Perhatikan Penggunaan Aplikasi Ini Kalau Mau Hemat Kuota

Mutia
|
May 3, 2021

Berselancar di dunia maya adalah salah satu pilihan banyak orang untuk mengisi waktu luang. Membuka Facebook, Instagram, atau aplikasi lainnya bagi sebagian besar orang merupakan suatu kegiatan untuk bersosialisasi dengan orang lain. Pada umumnya aplikasi-aplikasi tersebut gratis saat didownload, namun kamu tetap harus membeli paket data untuk dapat menggunakannya.

Nah, pernah nggak kamu ngerasa kuotamu cepat habis setiap kali menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut? Mungkin kamu sering menggunakan aplikasi yang diam-diam menyedot kuotamu. Meski aplikasi sedang nggak kamu buka, kuotamu tetap bisa tersedot, loh!

Apakah kamu salah satu orang yang berselancar di dunia maya saat senggang? Kalau iya, berikut ini adalah daftar aplikasi yang mengonsumsi paket data dalam jumlah besar.

Instagram

paket data

Sebagai salah satu aplikasi media sosial yang paling digemari, tentu kamu sudah tahu mengenai aplikasi Instagram. Aplikasi sosial berbasis foto dan video ini banyak memakan data tanpa kamu sadari. Saat membuka foto dan video di Instagram, kuotamu akan tersedot secara otomatis. Namun, kamu nggak perlu khawatir dan berhenti menggunakan Instagram.

Untuk menghemat kuota saat menggunakannya, buka aplikasi Instagram lalu buka Profil > Pengaturan > Akun > Penggunaan Data Seluler. Lalu, hidupkan Penghemat Data dan Instagram akan memutar foto atau video beresolusi tinggi hanya saat kamu terkoneksi dengan WiFi saja.

Facebook

paket data

Meski Facebook merupakan salah satu aplikasi yang sudah jarang digunakan, ternyata aplikasi ini tetap bisa menyedot kuota internetmu, loh! Sama seperti Instagram, Facebook merupakan aplikasi yang boros kuota karena banyaknya media seperti foto dan video. Selain itu, aplikasi Facebook menyediakan fitur autoplay agar kamu bisa menonton video secara otomatis. Fitur ini pastinya dapat membuat paket data kamu terkuras.

Agar tetap hemat kuota meski menggunakan Facebook, kamu bisa membatasi pemutaran video agar hanya dapat dilihat saat terkoneksi dengan WiFi. Caranya, buka aplikasi Facebook, lalu klik ikon tiga garis di bagian kanan atas. Scroll ke bawah dan pilih Pengaturan > Pengaturan Akun > Video dan Foto > Autoplay. Setelah itu, pilih “On WiFi Connections Only” atau “Never Autoplay Videos”.

Twitter

paket data

Aplikasi Twitter umumnya digunakan untuk menuliskan teks atau pesan singkat. Namun, selain itu kamu juga bisa mengunggah foto dan video ke Twitter. Kalau kamu sering menggunakan Twitter, lebih baik kamu matikan autoplay video yang ada di pengaturannya.

Caranya, buka aplikasi dan pilih Pengaturan danPrivasi > Pemakaian Data. Dengan melakukan ini, kamu nggak akan boros kuota internet karena video nggak diputar secara otomatis dan gambar akan memiliki kualitas lebih rendah saat nggak terkoneksi dengan WiFi.

YouTube

paket data

Sebagai aplikasi yang memang digunakan untuk menonton video, pastinya kuotamu akan banyak tersedot saat menggunakannya. Menonton video selama satu jam dengan resolusi 1080p atau Full HD akan memakan kuota sebesar 1,65 GB, loh!

Agar kamu nggak boros data, buka aplikasi YouTube, lalu klik profil di sudut kanan atas. Setelah itu, pilih Pengaturan > Umum > Batasi Penggunaan Kuota Seluler. Lalu, geser slide menjadi On dan setelah ini kamu hanya bisa menonton dengan resolusi HD dengan WiFi saja.

Nah, itu dia 4 aplikasi yang paling sering digunakan dan dapat menyedot paket data internetmu. Semoga cara mengatasi dan informasinya bermanfaat ya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023