatkan lisensi dari Bank Indonesia, Anda juga harus mengecek tingkat keamanan sistem pembayarannya.

Setidaknya ada tiga prosedur standar keamanan yang harus dimiliki pihak payment gateaway untuk mengantisipasi pencurian data pelanggan, di antaranya Address Verification System (AVS) yang berfungsi untuk memeriksa rincian tagihan pelanggan, kemudian ada Card Security Code (CV2) yang befungsi untuk mencocokkan tiga digit terakhir nomor kartu kredit atau debit yang dimasukkan pembeli, lalu 3D Secure Password yang berguna untuk melakukan otorisasi pembayaran.

Pertimbangkan waktu yang dibutuhkan untuk integrasi

tips memilih payment getaway untuk bisnis

Pertimbangkan juga durasi waktu yang dibutuhkan untuk melakukan proses integrasi. Semakin cepat prosesnya, artinya Anda dapat menerima pembayaran dalam waktu yang cepat juga.

Harga dan biaya lain-lain

tips memilih payment getaway untuk bisnis

Penting untuk melihat harga dan biaya lainnya. Ya, pada umumnya pihak payment gateaway akan membebankan biaya per transaksi, biaya bulanan, dan biaya pengaturan. Sebelum memilih layanan, pastikan Anda mengetahui berapa banyak biaya yang harus dibayarkan, serta nominal angkanya.

Selain itu, cek juga apakah ada biaya lain yang nantinya akan dibebankan atau tidak. Dengan begitu, Anda jadi bisa mengkalkulasikan layanan payment gateaway mana yang memiliki biaya layanan termurah tanpa harus mengurangi kualitas layanan.

Bergabung dengan OY! Bisnis, Payment Gateaway Indonesia Terlengkap

Jika Anda mencari payment gateaway yang mempu meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembayaran bisnis Anda, maka OY! Bisnis adalah jawabannya. Sebagai salah satu payment gateaway Indonesia terlengkap, OY! Bisnis akan mempermudah transaksi Anda dengan para customer melalui fitur yang dimilikinya.

Lewat OY! Bisnis, Anda dapat menerima pembayaran transfer dari pelanggan tanpa harus mengeceknya satu per satu. Semua transaksi pun akan ditampilkan dalam satu dashboard berbasis web sehingga memudahkan Anda dalam melakukan rekonsiliasi data. Untuk itu, mari daftarkan bisnis Anda di OY! Bisnis dan nikmati kemudahan dalam bertransaksi!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023