Serba-serbi Tarif Listrik PLN

Mutia
|
May 3, 2021

Selama puluhan tahun, PLN telah memberikan pasokan listrik yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Dengan misi untuk selalu memberi layanan yang terbaik untuk pelanggannya, PLN selalu membuat inovasi layanan untuk para penggunanya. 

Pada tahun 2010, PLN memperkenalkan layanan baru yaitu sistem pembayaran prabayar. Selain itu, PLN juga menyediakan pilihan membayar tagihan listrik secara online. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai tarif listrik PLN, simak tulisan di bawah ini.

Menyediakan Layanan Prabayar dan Pascabayar

Salah satu layanan listrik dari PLN adalah jenis langganan prabayar dan pascabayar. Sesuai dengan namanya, kedua layanan tersebut memiliki sistem pembayaran yang berbeda.

Layanan Prabayar

tagihan listrik

Jenis layanan ini adalah salah satu sistem pembayaran listrik menggunakan pulsa atau token. Layanan ini memiliki konsep yang mirip dengan isi pulsa pada ponsel. Saat nominal pulsa pada meteran listrik sudah mau habis, kamu bisa langsung membeli pulsa listrik. Biasanya pulsa listrik yang sudah mau habis akan mengeluarkan suara pada meteran listrik sebagai tanda untuk mengisi ulang. 

Walau pelanggan PLN yang menggunakan layanan prabayar harus membeli token listrik sebelum bisa menikmati fasilitasnya, layanan ini lebih hemat jika dibandingkan dengan layanan pascabayar. Sistem pembayaran prabayar bisa membantu pengguna PLN memperhitungkan pengeluaran untuk listrik agar tetap terjaga dan tagihan nggak melonjak pada akhir bulan. 

Layanan Pascabayar

tarif listrik

Pembelian listrik yang menggunakan layanan pascabayar memiliki sistem pembayaran listrik setelah menggunakannya selama 1 bulan. Jenis layanan ini sudah dikenalkan oleh PLN lebih dulu dibandingkan dengan layanan prabayar. Oleh karena itu, layanan ini masih banyak digunakan oleh banyak orang. 

Nominal pembayaran listrik yang dilakukan setiap akhir bulan akan disesuaikan dengan penggunaan listrik selama bulan tersebut. Jika kamu memilih layanan pascabayar, kamu akan diberikan tagihan yang harus dibayar sebelum jatuh tempo. 

Cara Cek Tarif Listrik

tagihan listrik PLN

Dengan hadirnya layanan prabayar di Indonesia, banyak pelanggan PLN yang mengganti layanan pembayarannya dari pascabayar. Namun, masih banyak sekali yang tetap menggunakan sistem pembayaran pascabayar. Karena sistem pembayaran tersebut berdasarkan pemakaian setiap bulannya, maka ada tagihan yang nominalnya berbeda setiap bulannya.

Dalam menghitung tarif listrik yang harus kamu bayar, kamu harus tahu semua perabotan elektronik yang kamu miliki dan gunakan di rumah. Selain itu, kamu juga harus mengetahui daya yang dibutuhkan untuk berbagai elektronik yang kamu gunakan. 

Setelah mengetahui daya yang dibutuhkan, kamu bisa menghitung kisaran tagihan listrik yang harus kamu bayar setiap bulannya. Sebagai contoh, jika seluruh daya yang kamu gunakan di rumah per hari adalah 15.000 watt dengan tarif per kWH 1400, maka tagihan listrik yang kamu akan bayar adalah 15 X 1400 X 30 hari = Rp630.000. 

Keuntungan Bayar Tagihan Listrik PLN Online

tagihan listrik PLN

Di zaman yang sudah semakin canggih, teknologi juga semakin canggih. Pembayaran tagihan PLN sekarang nggak hanya bisa dilakukan di kantor PLN yang cukup memakan waktu. Sekarang pelanggan PLN sudah bisa membayar tagihan PLN secara online dengan cara yang beragam. 

Keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika membayar tagihan listrik secara online adalah kamu nggak perlu datang ke kantor PLN dan menunggu antrean yang panjang. Menunggu giliranmu untuk membayar tagihan listrik setiap bulannya pastinya sangat membuang waktu. 

Selain itu, saat membayar langsung pada kantor PLN bisa beresiko kesalahan input data. Namun, hal tersebut sangat kecil kemungkinannya jika membayar tagihan listrik secara online. Kamu juga bisa membayar tagihan kapan pun dan dimana pun tanpa harus khawatir jika kantor PLN belum buka maupun sudah tutup. 

Nah, kalau kamu tertarik untuk membayar tagihan listrikmu dengan mudah dan praktis, kamu bisa menggunakan aplikasi bernama OY! Indonesia yang bisa kamu download di ponselmu. Dengan OY!, kamu bisa membayar tagihan listrik tanpa harus ke kantor PLN dan jadi lebih praktis. Yuk, download OY! sekarang dan nikmati kemudahannya! 

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023