Praktis Bayar Zakat Online di bulan Ramadhan Lewat OY! Indonesia dan BAZNAS‍

Shafira
|
March 31, 2022

Bulan suci Ramadhan adalah waktu yang sangat penting secara spiritual. Ramadhan menekankan nilai-nilai empati dan kedermawanan serta memperkuat ikatan dalam keluarga, tetangga, teman, dan juga kekerabatan dalam komunitas masyarakat.

Sebagai bentuk dukungan untuk memudahkan proses pembayaran zakat, OY! Indonesia menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk membantu masyarakat menyalurkan bantuan baik dalam bentuk donasi, sedekah, dan zakat kepada saudara-saudara yang membutuhkan di bulan Ramadhan ini.

Difasilitasi dengan produk OY! Payment Link dari OY! Indonesia, masyarakat dapat menunaikan kewajiban pembayaran zakat atau pun sedekah secara online dengan cepat dan nyaman. 

Ada pun lima layanan zakat dan sedekah yang dihadirkan untuk masyarakat sebagai bentuk kerjasama OY! Indonesia dengan BAZNAS.

Zakat Maal

Zakat Maal merupakan salah satu bentuk zakat yang bertujuan untuk membersihkan diri serta hartanya. Syarat harta yang dizakatkan yakni kepemilikan penuh, halal, cukup dari segi nisab dan haul.

Zakat Maal meliputi berbagai jenis zakat, yakni:

  1. Zakat simpanan emas, perak, dan barang berharga lainnya;
  2. Zakat atas aset perdagangan;
  3. Zakat atas hewan ternak;
  4. Zakat atas hasil pertanian;
  5. Zakat atas hasil olahan tanaman dan hewan;
  6. Zakat atas hasil tambang dan tangkapan laut;
  7. Zakat atas hasil penyewaan asset;
  8. Zakat atas hasil jasa profesi;
  9. Zakat atas hasil saham dan obligasi.

OY! Indonesia bekerjasama dengan BAZNAS dalam proses pembayaran zakat maal secara online. Kamu dapat membayar zakat maal langsung melalui OY! Indonesia.

 

Zakat Fitrah

Setiap umat muslim dewasa wajib mengeluarkan zakat fitrah (zakat al-fitr) untuk menyempurnakan ibadah puasa mereka serta memenuhi kewajiban mengimani rukun Islam yang keempat. Kepala rumah tangga juga dapat membayar zakat fitrah untuk tanggungan mereka seperti anak-anak, pembantu dan kerabat yang menjadi tanggungan. 

Besar zakat fitrah adalah berupa beras atau makanan pokok seberat 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa. Muzzaki (pelaku zakat) dapat melakukan pembayaran zakat fitrah dengan jumlah minimum Rp40,000 per orang (setara dengan harga beras).

Zakat fitrah dapat dibayarkan pada awal bulan Ramadhan hingga paling lambat sebelum shalat Idul Fitri, sehingga saudara-saudara yang membutuhkan dapat menikmati hasil zakat di saat hari raya Idul Fitri. BAZNAS akan menyalurkan hasil zakat fitrah dalam bentuk beras kepada mustahik (penerima zakat), termasuk keluarga rentan yang mengalami kesulitan akibat dampak pandemi COVID-19.

Sedekah

Sedekah adalah harta yang diberikan secara sukarela untuk mendapatkan ridha Allah SWT. Siapa pun dapat memberikan sedekah dengan jumlah berapa pun. Bersedekah di bulan suci ini memiliki banyak keistimewaan, termasuk menjadi sumber pahala besar di bulan Ramadhan. Dengan sedekah, kamu tidak hanya membantu orang lain, tetapi juga menghadirkan rezeki dalam kehidupan mereka. 

Hidangan Berkah Ramadhan

Di bulan penuh rahmat ini, kamu dapat ikut program berbagi ke sesama dengan berbagai cara, seperti dengan berdonasi kepada yang membutuhkan, atau dengan berbagi menu buka puasa dengan mereka yang juga berpuasa. 

Saat ini BAZNAS memiliki program Paket Hidangan Berkah Ramadhan untuk menyalurkan makanan sahur dan berbuka untuk saudara-saudara yang membutuhkan. Kamu dapat berdonasi Rp35.000,-/paket secara langsung melalui OY! Indonesia yang nantinya akan didistribusikan kepada 10.000 fakir miskin selama bulan suci ramadhan.

Paket Ramadhan Bahagia

Dalam dua tahun terakhir ini, Pandemi COVID-19 telah membuat banyak keluarga dan masyarakat rentan mengalami penurunan pendapatan. BAZNAS menghadirkan program Paket Ramadhan Bahagia untuk menyalurkan paket kebutuhan pokok dan sembako kepada masyarakat rentan yang terdampak ekonominya. 

Kamu dapat berdonasi untuk Paket Ramadhan Bahagia langsung melalui OY! Indonesia.

Ada banyak langkah menuju keberkahan. Mari bersedekah di bulan Ramadhan dengan aman dan nyaman bersama OY! Indonesia dan BAZNAS!

#MOVEWITHOY

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023