Ingin Lebih Hemat Saat Bulan Puasa? Ini Tipsnya!

Atia Nadira
|
May 3, 2021

Bulan suci Ramadhan seharusnya bisa menjadi kesempatan emas untuk menghemat uang, mengingat berbagai pengeluaran akan dipangkas, seperti biaya sarapan dan makan siang. Namun sayangnya, kenaikan harga sembako saat bulan puasa sudah menjadi tradisi tahunan di Indonesia.

Oleh karena itu, setiap orang wajib memiliki strategi pengaturan keuangan agar uang mereka nggak terhambur sia-sia. Walaupun kita nggak bisa mengubah situasi, bukan berarti nggak ada solusi yang dapat mengatasi hal-hal yang akan merugikan kita secara finansial.

Jika kamu ingin hemat pengeluaran saat bulan puasa, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan. Dengan melakukan tips-tips tersebut, tanpa disadari kamu bisa lebih hemat sehingga uang kamu bisa digunakan untuk keperluan lain.

Kira-kira apa saja tips yang bisa menghemat pengeluaran selama bulan puasa? Simak terus artikel OY! berikut ini!

Tips Hemat Pengeluaran Saat Bulan Puasa

Penghematan pengeluaran hanya bisa dicapai jika kamu bijak saat menggunakan uang kamu. Hal ini memanglah sebuah tantangan yang perlu dilakukan secara disiplin dan konsisten.

Tenang, penghematan uang saat bulan puasa nggak serumit yang dibayangkan kok. Berikut tips hemat pengeluaran saat bulan puasa. Catat ya!

1. Mencatat Rencana Keuangan

Mencatat Rencana Keuangan agar Lebih Hemat Saat Bulan Puasa

Upaya awal yang bisa kamu lakukan adalah mencatat rencana keuangan kamu. Catatan rencana keuangan di sini maksudnya adalah sebuah catatan yang berisi rencana penggunaan uang selama satu bulan ke depan secara detail.

Dengan memiliki catatan tersebut, pengaturan keuangan kamu otomatis menjadi lebih teratur karena kamu hanya tinggal mengikuti rencana keuangan kamu. Selain itu, kamu juga bisa membatasi pengeluaran kamu sehingga pengeluaran yang berlebihan bisa dihindari.

2. Berbelanja Kebutuhan untuk Satu Bulan ke Depan

Berbelanja Kebutuhan untuk Satu Bulan ke Depan Saat Bulan Puasa

Pembelian kebutuhan bulanan dalam jumlah besar ternyata bisa menghemat pengeluaran kamu loh. Mengapa demikian?

Jika kamu sudah terbiasa belanja seminggu sekali, cobalah untuk berbelanja dalam jumlah besar untuk satu bulan sekali. Penghematan uang melalui belanja bulanan seperti ini bisa kamu dapatkan karena beberapa faktor. Apa saja faktor-faktor tersebut?

Pertama, kamu nggak harus membayar ulang uang parkir dan mengeluarkan biaya lebih untuk isi bensin setiap kali berbelanja. Kedua, toko atau pasar swalayan umumnya akan memberikan potongan harga bagi pelanggan yang berbelanja dengan kuantitas besar.

OY! punya saran tambahan buat kamu agar bisa lebih hemat saat berbelanja bulanan. Usahakan untuk berbelanja kebutuhan seminggu sebelum memasuki bulan Ramadhan. Hal ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi naiknya harga-harga bahan pokok yang relatif tinggi pada awal bulan puasa. 

3. Membatasi Kegiatan Buka Puasa di Luar Rumah

Membatasi Kegiatan Buka Puasa di Luar Rumah

Pada bulan Ramadhan, undangan untuk buka puasa bersama atau bukber sudah menjadi hal yang akan sering kamu dapatkan, mulai dari bukber bersama teman sekolah hingga rekan kerja. Apabila kamu mengiyakan semua tawaran bukber yang kamu dapatkan, jangan heran kalau pengeluaran kamu menjadi berlipat ganda.

Hal ini sebetulnya tetap boleh kamu ikuti, hanya saja kamu harus memilah dan memilih acara bukber yang ingin kamu datangi. Jadi, nggak semua acara bukber akan kamu ikuti. Lagipula buka puasa di rumah di samping lebih sehat, kamu juga bisa lebih hemat, kan?

4. Membuat Menu Masakan untuk Satu Bulan

Membuat Menu Masakan untuk Satu Bulan

Menyiapkan menu masakan, baik untuk sahur maupun buka puasa, adalah alternatif yang menyehatkan dan menguntungkan. Apalagi bagi kamu yang sudah berkeluarga, menyiapkan makanan sendiri tentu akan lebih murah daripada membeli makanan dari luar.

Kamu bisa merancang kira-kira menu apa saja yang akan dimasak selama bulan puasa. Selain bikin kamu jadi nggak bingung saat masak, kamu juga bisa lebih sehat dan hemat karena berbuka puasa di rumah.

5. Menyesuaikan Kebutuhan dengan Kemampuan

Menyesuaikan Kebutuhan Dengan Kemampuan agar Bisa Lebih Hemat Saat Bulan Puasa

Tak ada larangan untuk menikmati uang yang kamu punya, asalkan jangan sampai menghamburkan uang secara berlebihan. Alangkah lebih baik jika kamu menggunakan uang kamu dengan bijak sesuai dengan kebutuhan kamu.

Kamu harus mempertimbangkan kemampuan dana yang kamu punya dengan kebutuhan kamu, misalnya kebutuhan rumah tangga. Prioritaskan kebutuhan kamu di atas segala keinginan kamu yang belum terealisasi atau tercapai.

Dengan memprioritaskan kebutuhan kamu, kamu bisa lebih hemat karena uang kamu bisa kamu simpan untuk kebutuhan di kemudian hari. Selagi bulan Ramadhan, uang yang kamu simpan tersebut juga bisa kamu donasikan sebagai amal pada bulan yang suci ini.

Sekian beberapa tips untuk menghemat pengeluaran saat bulan puasa. Selamat mencoba ya!

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, penghematan pengeluaran bisa dilakukan dengan memprioritaskan kebutuhan, misalnya pembayaran tagihan bulanan rumah tangga. Pembayaran tagihan umumnya dibayar melalui transaksi antar bank yang diikuti dengan pembayaran biaya transfer antar bank per transaksinya.

Bayangkan jika kamu harus melakukan berbagai pembayaran tagihan bulanan, biaya transfer yang dikenakan pasti cukup mahal. Lantas, bagaimana caranya agar bisa lebih hemat apabila hal tersebut terjadi?

Jangan khawatir! Ternyata kamu bisa melakukan transaksi antar bank sebanyak-banyaknya tanpa harus membayar biaya transfer loh. Solusinya adalah fitur transfer antar bank gratis yang dihadirkan oleh OY! Indonesia, yaitu OY! Plus.

Hemat Pengeluaran Transaksi dengan OY! Plus

OY! Indonesia merupakan suatu perusahaan fintech yang telah menyediakan berbagai fitur layanan keuangan yang bertujuan untuk memudahkan dan menguntungkan para penggunanya. Salah satu fitur tersebut adalah fitur OY! Plus yang memungkinkan pengguna untuk bertransaksi antar bank tanpa dikenakan biaya administrasi sama sekali secara praktis.

Dengan menggunakan OY! Plus, kamu jadi bisa lebih hemat karena nggak perlu bayar biaya transfer untuk segala macam pembayaran yang akan kamu lakukan. Alhasil, uang yang seharusnya buat pengeluaran biaya transaksi bisa kamu simpan, kan?

Apakah kamu perlu melakukan transaksi berkali-kali dengan nominal yang besar pula? Kamu bisa pakai paket berlangganan OY! Plus yang menyediakan kuota transaksi sebanyak puluhan kali hanya dengan sekali bayar. Ketahui lebih lanjut mengenai paket OY! Plus di sini.

Fitur OY! Plus ini hanya tersedia di aplikasi OY! Indonesia. Tunggu apa lagi? Download aplikasi OY! Indonesia sekarang untuk bisa menikmati keuntungan bertransaksi saat bulan puasa! Be Smart, Be OY!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023