Memahami Psikologi Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM

Luthfa
|
December 9, 2021

Untuk meningkatkan penjualan suatu bisnis dibutuhkan strategi pemasaran UMKM yang jitu. Salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan psikologi marketing. Apa itu psikologi marketing?

Ini adalah ilmu marketing yang harus diketahui oleh semua pebisnis. Perlu dipahami bahwa keputusan konsumen dalam membeli sebuah produk sangat dipengaruhi oleh faktor emosi mereka saat memandang produk yang ditawarkan oleh pebisnis.

Oleh karenanya, kamu harus mampu memicu emosional publik agar mereka tertarik belanja di toko kamu. Berikut tips strategi pemasaran UMKM berbasis psikologi yang bisa kamu pelajari.

Memahami Psikologi Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM 

strategi pemasaran umkm

Memahami psikologi marketing jadi bagian dari strategi pemasaran UMKM yang harus dipelajari para pelaku usaha. Sebab dengan begitu, kamu jadi bisa membuat strategi pemasaran yang mampu memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Baik dari segi harga, kemudahan, value, dan lain sebagainya.

Pada akhirnya, calon pembeli tidak akan bisa menolak tawaran produk yang kamu berikan apabila sesuai dengan kecenderungan psikologi mereka. Itulah alasannya kenapa para pemilik usaha UMKM harus mulai menjalankan psikologi marketing dalam menjalankan strategi pemasaran UMKM mereka.

Berikut tips psikologi marketing untuk meningkatkan penjualan bisnis.

Gunakan angka 9 pada promo

strategi pemasaran umkm

Kamu pasti sudah sering melihat promo suatu barang yang dibanderol dengan harga yang diakhiri dengan angka 9, seperti Rp49.999. Dengan melihat angka tersebut, kamu mungkin akan merasa bahwa produk tersebut dijual cukup murah yakni tidak sampai Rp50 ribu. Kemudian, tanpa berpikir panjang, kamu langsung membelinya.

Itulah salah satu contoh trik psikologi marketing yang disebut dengan charm price. Dua harga yang dinilai berbeda padahal sebenarnya sama karena memiliki selisih yang tipis.

Trik ini cukup efektif untuk menarik minat pembeli. Apalagi jika kamu berjualan produk pakaian hingga digital, tentu ini jadi strategi pemasaran UMKM yang tak boleh dilewatkan!

Bandingkan harga awal dengan harga diskon

strategi pemasaran umkm

Jika ingin memberikan harga diskon, jangan lupa untuk menyertakan harga asli barang tersebut. Dengan membandingkan harga sebelum dan sesudah diskon, pelanggan akan lebih tergiur karena melihat perbandingan harga yang cukup jauh.

Berikan diskon untuk pelanggan khusus

strategi pemasaran umkm

Agar strategi pemasaran UMKM yang kamu jalankan ini berhasil, cobalah bidik satu market tertentu. Misalnya, kalangan mahasiswa. Selanjutnya, berikan diskon hanya untuk mahasiswa yang membeli produk kamu.

Namun, sebelum melakukannya, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu untuk mencari tahu siapa pelanggan potensial kamu. Setelah mendapatkan datanya, barulah kamu menentukan pelanggan seperti apa yang paling efektif dengan strategi diskon tersebut.

Tambahkan kata ‘limited’ dan CTA pada produk kamu

strategi pemasaran umkm

Strategi pemasaran UMKM dengan teknik psikologi marketing selanjutnya adalah dengan memberikan kesan langka pada produk yang kamu tawarkan. Untuk mewujudkannya, gunakanlah kata ‘limited’ atau terbatas pada produk kamu. Misalnya, ‘limited edition!’ atau ‘stok sisa 3’.

Adanya kata tersebut akan membuat pelanggan tidak berpikir panjang dan langsung membelinya karena takut kehabisan. Selain itu, gunakan juga call to action (CTA) saat memasarkan sebuah produk, seperti ‘beli sekarang!’ atau ‘voucher diskon hanya berlaku hari ini’.

Secara psikologi, hal ini akan memunculkan kesan urgensi untuk segera membeli produk kamu.

Launching produk baru secara berkala

strategi pemasaran umkm

Siapa pun yang melihat adanya produk baru pasti langsung penasaran ingin mencobanya. Jika kamu mengiyakannya, maka pelanggan kamu juga berpikiran hal yang sama.

Strategi pemasaran UMKM yang bisa kamu lakukan adalah dengan meluncurkan produk baru secara berkala, misalnya di dua minggu sekali atau sebulan sekali. Memang dibutuhkan budget lebih untuk melakukan hal ini, tapi kamu bisa mengakalinya dengan strategi ‘limited’ seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Gunakan kata-kata seperti ‘New Arrival’ guna memudahkan pelanggan untuk menyadari adanya produk baru. Selain itu, kamu juga bisa mengeluarkan produk baru eksklusif untuk memberikan kesan langka.

Tingkatkan Penjualan Bisnis UMKM Kamu dengan Bergabung di OY! Bisnis

Menggunakan OY! Bisnis adalah salah satu strategi pemasaran UMKM yang bisa kamu lakukan jika ingin meningkatkan penjualan bisnis UMKM. OY! Bisnis didesain untuk membantu pemilik UMKM dalam meraih lebih banyak pelanggan melalui pembayaran digital.

OY! Bisnis akan memfasilitasi kamu dalam menyediakan berbagai metode pembayaran yang dibutuhkan pelanggan. Lewat produk OY! Payment Link, pelanggan kamu bisa membayar dengan menggunakan transfer bank, e-wallet, virtual account, dan QRIS.

Secara tidak langsung, cara ini akan menjangkau lebih banyak pelanggan karena kamu bisa membuat konsumen merasa lebih nyaman saat berbelanja di toko kamu. Produk OY! Payment Link juga memudahkan kamu dalam hal rekonsiliasi keuangan sebab semua transaksi tercatat secara otomatis di dashboard OY! Bisnis.

Bagi kamu yang ingin menggali informasi mengenai bisnis UMKM di Indonesia atau ingin mengetahui bagaimana cara OY! Indonesia membantu pengelolaan keuangan UMKM, cari tahu informasinya di sini.  

Bagaimana, strategi pemasaran UMKM ini cukup menjanjikan bukan? Tunggu apalagi, daftarkan bisnis kamu sekarang juga di OY! Bisnis dan nikmati kemudahan menerima pembayaran!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023