Tips Bertransaksi Aman dengan Uang Elektronik

Mutia
|
May 3, 2021

Dengan berbagai kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan saat menggunakan uang elektronik, pastinya semakin banyak orang yang minat dengan layanan tersebut. Selain lebih praktis, uang elektronik nggak berkurang karena potongan bunga atau biaya lainnya.Nah, apakah kamu salah satu pengguna aplikasi uang elektronik atau dompet digital? Jika iya, pastinya kamu ingin uang elektronikmu tersimpan dengan aman tanpa harus khawatir adanya pihak yang nggak bertanggung jawab.Oleh karena itu, agar transaksi dengan uang elektronikmu lebih aman, perhatikan tips berikut ini ya.

Hindari WiFi Publik untuk Transaksi Keuangan

Walau uang elektronik bisa digunakan untuk transaksi keuangan di mana saja, menggunakan jaringan WiFi di tempat umum memiliki risiko tinggi untuk terjadinya pencurian data pribadi. Maka, kamu sangat disarankan untuk menggunakan jaringan internet pribadi saat melakukan transaksi keuangan.Jika kamu sudah terlanjut menggunakan WiFi di tempat publik, jangan lupa untuk memantau notifikasi yang masuk setelah melakukan transaksi keuangan. Jika ada notifikasi dari transaksi yang nggak kamu ketahui, segera hubungi pihak bank yang bersangkutan.

Belanja Online di Situs yang Terpercaya

uang elektronik

Saat menggunakan uang elektronik untuk kegiatan belanja online, pastikan situs atau aplikasi yang kamu pilih sudah terpercaya. Salah satu cara untuk memastikan situs yang kamu pilih itu aman adalah dengan cara melihat ikon ‘gembok’ di pojok kiri atas sebelum alamat situs.

Kamu juga bisa memastikan keamanan situs atau aplikasi tersebut dengan cara memeriksa adanya garansi atau pihak yang bertanggung jawab jika ada hal-hal yang nggak diinginkan.

Selain itu, jangan transfer langsung ke rekening pribadi penjual saat belanja online untuk menghindari penipuan.

Rutin Mengganti Password dan Gunakan Password yang Susah Ditebak

uang elektronik

Setelah melakukan transaksi, kamu juga bisa mengganti password atau nomor PIN secara berlaka dengan kombinasi angka dan huruf yang unik. Gunanya adalah agar sandi rahasiamu nggak mudah untuk ditebak atau diketahui oleh orang lain.

Selalu simpan passwordmu dengan baik dan jangan berikan PIN, password, dan OTP ke orang lain untuk menghindari pencurian data pribadi.

Isi Saldo Sesuai Kebutuhan

uang elektronik

Agar menghindari adanya phishing atau tindakan penipuan yang dapat merugikan, sebaiknya jangan mengisi uang elektronik dalam jumlah yang terlalu besar. Selain itu, pastikan kamu selalu memeriksa saldo uang elektronikmu secara rutin untuk mengetahui jika adanya transaksi yang dilakukan oleh orang lain.

Walau banyak kemudahan dan kenyamanan saat menggunakan uang elektronik, kamu tetap harus selalu berhati-hati dan bijak dalam menggunakannya. Agar transaksi keuanganmu aman, gunakan aplikasi yang bernama OY! Indonesia.

Selain aman, kamu juga bisa mendapatkan berbagai kemudahan dan keuntungan seperti transfer antar bank tanpa biaya admin, loh! Tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi OY! sekarang!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023