Serba-Serbi Seputar Perusahaan Multifinance

Mutia
|
May 3, 2021

Saat Anda membutuhkan dana untuk modal usaha atau kebutuhan lainnya, mengajukan kredit atau pinjaman adalah salah satu alternatif yang paling sering dilakukan. Terdapat perusahaan atau lembaga keuangan yang biasa disebut multifinance yang dapat memberikan kredit atau pinjaman kepada Anda dan melayani kebutuhan finansial Anda.

Apa itu Perusahaan Multifinance? 

perusahaan multifinance

Lalu apa sebenarnya perusahaan multifinance itu? Multifinance atau perusahaan pembiayaan adalah lembaga keuangan yang bergerak di dalam usaha peminjaman dana kepada debitur atau nasabah untuk melakukan pembelian suatu barang atau jasa. 

Perusahaan multifinance adalah salah satu lembaga keuangan yang terbukti memiliki kontribusi dalam perekonomian. Kehadirannya membuat pergerakan roda ekonomi menjadi lebih cepat karena pinjaman yang diberikan biasanya akan digunakan dalam dunia usaha yang berdampak pada perekonomian.

Perusahaan pembiayaan ini bukanlah termasuk dalam lembaga keuangan bank, tetapi dalam kegiatan operasionalnya tetap diatur dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Bagaimana Cara Kerjanya?

perusahaan multifinance

Proses atau cara kerja perusahaan multifinance terbilang mirip dengan proses yang ada di bank. Tahap pertama setelah pengajuan pinjaman sudah dilakukan adalah pihak multifinance akan melakukan analisa atas pengajuan kredit calon nasabah yang akan menghasilkan skor kredit. 

Setelah itu, apabila skor kredit telah didapat dan calon nasabah dinyatakan diperbolehkan untuk diberikan pinjaman, calon nasabah dapat meminjam dana dan harus membayar pinjaman dengan sistem angsuran berikut dengan bunga yang telah disetujui sesuai produk pembiayaan yang dipilih dan sesuai tenor waktu yang disepakati. 

Setelah itu, apabila dalam periode angsuran nasabah terlambat melakukan pembayaran angsuran maka akan ada denda yang dikenakan kepada nasabah. Begitu pula jika nasabah ingin melunasi pinjamannya di tengah periode angsuran, maka akan terdapat biaya pinalti yang dibebankan kepada nasabah.

Keuntungan Meminjam Dana di Perusahaan Multifinance

perusahaan multifinance

Kemudian, apa saja keuntungan yang didapatkan jika kita mengajukan pinjaman kepada multifinance? Berikut beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari peminjaman kepada multifinance:

  1. Proses yang cepat dan aman

Keunggulan pertama adalah proses aplikasi kredit yang cepat dan aman. Hanya dalam waktu yang singkat Anda sudah dapat mendapatkan dana pinjaman yang dibutuhkan.

Contohnya, jika Anda mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB kendaraan bermotor, Anda bisa mendapat dana paling cepat kurang dari satu jam. Apabila semua persyaratan telah dinilai baik, Anda bisa mendapatkan dana pinjaman sesuai dengan nilai aset yang Anda jadikan jaminan. 

  1. Jangkauan yang luas

Saat ini, perusahaan multifinance tersebar hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Anda tidak perlu khawatir tidak menemukan perusahaan yang memberikan pelayanan pinjaman di daerah tempat Anda tinggal.

  1. Pilihan produk yang beragam

Keuntungan lainnya adalah pilihan produk pinjaman yang ditawarkan juga beragam seperti pinjaman keperluan modal usaha, pembelian barang elektronik, mesin, alat berat, hingga kendaraan bermotor. Anda bisa memilih produk pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kini perusahaan multifinance hampir pasti selalu ada ditengah-tengah kehidupan kita. Cicilan bulanan yang dimiliki oleh kebanyakan orang di dunia ini mungkin saja adalah cicilan kepada perusahaan multifinance. Pembayaran cicilan atau angsuran sudah menjadi seperti gaya hidup.

Karena banyaknya cicilan yang dimiliki atau yang beredar tersebut, terkadang kita mengalami kesulitan untuk mengidentifikasi apakah seluruh cicilan yang dimiliki sudah dibayarkan atau belum. Tak jarang cicilan terlewat hingga menimbulkan denda yang jumlahnya mungkin saja tidak kecil.

Oleh karena itu, kini OY! Bisnis hadir dengan salah satu produk yaitu API Disbursement. Khusus untuk Anda para pelaku bisnis yang memiliki sejumlah cicilan pasti akan melakukan banyak pembayaran secara rutin. Pembayaran yang dilakukan secara manual dapat menghabiskan banyak waktu. Dengan mengintegrasikan sistem pembayaran Anda ke API kami, waktu yang diperlukan untuk melakukan transfer dana dan pembayaran cicilan Anda dapat dipersingkat karena semua transaksi Anda akan dilakukan secara otomatis. 

Untuk info lebih lanjut terkait produk OY! Bisnis dan melakukan pendaftaran, klik tautan berikut ini.

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023