Tips Kirim Uang ke Luar Negeri

Shafira
|
May 3, 2021

Kirim uang ke luar negeri bukanlah lagi hal yang sulit. Terlebih lagi, kini telah hadir berbagai layanan pengiriman uang ke luar negeri yang semakin memudahkan jalannya proses remitansi. Dengan perkembangan teknologi seperti sekarang, kegiatan remitansi kini kerap dilakukan oleh banyak orang.

Proses remitansi berjalan seperti proses transfer antar bank lokal. Namun, terdapat beberapa faktor penting yang membedakan proses ini dari transfer antar bank lokal. Faktor-faktor tersebut meliputi banyak hal seperti data rekening pihak penerima uang, biaya transfer, nilai tukar, serta layanan penyedia jasa remitansi. 

Nah, buat kamu yang ingin melakukan transfer uang ke luar negeri, simak tips berikut agar proses kirim uang ke luar negeri makin lancar.

Tips Kirim Uang ke Luar Negeri

Persiapkan Informasi yang Dibutuhkan

Kumpulkan informasi yang kamu perlukan sebelum mengirim uang, seperti data lengkap rekening penerima uang, kode transfer yang dibutuhkan, dan juga jenis data diri apa saja yang akan diminta untuk melakukan pengiriman uang.

Data rekening penerima uang harus lengkap dan akurat karena uangmu nggak bakal sampai kalau ada kesalahan sedikit pun. Contohnya, beberapa bank di Tiongkok mengharuskan menuliskan nama pemilik rekening dalam Hanyu Pinyin, sehingga kamu butuh informasi mengenai tulisan Hanyu Pinyin milik si penerima uang.

Pelajari Biaya Transfer yang Terkait

Mengetahui biaya pengiriman uang itu sangat penting karena biaya transfer ke luar negeri cenderung mahal. Biasanya setiap bank atau layanan penyedia jasa  remitansi memiliki tarif layanan yang berbeda-beda. Ada beberapa biaya yang perlu kamu perhatikan jika mengirim uang ke luar negeri:

Biaya Transfer Tetap (Fixed Rate Fee)

Beberapa layanan penyedia jasa remitansi (terutama bank) mengenakan biaya tetap untuk pengiriman uang.

Nilai Tukar (Exchange Rate Fee)

Jenis biaya yang paling umum adalah biaya nilai tukar. Terkadang, beberapa layanan penyedia jasa remitansi akan memberikanmu biaya nilai tukar yang nggak sebagus nilai tukar dasar dan biaya tersebut biasanya berkisar harga pasar menengah. 

Komisi (Commission Fee)

Terkadang beberapa layanan juga mengenakan biaya komisi berdasarkan total nilai transfer.

Biaya Kartu Kredit  (Credit Card Fee)

Terkadang kamu juga perlu membayar biaya tambahan jika mendanai transfer dengan kartu kredit. Untuk mengetahui biayanya, kamu dapat menghubungi penerbit kartu kreditmu.

Biaya Penerimaan (Receiving Fee)

Dalam beberapa kasus, bank penerima akan mengenakan biaya untuk menerima uang ke dalam rekening.

Ketahui Jumlah Limit Transfer dan Lama Waktu Pengiriman Uang

Setiap layanan memiliki batasan limit transfer uang yang berbeda-beda. Jadi, kamu sebaiknya cari tahu terlebih dahulu mengenai limit transfer untuk proses remitansi. Untuk lama waktu pengiriman uang, proses remitansi masih tentatif. Terkadang hanya membutuhkan waktu tiga hari, tetapi bisa juga memakan waktu hingga lima hari. Banyak faktor yang mempengaruhi penerimaan uang di bank negara tujuan, seperti kebijakan anti pencucian uang, cut-off time masing-masing bank, atau pun jumlah uang yang dikirimkan. 

Pilih Layanan Penyedia Jasa Remitansi yang Tepat

Memilih penyedia jasa remitansi yang tepat merupakan salah satu kunci kelancaran dalam mengirim uang ke luar negeri. Pilihlah jasa remitansi yang terpercaya, kredibel, serta terdaftar dan diawasi oleh negara.

Jika kita melakukan transaksi pengiriman uang ke luar negeri dengan menggunakan jasa remitansi yang nggak terdaftar dan belum memiliki izin, transaksi kita dapat digolongkan sebagai tindakan pencucian uang.

Transfer ke Luar Negeri Bebas Ribet

Sekarang, kirim uang ke luar negeri bukanlah hal yang rumit. Terdapat berbagai layanan remitansi yang akan membantumu untuk melakukan pengiriman uang ke luar negeri. Saat ini OY! juga menyediakan layanan transfer internasional lho! Kamu dapat mengirim uang ke 12 negara yaitu Inggris, Prancis, Belanda, China, Korea Selatan, India, Vietnam, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Australia. 

OY! juga memiliki rate biaya kirim uang ke luar negeri yang murah dari aplikasi yang lain. Setiap transaksi akan dikenakan biaya Rp50.000, terkecuali ke China, kamu akan dikenai Rp89.000. Cukup dengan satu aplikasi, kamu nggak perlu ribet lagi untuk melakukan transaksi. Dengan dunia kamu yang bergerak cepat, kamu bisa menggunakan layanan transfer ke luar negeri dari OY! Sebagai andalanmu dalam transfer internasional. Unduh aplikasi OY! sekarang untuk mengetahui informasi lebih lanjut

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023