Tips Berhemat Selama Bulan Puasa

Luthfa
|
May 3, 2021

Tips Berhemat Selama Bulan Puasa - Ramadhan telah tiba! Di bulan penuh berkah ini, seluruh umat muslim di dunia tengah menjalankan ibadah puasa. Jika dipikir-pikir, menahan rasa haus dan lapar selama 13 jam lamanya seharusnya bisa bikin seseorang jadi lebih hemat.

Sebab makan dan minum hanya dilakukan saat dini hari dan malam hari. Selain itu, kebiasaan membeli camilan yang tadinya sehari 3 kali sehari menjadi berkurang, entah 2 kali sehari atau bahkan satu kali sehari. Namun, apakah benar begitu?

Faktanya, puasa nggak lantas bikin pengeluaran menurun. Malahan, selama bulan puasa pengeluaran jadi bisa melonjak atau bahkan sama saja seperti hari biasa. Keinginan untuk berbuka dengan berbagai makanan dan minuman seringkali membuat seseorang jadi konsumtif.

Belum lagi, kejutan promo bulan Ramadhan yang marak diberikan oleh e-commerce dan beberapa bank di Indonesia. Nah, kalau kamu mau menjalani ibadah puasa tahun ini dengan tetap berhemat, sebaiknya ikuti tips-tipsnya berikut ini.

Buat daftar menu selama bulan puasa

Tips berhemat saat puasa yang pertama adalah dengan membuat daftar menu selama bulan puasa. Tujuan membuat daftar menu ini semata-mata agar kamu lebih mudah mengatur makanan apa saja yang akan dikonsumsi selama sebulan penuh. Dengan begitu, kamu jadi bisa menghitung berapa banyak pengeluaran yang akan kamu habiskan selama bulan Ramadhan.

Tulis semua harga bahan makanan secara detail supaya uang yang dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan makanan yang dibeli. Jangan lupa untuk turut mencatat menu buka puasa selama sebulan agar kamu tak berlebihan saat membeli makanan untuk berbuka puasa.

Belanja kebutuhan untuk sebulan ke depan

tips berhemat selama bulan puasa

Kamu pasti sudah tahu, kan, kalau harga bahan pokok cenderung naik selama bulan Ramadhan. Nah, supaya pengeluaranmu nggak ikut membengkak akibat kenaikan harga ini, kamu bisa belanja bahan makanan yang bisa tahan lama untuk jangka waktu satu bulan ke depan.

Mumpung masih awal-awal bulan Ramadhan, kamu bisa belanja dari sekarang sebelum harga sembako semakin melonjak tajam. Biar makin hemat, manfaatkan promo atau diskon yang ditawarkan supermarket. Biasanya, berbagai e-commerce juga memberikan diskon spesial untuk pembelanjaan sembako khusus di bulan Ramadhan.

Memasak di rumah

Nggak punya keahlian memasak? Tenang, di era digital sekarang ini, kamu bisa belajar masak hanya dengan mengandalkan media sosial seperti YouTube. Apalagi, ada banyak menu praktis yang bisa kamu coba buat di rumah.

Dengan memasak sendiri, kamu jadi bisa menghemat pengeluaran selama bulan puasa. Supaya kegiatan memasak jadi terasa lebih menyenangkan, kamu bisa libatkan anggota keluarga untuk membantumu memasak di dapur.

Membuat kue Lebaran sendiri

tips berhemat selama bulan puasa

Pengin stock kue Lebaran di rumah? Di bulan puasa seperti ini pasti kamu akan menemukan banyak penjual kue Lebaran. Mulai dari harga termurah hingga yang dibanderol dengan harga fantastis pun ada. Namun, demi menghemat pengeluaran selama bulan Ramadhan, sebaiknya bikin saja kue Lebaran sendiri di rumah.

Tak perlu khawatir soal rasanya karena kamu bisa menemukan aneka resep kue Lebaran enak di internet. Supaya lebih hemat, belilah bahan-bahan kue dalam jumlah besar dan buatlah variasi kue Lebaran dari bahan-bahan yang sama.

Hilangkan kebiasaan konsumtif untuk mengganti sesuatu yang baru

Hari Lebaran memang identik dengan apa-apanya yang serba baru. Mulai dari baju baru, sepatu baru, handphone baru, hingga mengganti perlengkapan rumah dengan barang-barang yang baru. Hal ini pun didukung dengan banyaknya e-commerce yang berlomba-lomba memberikan promo diskon maupun cashback selama Ramadhan.

Namun, coba pikirkan sekali lagi, apakah kamu benar-benar harus mengganti semuanya dengan yang baru? Jangan sampai bulan Ramadhan menjadikan kamu sebagai pribadi yang konsumtif hanya karena tergiur diskon dan cashback. Bedakan antara keinginan dan kebutuhan agar kamu bisa menggunakan uangmu secara lebih bijak.Kalau pun ingin mengganti barang-barang dengan model baru, buatlah skala prioritas.

Tentukan mana barang yang perlu diganti lebih dahulu dan mana barang yang sekiranya masih berfungsi dengan baik. Ingat, jangan mengganti semuanya sekaligus karena hal ini hanya akan membuatmu boros.

Lebih baik lagi jika dua bulan sebelum Lebaran kamu sudah membuat daftar barang apa saja yang harus diganti sehingga semua pengeluaran saat Hari Raya Idul Fitri nggak menumpuk. Jadi, gaji bulanan dan bonus THR pun bisa dialokasikan dengan baik.

Puasa nggak hanya menahan rasa lapar dan haus saja, tapi juga menahan hawa nafsu dari keinginan untuk membeli aneka barang diskonan. Belajarlah untuk kendalikan keuangan dari hal-hal yang bisa bikin kamu boros.

Yuk, jadikan puasamu kali ini menjadi lebih bermakna dengan cara mengontrol diri sendiri untuk melangkah ke jalan yang lebih baik!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023