Perhatikan Hal Ini Sebelum Tarik Tunai dengan Kartu Kredit

Mutia
|
May 3, 2021

Layanan kartu kredit sudah membantu mempermudah kegiatan keuangan banyak orang sejak lama. Banyaknya promo dan kemudahan yang ditawarkan kepada pengguna kartu kredit adalah yang membuat banyak orang tertarik. Umumnya, kartu kredit digunakan untuk membayar tagihan dan belanjaan dengan cepat. 

Nah, kamu sudah tau belum kalau tarik tunai nggak hanya bisa dilakukan dengan kartu debit. Transaksi tarik tunai juga bisa dilakukan dengan kartu kredit, loh! Transaksi ini bisa kamu manfaatkan saat kamu sedang butuh dana untuk kebutuhan mendadak atau modal usaha.

Namun, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum melakukan tarik tunai menggunakan kartu kredit. Karena layanan ini memiliki konsep yang mirip dengan meminjam uang, ini artinya kamu harus mengembalikan uang yang sudah kamu ambil dengan kartu kredit nantinya.

Selain hal tersebut, ada 3 hal lain yang harus kamu perhatikan sebelum melakukan tarik tunai dengan kartu kredit. Untuk penjelasan lebih lengkap, simak artikel berikut ini.

Tarik Tunai dengan Kartu Kredit Kena Biaya

tarik tunai kartu kredit

Hal pertama yang harus kamu ketahui adalah setiap penarikan tunai dengan kartu kredit akan dikenakan biaya penarikan dan bunga. Biasanya biaya tarik tunai kartu kredit sebesar 4% yang akan langsung dibebankan saat penarikan. Ini artinya semakin besar jumlah uang yang kamu ambil, semakin besar juga biaya yang harus kamu bayar. 

Selain itu, kamu juga akan dikenakan bunga maksimal sebesar 2,95% per bulan. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena jika kamu telat melunasinya, tagihanmu akan semakin membengkak. 

Batasan Transaksi Tarik Tunai dengan Kartu Kredit

tarik tunai kartu kredit

Kartu kredit biasanya memiliki limit transaksi yang berbeda untuk setiap nasabahnya. Begitupun dengan layanan ini yang juga memiliki batas nilai yaitu di bawah limit belanja dan tarik tunai. Batasan transaksi harus kamu pastikan kembali karena setiap kartu dan nasabah memiliki limit yang berebda. Hal ini bisa membantumu dalam mengontrol transaksi menggunakan kartu kreditmu.

Hanya Gunakan Saat Mendesak

tarik tunai kartu kredit

Walau layanan ini dapat sangat membantumu untuk mendapatkan dana segar, kamu tetap harus bisa mengontrol penggunaannya. Sebelum menarik tunai dengan kartu kredit, pastikan bahwa kamu benar-benar membutuhkannya dan keadaan sedang mendesak. Sebab, kalau kamu nggak menggunakan kartu kreditmu dengan bijak, kamu bisa terlilit hutang. 

Selain itu, pastikan jumlah uang tunai yang kamu ambil telah kamu hitung sesuai dengan kemampuanmu untuk membayarnya. Jika kamu masih memiliki saldo pada kartu debitmu, sebaiknya kamu menggunakannya terlebih dahulu.

Itu dia hal yang harus diperhatikan sebelum kamu memutuskan untuk menarik tunai dengan kartu kredit. Kamu harus menjadi pengguna kartu kredit yang bijak agar terhindar dari hutang yang akan memberatkanmu nantinya. Semoga informasi tadi dapat membantu dan bermanfaat ya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023