Tips Hemat Biaya Transfer ke Luar Negeri

Shafira
|
May 3, 2021

Salah satu tantangan terbesar ketika kita transfer ke luar negeri adalah biaya transfer yang mahal. Apalagi kalau kamu harus transfer dalam jumlah besar ke negara yang cukup jauh, biaya pengiriman bisa bertambah dan kamu akhirnya harus mengeluarkan biaya lebih hanya untuk biaya ongkos kirim.

Menurut laporan terbaru dari Bank Dunia, biaya pengiriman uang secara global mencapai rata-rata 6,51% dari jumlah yang dikirim. Belum lagi ada biaya margin yang ditetapkan oleh bank. Walaupun begitu,kamu nggak perlu khawatir. OY! Telah menyusun tips yang bisa kamu ikuti untuk menghemat biaya transfer ke luar negeri. Mari simak artikel berikut ini.

Tips Hemat Biaya Transfer ke Luar Negeri

Apa Cara Termurah untuk Mengirim Uang ke Luar Negeri? 

Sebetulnya cara termurah untuk mengirim uang ke luar negeri bergantung pada banyak faktor seperti negara tujuan pengiriman uang, jumlah, metode transfer, dan juga opsi pengambilan uang. Terlebih lagi, setiap negara memiliki kebijakan-kebijakan tersendiri mengenai remitansi yang mempengaruhi biaya pengiriman uang. Apalagi nilai tukar mata uang itu fluktuatif, sehingga biaya transfer kadang nggak bisa diprediksi. Tetapi, ada beberapa hal yang bisa kamu ikutin biar hemat biaya transfer ke luar negeri.

Gunakan Layanan Remitansi Non-Bank

Di hampir setiap kasus, cara termurah untuk mentransfer uang ke luar negeri adalah dengan menggunakan layanan pengiriman uang non-bank. Meskipun bank mungkin merupakan pilihan ternyaman, biaya transfer mereka termasuk yang tertinggi dan nggak memiliki biaya patokan seperti biaya transfer antar bank domestik. 

Saat kamu menggunakan bank untuk mentransfer dana secara internasional, bank nggak hanya akan menagihmu dengan biaya pengiriman, tetapi juga akan menambahkan margin (biasanya hingga 5%) pada Suku Bunga Antar Bank. 

Misalnya, biaya untuk mengirim uang dapat berkisar setara dengan USD 20 hingga USD 50 dengan nilai tukar yang mencapai 2% hingga 3% sehingga kamu akan membayar lebih dalam nilai tukar dan biaya pengiriman jika kamu menggunakan bank untuk kirim uang. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan layanan remitansi non-bank seperti layanan remitansi digital yang memiliki biaya tetap untuk transfer ke luar negeri.

Memilih Layanan Remitansi Digital yang Tepat

Banyak parameter yang harus diperhatikan saat memilih layanan pengiriman uang yang tepat. Dengan mengetahui dengan jelas apa yang kamu butuhkan, kamu akan mendapatkan layanan yang tepat. Pertimbangkanlah hal-hal berikut ini ketika memilih layanan remitansi digital:

Harga

Jumlah transfer, kecepatan transfer, serta metode pembayaran dan pengiriman yang dipilih dapat memengaruhi harga.

Ketersediaan Layanan

Cari tahu ketersediaan layanan pengiriman uang di negara tujuan pengiriman uang.

Keamanan

Transfer online memang lebih nyaman daripada mengantri di bank atau agen pengiriman uang. Apa pun layanan penyedia remitansi digital yang kamu pilih, kamu harus yakin akan keamanannya.

Beralih ke Layanan Remitansi di Digital dengan Rates Termurah Se-Indonesia

Kalau kamu cari jasa pengiriman dengan biaya paling murah se-Indonesia, kamu bisa menggunakan OY! Indonesia. Jika dibandingkan dengan aplikasi remitansi lain, biaya layanan dan rates untuk kirim uang ke luar negeri adalah yang termurah di Indonesia.

Untuk transfer uang ke luar negeri hingga puluhan juta rupiah, kamu hanya dikenakan biaya sebesar Rp50.000. Tentunya kamu jadi nggak perlu khawatir bakal boros akibat biaya transfer kalau pakai OY! 

Cukup dengan satu aplikasi, kamu nggak perlu ribet lagi untuk melakukan transaksi. Dengan dunia kamu yang bergerak cepat, kamu bisa menggunakan layanan transfer ke luar negeri dari OY! Sebagai andalanmu dalam transfer internasional. Unduh aplikasi OY! sekarang untuk mengetahui informasi lebih lanjut

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023