Tips Aman Belanja Online agar Terhindar dari Penipuan

Atia Nadira
|
May 3, 2021

Sering belanja online? Belanja online memang praktis dan bisa menjadi solusi dan tips aman untuk tetap berbelanja di tengah pandemi seperti ini.

Namun, di balik kepraktisannya, belanja online juga cukup membahayakan karena semuanya dilakukan secara online. Misalnya, online shop bisa saja melakukan penipuan atau akun rekening kamu di-hack. Tentunya bakal merugikan kamu, kan?

Tips Aman Belanja Online

Nah, supaya kamu tetap aman saat belanja online, berikut kami berikan tips belanja online yang bisa kamu ikuti!

1. Gunakan Situs Belanja Online yang Terpercaya

Tips Aman Belanja Online

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih situs belanja online yang sudah terpercaya. Nah, biasanya situs belanja online yang terpercaya punya aplikasi yang terdapat sistem sekuritas agar para pembeli merasa aman saat belanja online.

Situs belanja online di Indonesia yang telah memiliki reputasi yang baik dan terpercaya semakin banyak loh seiring dengan berkembangnya teknologi di era modern seperti sekarang. Pastikan untuk memilih situs belanja online yang terpercaya ya!

2. Perhatikan Reputasi Online Shop

Selalu Perhatikan Reputasi Online Shop Saat Belanja Online

Sebelum membeli barang atau melakukan transaksi kepada sebuah online shop, kamu harus lihat dulu rating yang diberikan oleh para pembeli sebelumnya serta ulasan-ulasan mereka. Jika keduanya menampilkan reaksi positif seperti rating yang tinggi dan ulasan-ulasan yang baik, itu artinya online shop tersebut memiliki reputasi yang baik.

Selain itu, kamu juga bisa cek profil penjual dari online shop tersebut dengan cara melihat jumlah pelanggan yang mereka punya. Jika mereka memiliki banyak pelanggan yang telah memberikan rating yang tinggi dan review yang positif, kemungkinan besar online shop milik penjual tersebut terpercaya dan bisa jadi rekomedansi yang baik untuk kamu!

3. Cek Produk yang Akan Dibeli

Pilih Produk secara Teliti Saat Belanja Online

Setelah memilih online shop bereputasi baik, jangan lupa untuk tetap cek produk yang akan kamu beli. Cara mengecek produk tersebut adalah dengan memperhatikan foto yang ditampilkan, membaca deskripsi mengenai produk, dan melihat ulasan produk menurut para pembeli atau pelanggan yang sebelumnya telah membeli produk tersebut.

Kamu juga bisa cek harga produk yang akan dibeli dengan membandingkan harga dengan online shop lainnya yang menjual produk yang sama. Hal ini bisa kamu lakukan sebelum mengambil keputusan agar kamu bisa mendapatkan harga yang masuk akal dan nggak ditipu oleh online shop yang sengaja memberikan harga yang mahal dengan tujuan ingin untung.

4. Gunakan Rekening Bersama

Tips Aman Belanja Online

Ketika sedang belanja online, menggunakan sistem rekening bersama adalah cara paling aman yang bisa kamu lakukan. Jika kamu pakai sistem ini, uang yang ditransfer nggak akan sampai ke penjual kalau barang tersebut belum sampai ke kamu. Penjual baru bisa mendapatkan uang tersebut ketika sudah konfirmasi keberhasilan dari transaksi online yang dilakukan.

Sebaliknya, jika barang tersebut nggak kunjung datang atau mengalami pesanan yang nggak sesuai, maka uang yang sudah ditransfer dapat kembali lagi ke kamu. Biasanya, penerapan sistem rekening bersama ini sudah digunakan oleh situs-situs belanja online yang besar dan terpercaya.

Kalau kamu ingin belanja online dengan cepat, mudah, dan praktis, kamu bisa pakai virtual account.

5. TIPS PENTING: Simpan Bukti Transaksi

Tips Aman Belanja Online

Nah, ini juga nggak kalah penting! Jangan lupa untuk menyimpan bukti transaksi pembelian produk dari online shop setelah belanja online. Kamu harus melakukan ini untuk menyimpan informasi terkait transaksi barang jika terjadi sesuatu yang nggak diinginkan, misalnya produk yang dikirim nggak sesuai dengan yang kamu beli.

Saldo e-Wallet habis saat harus belanja online? Tenang, kamu bisa top up e-Wallet kamu di OY! Nggak cuman praktis tapi juga bebas biaya admin loh! Selain top up e-Wallet, kamu juga bisa transfer uang online secara gratis tanpa harus ke ATM. Gampang dan cepat kok!

Itulah beberapa tips aman belanja online dari OY! Semoga bisa kamu terapkan saat kamu belanja online ya.

Kamu harus selalu jeli dan cerdas ketika berbelanja online, apalagi ketika belanja dalam nominal dan jumlah barang yang cukup besar. Jadi, hati-hati ya!

Bagi kalian yang mau melakukan pembayaran antar bank dengan cepat dan mudah secara gratis, download aplikasi OY! sekarang!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023