Pilihan Jasa Transfer Uang Tanpa Perlu Rekening Bank

Luthfa
|
May 3, 2021

Tak bisa dimungkiri kalau saat ini kegiatan transfer uang telah menjadi kebutuhan mendasar yang tak bisa lepas dari masayarakat. Perkembangan zaman serta teknologi yang semakin canggih jadi faktor penting yang melatarbelakanginya.

Sayangnya, meski menjadi kebutuhan yang paling krusial, masih banyak orang yang minim informasi tentang industri keuangan. Bahkan, menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2019 lalu, hanya 60 persen penduduk Indonesia usia dewasa yang memiliki rekening bank.

Alhasil, jasa transfer uang tanpa rekening bank masih banyak dibutuhkan oleh masyarakat, terutama oleh mereka yang tinggal jauh dari perkotaan. Bisnis jasa transfer bank ini memang sudah lama ada dan saat ini ada beberapa tempat yang menawarkan jasa pengiriman uang tanpa rekening bank.

Tips memilih jasa transfer uang tanpa memerlukan rekening bank

pilihan jasa transfer keuangan tanpa perlu rekening bank

Sebelum menggunakan jasa transfer bank, sebaiknya ketahui dulu tips memilih jasa transfer bank yang aman. Tujuannya jelas agar kamu terhindar dari tindak kejahatan yang saat ini marak terjadi. Lantas apa saja tipsnya? Simak ulasan berikut ini.

Cari tahu tentang keamanannya

Seperti yang kita tahu tindak kejahatan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya utamakan faktor keamanan saat memilih jasa transfer uang. Sebelum mendatangi jasa transfer bank, cari tahu dulu bagaimana track record jasa transfer yang kamu pilih.

Kalau ternyata kamu menemukan banyak keluhan dan komplain dari pelanggan, urungkan niatmu untuk mendatangi tempat tersebut. Cari penyedia jasa lain yang memang memiliki layanan terbaik.

Pilih jasa transfer yang memiliki kredibilitas tinggi

Selain menomorsatukan faktor keamanan, utamakan pula kredibilitas perusahaan penyedia jasa transfer yang kamu pilih. Pilih perusahaan yang telah bekerjasama dengan perbankang langsung. Pastikan pula perusahaan tersebut sudah memiliki pengalaman panjang, tentunya dengan trackrecord yang bagus.

Biasanya untuk menentukan baik atau nggaknya jasa transfer, kamu bisa melihat dari layanan pengaduan yang dimiliki perusahaan. Jika mampu menangani keluhan pelanggan dengan baik, artinya perusahaan tersebut akan mengedepankan tingkat kepuasan pelanggan.

Pilih jasa transfer yang memberikan layanan dengan cepat

Dengan didukung teknologi yang canggih, sudah seharusnya perusahaan memberikan layanan terbaik untuk pelanggannya, terutama dalam hal transfer uang. Pilihlah perusahaan yang mampu mengirimkan uang dalam waktu cepat atau real time. Jadi, begitu kamu transfer, uang akan langsung sampai ke penerima.

Pertimbangkan lokasi

Mengingat kamu akan mengirimkan uang dalam bentuk tunai, sebaiknya hindari lokasi yang terlalu jauh dari rumah. Selain demi keamanan, kamu bisa komplain dengan cepat kalau sewaktu-waktu uang nggak terkirim-kirim dan sampai ke penerima.

Pilih yang memberikan biaya termurah

Poin ini juga nggak kalah penting loh. Biasanya, pelanggan akan dikenakan beban biaya administrasi saat mengirimkan uang lewat jasa transfer. Biayanya pun beragam, tergantung kebijakan dari penyedia jasa masing-masing. Nah, untuk meringankan pengeluaranmu, sebaiknya pilih jasa transfer uang dengan beban biaya administrasi yang kompetitif.

Pastikan ada bukti transfer yang resmi

Penting untuk meminta bukti transfer setelah kamu selesai transfer uang. Sebab, bukti transfer ini akan menjadi alat bukti yang ampuh kalau kemudian terjadi hal-hal yang nggak diinginkan.

Pilihan jasa transfer uang tanpa rekening bank

pilihan jasa transfer keuangan tanpa perlu rekening bank

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa ada beberapa tempat pengiriman uang tanpa rekening bank yang masih dibutuhkan masyarakat. Apa saja?

Jasa transfer uang Delima dari Telkom Indonesia

Jasa transfer uang yang pertama adalah Delima dari PT Telkom Indonesia. Delima atau singkatan dari Delivery Money Access ini menyediakan layanan pengiriman uang dalam negeri hingga luar negeri tanpa memerlukan rekeningan bank.

Namun, untuk memanfaatkan layanan ini, kamu harus datang langsung ke Plasa Telkom atau rekanan Delima. Selain itu, pastikan kamu membawa identitas diri (KTP/Paspor/SIM). Lalu, isi formulir yang telah disediakan oleh pihak Delima. Jangan lupa, cantumkan nomor telepon baik telepon pengirim maupun penerima untuk keperluan notifikasi SMS.

Wesel Pos

Selanjutnya ada Wesel Pos, jasa transfer uang yang diselenggarakan oleh PT Pos. Bisa dibilang, Wesel Pos adalah jasa transfer paling legendaris di Indonesia karena sudah ada sejak zaman dahulu. Untuk mendapatkan layanan ini, kamu harus datang ke kantor pos terdekat. Jika ingin mengirimkan uang lewat Wesel Pos, pastikan kamu datang lebih pagi supaya nggak mengantre lama.

Minimarket

Kalau lokasi Plasa Telkom dan Kantor Pos masih terlalu jauh dari rumahmu, kamu bisa mengandalkan minimarket yang mungkin lokasinya hanya berjarak 100 meter dari rumah. Yap, bisa dibilang saat ini minimarket telah berevaluasi menjadi toko serba lengkap karena menyediakan berbagai jasa transaksi, termasuk jasa transfer uang.

Namun biasanya, jasa pengiriman uang yang disediakan di minimarket lebih ke top up saldo uang elektronik (e-money) dan dompet digital (e-wallet).

Itu dia beberapa pilihan jasa transfer uang tanpa rekening bank yang bisa kamu coba. Semoga rekomendasi di atas dapat membantumu dalam memilih jasa transfer bank yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023