Sistem Pembayaran Digital Masa Kini yang Wajib Kamu Ketahui

Arin
|
October 6, 2022

Sistem Pembayaran Digital Masa Kini yang Wajib Kamu Ketahui - Bagi kamu yang gemar berbelanja online pasti sudah tidak asing lagi dengan sistem pembayaran digital. Seiring dengan berkembangnya teknologi di Indonesia, masyarakat secara berangsur-angsur mulai mengganti metode pembayaran dari uang tunai ke non-tunai dalam bentuk digital.

Apalagi mengingat kalau sekarang teknologi seperti smartphone serta internet bisa diakses dengan mudah oleh siapa saja sehingga sistem pembayaran digital ini dianggap sebagai suatu metode pembayaran yang lebih praktis dan cepat jika dibandingkan dengan transaksi menggunakan uang tunai.

Di Indonesia sendiri ada berbagai macam jenis pembayaran digital yang bisa digunakan oleh masyarakat saat melakukan transaksi jual beli. Mau tahu apa saja jenis-jenis sistem pembayaran digital tersebut? Ayo, simak artikel yang satu ini dan dapatkan jawabannya!

Sistem Pembayaran Digital Masa Kini yang Wajib Kamu Ketahui

Sistem pembayaran digital atau digital payment merupakan metode transaksi pembayaran melalui media digital dengan menggunakan uang elektronik (non-fisik). Penggunaan pembayaran digital ini membuat masyarakat bisa melakukan transaksi jual-beli dengan cepat dan aman.

Umumnya, pembayaran digital dapat dilakukan melalui media seperti perangkat elektronik atau aplikasi khusus yang dapat melayani metode pembayaran tersebut. Kemudahan metode pembayaran yang satu ini tentunya menjadi salah satu alasan mengapa sistem pembayaran digital semakin banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Berikut ini adalah beberapa jenis pembayaran digital yang ada di Indonesia dan bisa kamu gunakan saat melakukan transaksi jual-beli secara offline maupun online.

Mobile Banking

Sistem Pembayaran Digital Masa Kini yang Wajib Kamu Ketahui

Mobile banking adalah layanan yang memungkinkan nasabah suatu bank bisa melakukan transaksi melalui smartphone sehingga tidak perlu lagi datang ke ATM ataupun bank. Untuk bisa menggunakan layanan pembayaran digital mobile banking, kamu harus memiliki rekening terlebih dahulu di bank.

Setelah itu barulah kamu bisa mulai mengunduh aplikasi yang dibutuhkan dan mengakses menu yang tersedia untuk melakukan transaksi pembayaran. Saat ini, kebanyakan bank di Indonesia memiliki aplikasi mobile banking yang bisa diunduh dengan mudah di internet seperti BCA Mobile, BRImo, Livin’ by Mandiri, dan semacamnya.

E-Money

Uang elektronik atau e-money merupakan salah satu jenis pembayaran digital yang memungkinkan kamu untuk menyimpan sejumlah nominal uang sesuai kebutuhan. Setelah itu, uang tersebut akan disimpan dalam bentuk media elektronik sebelum kamu gunakan untuk melakukan transaksi.

Uang elektronik ini memiliki dua jenis, yaitu berbasis chip dan server. Biasanya, uang elektronik berbasis chip memiliki bentukan kartu yang digunakan dengan cara men-tap ke mesin pembayaran. Sementara itu, uang elektronik berbasis server biasanya berbentuk aplikasi yang bisa digunakan untuk pembayaran.

Dompet Digital

Sistem Pembayaran Digital Masa Kini yang Wajib Kamu Ketahui

E-wallet atau dompet digital merupakan jenis pembayaran lain yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Dengan basis aplikasi, dompet digital memungkinkan kamu untuk bisa menyimpan uang dalam bentuk digital dan bahkan melakukan transaksi secara online sehingga kamu tidak perlu datang ke toko.

Beberapa contoh e-wallet terpopuler di Indonesia antara lain adalah Gopay, OVO, ShopeePay, dan sebagainya yang bisa digunakan di banyak merchant ataupun toko. Maka dari itu, tidak heran kalau dompet digital ini menjadi salah satu opsi yang paling sering digunakan saat melakukan transaksi jual-beli dalam bisnis online.

Kode QR

Jika kamu sering menggunakan metode pembayaran digital dalam melakukan kegiatan transaksi jual-beli, kamu pasti familiar dengan kode QR, bukan? Metode pembayaran yang satu ini mengharuskan kamu untuk memindai suatu kode unik untuk melakukan pembayaran.

Kode QR ini bisa tersambung ke dompet digital ataupun mobile banking. Setelah kamu berhasil memindai kode yang ada, biasanya kamu akan diminta untuk mengetik PIN atau kode keamanan yang dibutuhkan. Jika semua langkah sudah dilakukan, maka saldo kamu akan otomatis berkurang sesuai dengan nominal yang dibutuhkan untuk pembayaran.

Sekarang, transaksi bisnis online menjadi lebih mudah dilakukan kapan pun dan di mana pun dengan OY! Bisnis. Tunggu apalagi? Ayo gabung dengan OY! Bisnis sekarang dan dapatkan segala macam keuntungannya!

Transaksi Bisnis Jadi Lebih Cepat, Mudah, dan Aman Pakai OY! Bisnis

OY! Indonesia memiliki tujuan untuk menyediakan berbagai layanan keuangan yang bisa membantu dalam memenuhi kebutuhan transaksi masyarakat. Oleh karena itu, OY! Indonesia melalui OY! Bisnis menyediakan beragam produk finansial yang bisa dimanfaatkan bagi para pemilik bisnis maupun masyarakat untuk mempermudah proses transaksi keuangan mereka.

OY! Bisnis melalui produk OY! Payment Link memungkinkan kamu untuk melakukan berbagai macam metode pembayaran online serta menerima pembayaran dari berbagai sumber pembayaran seperti transfer bank, e-wallet, hingga QRIS.

Dengan OY! Payment Link, pemilik bisnis bisa membuat sebuah link pembayaran berisi berbagai macam metode pembayaran yang bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan bisnis mereka. Pebisnis pun bisa memanfaatkan berbagai macam fitur yang tersedia untuk mengatur masa berlaku link tersebut.

Pelanggan yang menerima link akan diarahkan ke halaman pembayaran untuk membayar sesuai nominal harga barang yang mereka beli. Pemilik bisnis lalu akan menerima notifikasi secara otomatis yang bisa dicek melalui dashboard OY! Bisnis sehingga baik pemilik bisnis maupun pelanggan bisa mendapatkan kenyamanan dalam bertransaksi.

Bagaimana, semakin tertarik untuk menggunakan OY! Payment Link agar transaksi bisnis kamu makin meningkat? Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan nikmati manfaatnya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang