Kurs Jual dan Kurs Beli: Yuk, Bahas Perbedaannya!

Atia Nadira
|
May 3, 2021

Dalam proses transaksi internasional yang berkaitan dengan penukaran mata uang asing, ada satu istilah penting yang nggak dapat ditinggalkan dan diabaikan, yaitu kurs. Perekonomian antar negara umumnya menjadikan kurs sebagai pertimbangan saat hendak melakukan penukaran uang.

Selain perekenomian internasional, kurs juga sangat penting diketahui saat ingin membeli atau menjual barang ke luar negeri. Kurs akan selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu sehingga kamu harus tahu dulu nilai kurs yang berlaku pada saat bertransaksi.

Nggak cuma kurs saja yang harus kamu ketahui, tapi jenis-jenis dari kurs juga wajib kamu ketahui nih. Jenis-jenis kurs ada banyak, tapi yang paling utama dalam proses penukaran mata uang asing adalah kurs jual dan kurs beli.

Walaupun kurs jual dan kurs beli sama-sama memiliki peran penting dalam perekonomian internasional, keduanya memiliki beberapa perbedaan yang perlu kamu pahami. Apa saja sih perbedaan antara kurs jual dan kurs beli? Simak terus artikel berikut ini ya!

Kurs

Kurs

Sebelum kita membahas tentang perbedaan antara kurs jual dan kurs beli, penting bagi kamu untuk tahu tentang kurs terlebih dahulu. Yuk, bahas sekilas mengenai kurs!

Kata “kurs” mungkin bukan istilah yang asing lagi bagi kita. Namun, dalam penerapannya ternyata masih banyak yang belum tahu tentang kurs dan pengaruhnya dalam ekonomi bisnis.

Singkatnya, kurs atau nilai tukar (exchange rate) adalah sebuah perjanjian yang dikenal sebagai nilai tukar mata uang antara dua mata uang masing-masing negara atau wilayah. Intinya adalah kurs merupakan harga suatu mata uang dari suatu negara terhadap mata uang yang berasal dari negara lainnya dan bisa dinilai atau dinyatakan dengan mata uang dari negara lain.

Mau tahu lebih lanjut tentang kurs? Klik tautan ini!

Nah, sudah jelas kan pengertian dan fungsi dari kurs? Mari bahas tentang 2 jenis kurs yang paling sering digunakan saat melakukan transaksi internasional, yaitu kurs jual dan kurs beli. Simak ulasannya berikut ini!

Kurs Jual

Kurs Jual

Kurs jual merupakan salah satu jenis kurs yang dipakai apabila suatu bank atau money changer ingin menjual uang asing atau valuta asing kepada kita jika kita ingin menukarkan mata uang Rupiah dengan mata uang asing. Jadi, kurs jual bisa diartikan sebagai harga jual mata uang/valuta asing oleh bank atau money changer

Umumnya, kurs jual adalah harga jual mata uang yang dipakai oleh bank yang digunakan dalam penukaran mata uang asing oleh para pedagang valuta asing untuk menjual valuta asing. Contohnya, ketika kamu menukarkan uang Rupiah dengan uang Dollar Amerika ($), maka kurs yang akan kamu gunakan adalah kurs jual.

Kurs Beli

Kurs Beli

Jenis kurs selanjutnya yang akan kita bahas adalah kurs beli. Kurs beli adalah kurs yang dipakai apabila bank atau money changer ingin membeli uang asing dari kita atau jika kita ingin menukarkan uang asing dengan uang Rupiah. Pada dasarnya, kurs beli bisa diartikan sebagai kurs yang telah berlaku di bank apabila bank melakukan pembelian mata uang asing atau valuta asing dari kita.

Kurs beli biasanya merupakan harga beli mata uang yang dipakai oleh bank dalam penukaran uang asing oleh para pedagang valuta asing untuk membeli valuta asing. Sebagai contoh, jika kamu menukarkan uang Dollar Amerika ($) yang kamu punya dengan uang Rupiah, maka kamu akan menggunakan kurs beli.

Nah, sudah jelas kan perbedaan antara kurs jual dan kurs beli? Masing-masing kurs memiliki peran yang penting dalam perekonomian internasional dan sangat dibutuhkan demi kesejahteraan perekonomian setiap negara, termasuk Indonesia.

Ingin tahu lebih lanjut tentang macam-macam kurs? OY! punya rincian mengenai macam-macam kurs nih, klik tautan ini ya!

Selagi kita membahas tentang kurs, OY! Indonesia punya tawaran yang menguntungkan buat kamu yang ingin kirim uang ke luar negeri. Kamu bisa pakai layanan remitansi milik OY! Indonesia untuk mengirim uang ke luar negeri secara praktis dan minim biaya loh!

Lewat OY! Indonesia, selain mendapatkan berbagai keuntungan, estimasi nilai mata uang asing yang ingin kamu tukarkan dengan uang Rupiah kamu juga akan disediakan loh. Jadi, kamu nggak perlu repot-repot mencari tahu tentang nilai mata uang asing. Praktis, kan?

Selain itu, OY! juga punya beberapa tips bagi kalian yang ingin kirim uang ke luar negeri. Jangan lupa diterapkan ya agar transaksi kamu berhasil!

Yuk, download aplikasi OY! Indonesia sekarang untuk mendapatkan banyak keuntungan saat melakukan transaksi keuangan ke luar negeri serta layanan lainnya! Be Smart, Be OY!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023